11 Cara Mengusir Semut di Rumah, Adakah yang Sudah Anda Coba?

(0)
Cara mengusir semut di rumah yang efektif mulai dari bahan alami hingga cairan kimiaKehadiran semut sering mengganggu kenyamanan Anda saat sedang berada di rumah
Kehadiran semut kerap mengganggu kenyamanan Anda ketika sedang berada di rumah. Bagaimana tidak, sedikit remah-remah makanan atau noda minuman saja bisa memancing para semut kecil untuk menyerbu.Umumnya, cara mengusir semut bisa dilakukan dengan menyemprot obat nyamuk berbahan pestisida. Tetapi, terlalu sering menggunakan pestisida di rumah dapat berdampak buruk bagi penghuni rumah, terutama apabila jarak penyemprotan dekat dengan makanan atau minuman.Supaya ini tidak terjadi lagi, ada baiknya Anda beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir semut dengan aman dan efektif.

Ragam cara mengusir semut di rumah yang ampuh dilakukan

Di setiap rumah tentu ada semut yang bersarang. Semut akan keluar dari sarangnya guna mencari makan atau saat ada makanan maupun minuman yang berceceran atau tumpah. Lantas, bagaimana cara mengusir semut di rumah? Simak tipsnya di bawah ini:

1. Lada atau cabe bubuk

Salah satu cara mengusir semut membandel di rumah adalah dengan memakai lada. Jika sudah mulai banyak barisan semut, Anda bisa menaburkan bubuk lada hitam atau cabai di dekat barisan semut, maupun di pinggir lantai atau tembok.Aroma lada dan cabai bubuk dapat membuat semut enggan naik ke permukaan lemari atau meja makan.

2. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis juga menjadi salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengusir semut. Bahkan ada sebuah riset yang menggunakan minyak esensial kayu manis dengan konsentrat tinggi untuk mendukung langkah ini.Meski belum diketahui tingkat keefektivitasannya, tidak ada salahnya bila Anda mencoba cara mengusir semut dengan bubuk kayu manis. Anda bisa menaburkan bubuk ini di area rumah Anda yang sering dilewati oleh semut.

3. Tepung maizena (tepung jagung)

Jika menemukan banyak semut di dapur, Anda bisa menggunakan tepung maizena. Bagaimanakah caranya?Taburkan tepung maizena di area dapur rumah Anda yang mungkin terdapat sarang semut. Anda juga bisa menambahkan air di atas taburan tepung.Meski akan tampak berantakan, campuran tepung dan air tersebut bisa mematikan banyak semut.

4. Bubuk atau ampas kopi

Taburkan bubuk atau ampas kopi sebagai cara mengusir semut membandel
Menaburkan bubuk atau ampas kopi diyakini dapat mengusir semut di rumah Anda
Selain lada bubuk dan bubuk kayu manis, Anda bisa menaburkan bubuk atau ampas kopi ke area halaman rumah yang kerap menjadi sarang semut. Misalnya, di dekat pot tanaman.Cara ini juga diyakini dapat mengusir semut yang bersarang di rumah Anda. Mudah dan efektif, bukan?

5. Cuka

Cuka dapat membunuh semut maupun mengusirnya. Jika melihat barisan semut yang membandel di pinggir lantai atau atas meja, Anda bisa membasminya dengan membubuhkan larutan cuka bercampur air, atau hanya cairan cuka.Aroma cuka mungkin tidak tahan lama pada indera penciuman manusia, tapi beda untuk semut. Hewan kecil ini dapat mencium bau cuka yang sudah kering dan menghindarinya.

6. Pakai bedak tabur

Salah satu cara mengusir semut adalah dengan bedak tabur
Sebarkan bedak tabur di sarang semut, seperti di pinggir tembok
Anda bisa memanfaatkan bedak tabur (talek) sebagai salah satu cara mengusir semut di rumah. Caranya pun simpel.Anda cukup menyebarkan bedak tabur di sarang semut. Contohnya, di pinggir lantai, tembok, pintu, atau jendela. Umumnya, semut tidak suka berjalan melewati bubuk, apalagi jika bubuk tersebut menempel di tubuhnya.

7. Tea tree oil

Tea tree oil bisa digunakan sebagai cara mengusir semut di rumah
Semprotkan campuran tea tree oil dengan air sebagai cara mengusir semut di rumah
Untuk menggunakan tea tree oil sebagai cara mengusir semut di rumah, Anda cukup mencampurkan 5-10 tetes minyak ini dengan 2 gelas air. Lalu, masukkan cairan ke dalam botol semprot, dan bisa langsung digunakan.Anda bisa pula menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi campuran tea tree oil dan air. Taruh bola-bola kapas ini di sudut-sudut rumah yang sering menjadi jalan semut.Jika aroma tea tree oil terlalu kuat, Anda bisa menambahkan minyak peppermint ke dalam campuran tersebut. Namun seperti kebanyakan minyak esensial, jauhkan tea tree oil dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

8. Minyak peppermint

Minyak peppermint adalah jenis pembasmi serangga alami yang juga efektif untuk mengusir semut yang mengganggu di rumah.Cukup campurkan 10-20 tetes minyak peppermint dengan 2 gelas air, dan masukkan ke dalam botol semprot. Anda tinggal menyemprotkan larutan ini ke area pintu dan jendela rumah supaya semut-semut tidak masuk ke rumah Anda.

9. Cairan pembersih kaca atau detergen cair

Cara mengusir semut membandel selanjutnya adalah menggunakan campuran cairan pembersih kaca dan detergen cair. Anda cukup mencampurkan kedua cairan tersebut ke dalam botol semprot. Lalu semprot area rumah Anda yang kerap dilalui oleh semut.Namun ingatlah untuk membersihkan area ini setelah penyemprotan. Pasalnya, residu atau bekas semprotan cairan biasanya akan tersisa.Meski tidak ada penelitian yang dapat mendukung langkah pencegahan semut ini, tapi tak ada ruginya untuk dicoba.

10. Asam borat

Jika bahan alami ala rumahan tidak dapat mengusir semut yang mengganggu di rumah, Anda mungkin perlu menggunakan asam borat sebagai cara mengusir semut yang paling ampuh.Anda bisa membeli asam borat di toko bahan kimia. Kemudian, Anda dapat langsung menaburkan asam ini di bawah tembok, sudut lantai, area dapur, atau tempat-tempat lain di mana semut sering bersarang.Anda juga bisa membuat larutan asam borat dengan langkah-langkah berikut:
  • Campurkan ½ sendok teh asam borat, 8 sendok teh gula, dan 1 gelas air hangat.
  • Aduk larutan hingga merata.
  • Masukkan larutan ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan larutan ke area rumah yang banyak semut.
Sebagai alternatif, basahi kapas dengan larutan tersebut dan letakkan di beberapa sudut rumah tempat semut bersarang.Selain itu, Anda bisa membuat perangkap semut dari asam borat. Caranya, campurkan bubuk asam borat dengan makanan atau minuman yang manis, seperti gula, sirup, atau selai. Kemudian, sebarkan campuran ini di area rumah yang dituju.Kendati demikian, hati-hatilah saat menggunakan asam borat sebaai cara mengusir semut di rumah. Jangan biarkan anak bermain di dekat taburan atau larutan asam borat.Pastikan pula Anda menyimpan sisa asam borat di tempat yang sulit terjangkau oleh anak kecil dan hewan piaraan Anda.

11. Boraks (sodium tetraborate)

Boraks atau sodium tetraborate dapat pula digunakan untuk mengusir semut dengan ampuh. Sama seperti asam borat, Anda bisa memakai larutan yang terdiri dari campuran boraks, gula, dan air hangat.Pastikan untuk menjauhkan bahan kimia ini dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan saat menggunakannya.

Cara mencegah semut agar tidak bersarang di dalam rumah

Umumnya, semut akan mencari tempat yang lembap guna membangun sarang. Mereka juga kerap muncul di dapur, meja makan, atau area dekat tumpahan minuman maupun remahan makanan.Meski semut sudah berhasil diusir, Anda tetap perlu waspada agar koloni semut tidak bersarang lagi di dalam rumah. Bagaimanakah caranya?
  • Segera bersihkan tumpahan minuman atau makanan yang jatuh maupun tercecer, misalnya di meja makan atau lantai.
  • Simpan buah-buahan dan jenis makanan lainnya dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke dalam kulkas atau lemari makanan di dapur.
  • Jangan menyimpan buah dan makanan manis di ruang terbuka karena dapat ‘mengundang’ semut untuk datang.
  • Bersihkan tempat sampah, baik yang berada di dalam maupun luar rumah.
  • Jika Anda punya hewan peliharaan, jaga kebersihan tempat makannya.
  • Periksa tanaman pot di dalam ruangan untuk mencegah adanya sarang serangga.
  • Perhatikan apakah ada celah di dinding rumah maupun lubang di lantai atau halaman rumah yang menjadi sarang semut atau tidak. Jika ada, Anda bisa segera memperbaikinya.
Terdapat beragam cara mengusir semut yang bisa Anda coba di rumah. Anda bisa memilih langkah mana yang cocok dan praktis untuk Anda.Apabila Anda menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengusir semut, jangan lupa untuk memastikan keamanannya. Misalnya, memakai sarung tangan saat mengolah campuran bahan kimia, serta menjauhkan bahan tersebut dari jangkauan anak dan hewan piaraan.
hidup sehatrumah tangga
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-kill-ants#when-nothing-works
Diakses pada 10 Januari 2020
International Journal of Scientific and Research Publications. http://www.ijsrp.org/research-paper-0714/ijsrp-p31106.pdf
Diakses pada 10 Januari 2020
Today. https://www.today.com/home/how-get-rid-ants-your-house-t131057
Diakses pada 10 Januari 2020
Reader’s Digest. https://www.rd.com/home/cleaning-organizing/common-items-for-getting-rid-of-ants/
Diakses pada 10 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait