Cara Mengobati Gatal di Vagina Secara Tradisional dengan Bahan Alami


Cara mengobati vagina gatal secara alami bisa dengan cuka apel, bawang putih, yogurt dan madu, hingga baking soda. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan vagina dengan rutin mencuci area tersebut.

(0)
04 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati vagina gatal secara alami bisa dengan yogurt dan maduCara mengobati vagina gatal secara alami salah satunya dengan mandi air hangat
Mengalami gatal pada miss V tentu bisa membuat Anda tidak nyaman. Untungnya, banyak cara mengobati vagina gatal secara alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Tapi ingat, kalau cara alami tidak juga berhasil, segera lah periksa ke dokter.

Cara mengobati vagina gatal secara alami

Saat vagina terasa gatal, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, mulai dari bakteri, jamur, virus, hingga penyakit menular seksual. Sehingga beda penyebab, bisa berbeda pula penanganannya. Namun secara umum, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan gatal sementara waktu, seperti:
Cuka apel bisa atasi gatal pada vagina
Cuka apel bisa bantu redakan gatal di vagina

1. Cuka apel

Mencampurkan cuka apel dengan air yang digunakan untuk mandi, dipercaya bisa meredakan gatal di vagina yang disebabkan oleh jamur.Untuk mencobanya, Anda cukup mencampur sekitar 120 ml cuka apel ke air mandi dan berendam lah selama 10-40 menit.

2. Yogurt dan madu

Mengoleskan campuran yogurt dan madu ke area organ kewanitaan yang gatal dinilai efektif untuk redakan infeksi jamur yang terjadi di area tersebut. Jika Anda memilih metode ini, pastikan pilih yogurt yang tawar, tanpa gula.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk membunuh jamur penyebab infeksi di tubuh manusia. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang memastikan sifat tersebut juga berlaku untuk jamur yang tumbuh di vagina.Meski begitu, minyak kelapa adalah bahan yang secara umum aman untuk digunakan, selama Anda memilih minyak kelapa murni yang bersih. Jadi tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba metode ini untuk mengurangi gatal di vagina.Untuk melakukannya, cukup oleskan minyak kelapa murni ke area vagina yang gatal secara berhati-hati. Setelah itu, gunakan pantyliner atau pembalut agar minyak yang ada di area vagina tidak mengotori pakaian dalam yang Anda kenakan.
Baking soda bisa redakan gatal di vagina
Campur baking soda dengan air mandi untuk redakan gatal di vagina

4. Baking soda

Berendam dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda, dinilai bisa membantu meredakan vagina yang gatal akibat infeksi jamur. Untuk membuat air rendaman baking soda, berikut ini caranya.
  • Campurkan sekitar 250 gram baking soda ke dalam bath up
  • Tunggu hingga semua larut
  • Berendam 10-40 menit lalu bilas

5. Bawang putih

Menggunakan bawang putih untuk mengatasi gatal pada vagina adalah salah satu cara tradisional yang dianggap efektif. Cara paling amannya adalah dengan mengonsumsi bawang putih.Namun, cara ini belum pernah diteliti secara ilmiah, sehingga Anda sebaiknya menyikapi informasi ini secara bijak. Selain itu, jangan coba untuk memasukkan atau mengoleskan bawang putih ke area vagina karena bisa menyebabkan iritasi parah.

6. Kimchi

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alias bakteri baik, seperti kimchi, dinilai bisa membantu mengembalikan keseimbangan pertumbuhan bakteri di tubuh, termasuk vagina. Bakteri baik akan melawan bakteri jahat yang hingga dan menyebabkan infeksi di organ kewanitaan Anda.
Oatmeal bisa bantu redakan gatal di vagina
Oatmeal bisa mengobati gatal di vagina

7. Oatmeal

Menambahkan oatmeal ke dalam air mandi juga bisa dijadikan cara mengobati gatal di vagina secara alami. Metode ini biasanya dilakukan untuk mengatasi rasa gatal yang timbul akibat kulit vagina yang kering atau karena eksim.

8. Air hangat

Mandi atau berendam dengan air hangat, bisa membantu menyingkirkan iritasi maupun gatal di vagina. Tapi ingat, saat mandi atau berendam, jangan gunakan sabun berbahan keras atau mengandung parfum.Pilih sabun dengan bahan yang ringan, agar tidak mengganggu keseimbangan pH di vagina sekaligus tidak membuat kulit vagina yang sensitif, menjadi iritasi.

9. Perbanyak makan sayur dan buah

Salah satu penyebab gatal di area vagina adalah tingginya kadar gula dalam darah atau diabetes. Orang yang diabetes memang lebih rentan mengalami infeksi jamur maupun bakteri di tubuhnya.Sehingga, untuk bisa menyingkirkan rasa gatal di vagina dalam jangka panjang, Anda sebaiknya mulai menjalani pola hidup sehat dengan memperbanyak asupan sayur dan buah serta olahraga teratur.Hal tersebut akan membantu kadar gula darah terjaga dalam batas normal.

Catatan dari SehatQ

Apabila Anda telah mencoba cara mengobati vagina gatal di atas dan tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya segera periksa ke dokter. Dokter akan memberikan jenis obat sesuai dengan penyebab infeksi yang terjadi.Jika rasa gatal disebabkan oleh bakteri, maka Anda akan diberi krim ataupun obat antibiotik. Sementara pada infeksi jamur, krim antijamur lah yang akan diresepkan.Selama pengobatan berjalan, pastikan Anda juga selalu mejaga kebersihan vagina dengan rutin mencuci area tersebut dan tidak menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat karena bisa mempermudah tumbuhnya mikroorganisme.
vagina gatalkandidiasis vaginakesehatan vagina
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/vaginal-itching/guide/
Diakses pada 12 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/vaginal-itching
Diakses pada 12 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/itching-vagina-home-remedies
Diakses pada 12 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/home-remedies-for-vaginal-itching
Diakses pada 12 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait