Cara Menghilangkan Tungau di Kasur dan di Tempat Lainnya secara Efektif


Cara menghilangkan tungau di kasur, sofa, hingga karpet bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami, seperti baking soda dan minyak pohon teh. Untuk mencegah tungau kembali, Anda perlu membersihkan rumah atau perabotan dengan air panas.

0,0
20 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan tungau perlu dilakukan untuk menghindari gigitan makhluk iniTungau dapat hinggap dan singgah di kasur Anda
Tungau merupakan salah satu makhluk kecil mengganggu yang dapat menghinggapi tempat tidur Anda. Keberadaan tungau dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kulit dan pernapasan. Untuk menghindarinya masalah ini, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan tungau yang efektif.
Gigitan dari beberapa jenis tungau dapat menyebabkan rasa gatal atau ruam layaknya digigit kutu. Ada pula jenis tungau yang tidak menggigit, tapi bisa memicu reaksi alergi. Oleh karena itu, tungau sebaiknya segera dibasmi untuk mencegah sejumlah masalah kesehatan yang bisa ditimbulkannya.

Cara menghilangkan tungau secara efektif

Jika tempat tidur atau karpet Anda telah dihinggapi atau menjadi sarang tungau, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara membasmi tungau.
  • Bersihkan barang-barang yang dihinggapi tungau (kasur, selimut, bantal, karpet, boneka berbulu, dan sebagainya) dengan menggunakan penyedot debu yang menggunakan pelapis tambahan dan memiliki daya sedot yang kuat.
  • Cara mengatasi tungau kasur bisa dengan mencuci seprai dan sarung bantal seminggu sekali dengan menggunakan air panas karena air dingin tidak dapat membunuh tungau.
  • Jika memungkinkan, jemur semua barang-barang yang dihinggapi tungau di bawah terik sinar matahari.
Untuk membasmi tungau, gunakan cara di atas dan padukan dengan cara alai lainnya.Baca juga: Waspadai 10 Jenis Serangga Berbahaya yang Dapat Mengancam Jiwa Ini

Cara menghilangkan tungau dengan bahan alami

Selain menerapkan cara membasmi tungau dengan menjaga kebersihan kasur atau benda di dalam rumah lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan serangga tersebut.Bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi tungau adalah:

1. Baking soda

Anda juga dapat menggunakan baking soda (soda kue) sebagai cara membasmi tungau kasur. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:
  • Campurkan secangkir baking soda dengan beberapa tetes minyak esensial.
  • Taburkan baking soda di seluruh permukaan kasur dan diamkan selama 15 menit.
  • Gunakan penyedot debu untuk membersihkan tungau, debu, dan soda kue.
  • Balikkan kasur dan ulangi langkah yang sama.
Cara menghilangkan tungau kasur dengan baking soda di atas bisa dibilang cukup efektif. Selain itu, menjaga kelembapan tempat tidur juga merupakan salah satu cara membasmi tungau yang harus Anda perhatikan.

2. Bunga pandan

Bahan alami untuk membasmi tungau selanjutnya adalah bunga pandan. Untuk mengusir tungau, Anda hanya perlu menaruh bunga pandan di sekitar tempat yang sekiranya bisa dihinggapi tungau.

3. Minyak pohon teh

Minyak dari pohon teh memiliki aroma menyengat yang tidak disukai tungau. Cara menghilangkan tungau dengan minyak pohon teh adalah dengan menyemprotkan minyak ini pada permukaan kasur, sprei, bantal, sofa, hingga barang-barang yang berpotensi menjadi sarang tungau.

4. Bunga lavender

Selain minyak pohon teh, minyak bunga lavender juga mempunyai aroma yang tajam dan tidak disukai tungau. Cara menggunakan bunga lavender untuk mengusir tungu adalah dengan menyemprotkan minyak laver ke tempat yang menjadi sarang tungau.Selain itu, bunga lavender yang dikeringkan juga bisa menjadi bahan alami pencegah tungau datang kembali. Anda bisa membungkus bunga lavender kering dalam kain, kemudian letakkan di tempat tidur untuk mencegah tungau kembali.

5. Bawang putih dan bawang merah

Bawang yang dihaluskan juga dapat membasmi tungau. Anda bisa menghaluskan bawang putih dan bawang merah untuk kemudian disaring untuk mengambil sarinya.Kemudian oleskan sari bawang ini ke tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau, seperti sudut tempat tidur, permukaan karpet, atau celah-celah sofa. 

6. Larutan garam

Larutan garam juga bisa menjadi cara membasmi tungau kasur yang efektif. Larutkan garam dengan air, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan tersebut ke area tempat tidur, sofat, hingga karpet untuk membunuh tungau di tempat-tempat tersebut.

7. Larutan cuka

Cuka juga menjadi salah satu bahan dapur alami yang bisa membasmi tungau di rumah. Anda cukup semprotkan cuka ke tempat tungau bersarang. Bahan alami ini sangat efektif, bahkan untuk membasmi telur tungau.

Cara mencegah tungau hinggap di kasur atau permukaan lainnya

Untuk mencegah tungau hinggap di kasur atau kembali lagi setelah dibersihkan, berikut adalah langkah-langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan:
  • Gunakan penutup kasur dan bantal anti tungau. Sebaiknya hal ini dilakukan sejak kasur dan bantal masih dalam kondisi baru.
  • Gunakan ranjang dengan rangka kayu atau besi.
  • Jaga kondisi tempat tidur agar tidak lembap.
  • Anda dapat menjemur kasur, karpet, dan peralatan tidur di bawah terik sinar matahari layaknya cara membasmi tungau di atas.
  • Cara menghilangkan tungau kasur juga bisa dilakukan dengan mencuci seprai dan sarung bantal secara rutin setidaknya seminggu sekali. Selimut dan bed cover juga harus dicuci setiap satu hingga dua bulan sekali dengan menggunakan air panas.
  • Cuci dan keringkan boneka-boneka berbulu sesering mungkin dan taruh di lokasi yang jauh dari tempat tidur.
  • Bersihkan kasur dengan penyedot debu yang kuat secara teratur.
Cara menghilangkan tungau kasur dan pencegahannya harus dilakukan secara rutin dan teratur. Sehingga, Anda bisa menurunkan risiko tungau hinggap dan bersarang pada barang-barang tersebut.

Pertolongan pertama digigit tungau

Saat Anda digigit tungau, ada sejumlah tindakan pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan sekaligus cara menghilangkan bekas gigitan tungau di kulit.Dikutip dari penelitian, berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat digigit tungau:
  • Segera mandi dengan menggunakan sabun.
  • Cuci pakaian Anda dan tempat tidur dengan air sabun hangat.
  • Jangan menggaruk bekas gigitan tungau agar tidak infeksi.
  • Untuk mengurangi rasa gatal, gunakan krim antihistamin atau krim antigatal, termasuk yang mengandung hidrokortison.
  • Untuk rasa gatal yang parah, Anda dapat mengonsumsi antihistamin yang diminum.
  • Jika gigitan tungau terasa menyakitkan, penggunaan krim anestesi dapat membantu.
  • Lakukan cara membasmi tungau yang sebelumnya dijelaskan supaya gigitan tungau tidak terus bertambah.
Anda juga perlu mempertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalami kondisi-kondisi berikut:
  • Obat yang Anda beli tidak membuahkan hasil.
  • Terjadi infeksi pada bekas gigitan tungau.
  • Area yang digigit tungau tidak membaik dalam dua minggu.
Baca juga: Digigit Serangga? Ini Cara Membedakan Jenis Gigitan dan Cara Mengatasinya

Pesan dari SehatQ

Jika Anda tidak yakin dengan cara membasmi tungau kasur di rumah, pertimbangkan untuk menyewa jasa pembersih tungau profesional untuk hasil yang maksimal.Apabila Anda punya pertanyaan seputar penanganan gigitan serangga atau tungau atau cara membasmi tungau di rumah secara aman dan efektif, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kutu kasurgigitan serangga
Web MD. https://www.webmd.com/allergies/dust-mite-mattress-and-pillow-covers-for-allergy-relief
Diakses 8 Maret 2021
Mattress Firm. https://www.mattressfirm.com/blog/mattress-obsessed/how-to-clean-a-mattress-dust-mites
Diakses 8 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mite-bites#pictures
Diakses 8 Maret 2021
MD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/injuries-and-poisoning/bites-and-stings/mite-bites
Diakses 8 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait