11 Cara Meningkatkan Hormon Endorphin yang Menyenangkan


Endorfin adalah jenis senyawa yang meredakan rasa sakit hingga menimbulkan sensasi euforia. Cara meningkatkan hormon endorphin bisa dengan berolahraga hingga bercinta.

(0)
24 Feb 2021|Azelia Trifiana
Menonton drama sedih dapat merangsang produksi hormon endorphin di dalam tubuhMenonton drama sedih dapat merangsang produksi hormon endorphin di dalam tubuh
Secara alami, sistem saraf pusat dan kelenjar hipofisis manusia akan melepaskan hormon di saat-saat tertentu. Endorfin adalah jenis senyawa yang meredakan rasa sakit hingga menimbulkan sensasi euforia. Cara meningkatkan hormon endorphin bisa dengan berolahraga hingga bercinta.Secara alami, tubuh memproduksi endorfin saat terluka, stres, makan, beraktivitas fisik, atau berhubungan seksual. Itulah mengapa, ada kalanya seseorang bisa merasakan mood menjadi jauh lebih baik secara instan. Ada peran endorfin di dalamnya.

Cara meningkatkan hormon endorphin

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon endorphin secara alami adalah:

1. Berolahraga

olahraga lari
Olahraga bisa bantu tubuh meningkatkan produksi endorfin
Banyak orang yang merasa mood dan perasaannya menjadi jauh lebih baik setelah berolahraga, itu benar. Ketika tubuh memproduksi endorfin, itu akan bermanfaat bagi kesehatan mental, bukan hanya fisik saja.Apabila ingin mencoba cara ini, beberapa hal yang perlu diingat adalah:
  • Durasi
Lakukan olahraga setidaknya lebih dari 30 menit karena menurut penelitian di tahun 2011, tubuh melepaskan endorfin setelah periode itu
  • Intensitas
Jika leluasa memilih, cobalah olahraga dengan intensitas sedang. Olahraga berintensitas sedang ditandai dengan detak jantung dan napas lebih cepat, masih bisa berbicara, namun sedikit tersengal-sengal. Selain itu, Anda juga sedikit berkeringat.
  • Lakukan dalam kelompok
Menurut studi, berolahraga dalam kelompok akan meningkatkan produksi endorphin lebih banyak ketimbang sendirian

2. Meditasi

meditasi
Meditasi juga memberikan ketenangan
Cara meningkatkan hormon endorphin bisa juga dengan melakukan meditasi. Ini dapat membantu tubuh merasa rileks dan tenang. Apabila belum terbiasa duduk diam untuk bermeditasi, ada juga jenis meditasi yang bisa dilakukan sambil bergerak seperti berjalan kaki.Caranya cukup dengan mengenali seluruh perasaan baik positif maupun negatif. Kemudian, jangan menghakimi setiap perasaan yang muncul. Akui saja satu persatu. Lakukan setidaknya selama 5 menit dan bisa lebih lama.Selain membuat perasaan jadi lebih tenang, meditasi juga memberikan sederet bonus seperti mood lebih baik, tidur nyenyak, hingga tubuh lebih bugar.

3. Mencium minyak esensial

Aroma dari minyak esensial bisa bekerja layaknya sulap. Menurut studi pada tahun 2017, menghirup aroma yang menenangkan seperti lavender dapat memancing produksi endorphin. Selain itu, bisa juga mencoba aroma lain seperti rosemary, ylang ylang frankincense, atau aroma citrus.Ketahui betul cara penggunaannya dan jangan hanya sekadar latah. Perhatikan pula apakah ada kemungkinan mengalami alergi atau tidak.

4. Berhubungan seksual

Merasa mood jauh membaik disertai euforia setelah berhubungan seksual? Pemicunya tak lain adalah endorfin dan hormon lain seperti oksitosin. Tak hanya menimbulkan rasa bahagia, kondisi ini juga ditandai dengan stres yang berkurang serta kepercayaan diri yang meningkat.

5. Makan cokelat

dark chocolate
Selain enak, cokelat bisa membuat perasaan bahagia
Mengonsumsi cokelat bisa meningkatkan hormon endorfin. Itulah mengapa orang bisa merasa senang saat merasakan cokelat, terutama saat sedang merasa stres. Jadi, menikmati dark chocolate sesekali tak hanya baik karena mengandung antioksidan, tapi juga dapat meredakan stres.

6. Tertawa

Resep yang tak terbantahkan dan paling jitu untuk meningkatkan produksi endorfin adalah dengan tertawa bersama teman-teman. Selera humor yang sama akan mengusir bad mood sekaligus melegakan perasaan. Itulah mengapa, ada terapi tawa yang digunakan dalam salah satu jenis terapi perilaku kognitif pada orang dengan depresi.

7. Menikmati drama

Drama Korea atau sinetron? Terserah Anda. Manapun drama yang Anda tonton, ketika seseorang terhanyut di dalamnya, akan ada peningkatkan produksi endorfin.Alasannya, ketika emosi ikut tergelitik bahkan merasa sedih dengan apa yang ditonton, otak akan turut bereaksi. Bentuk responsnya adalah dengan melepaskan endorfin sama seperti ketika Anda merasakan luka fisik akibat cedera.

8. Menolong orang lain

menolong orang lain
Menolong orang lain ternyata membuat Anda lebih bahagia
Pernah membaca atau mengalami sendiri bahwa menolong orang lain bisa membuat Anda bahagia? Bonusnya, tubuh juga akan memproduksi endorphin lebih banyak. Setiap bentuk kebaikan – meski yang sederhana sekalipun – akan melepaskan endorfin. Memang tidak lama, namun perasaan menyenangkan ini bisa menimbulkan kecanduan untuk terus menebarkan kebaikan.

9. Berjemur

Jika merasa lelah dan mood berantakan karena terus menerus dihantui tenggat waktu pekerjaan, coba luangkan waktu sejenak untuk berjemur. Bukan hanya memberikan asupan vitamin D yang esensial, berjemur juga dapat meningkatkan produksi endorfin, serotonin, dan melatonin.Coba habiskan waktu di ruang terbuka selama 5-10 menit untuk merasakan manfaatnya. Jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

10. Pijat

Ini tentu sudah tak terbantahkan lagi. Terapi pijat dapat mengusir stres, meredakan rasa lelah, hingga meningkatkan produksi hormon endorfin. Tidak ada yang salah dari pijat, justru manfaatnya begitu luar biasa. Apabila Anda merasa belum cocok dengan aktivitas relaksasi yang satu ini, mungkin bisa mencoba beberapa jenis pijat yang lain hingga menemukan yang cocok.

11. Mandi air hangat

Setelah beraktivitas seharian, menutup hari dengan mandi air hangat adalah perpaduan sempurna. Panas dari air dapat membuat otot lebih rileks sekaligus merangsang produksi endorfin. Bahkan, mandi air hangat secara berkala dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.Dari seluruh cara meningkatkan hormon endorphin di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Semuanya terbilang mudah dilakukan, bahkan tak perlu waktu bisa dilakukan secara cuma-cuma.

Cara relaksasi tiap orang tentu berbeda. Namun setidaknya, tetap alokasikan waktu untuk menyayangi diri sendiri dengan mencoba beberapa cara di atas.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar peran hormon endorfin terhadap mood, Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar diet maupun nutrisi makanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-endorphins
Diakses pada 9 Februari 2021
Royal Society Open Science. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5043313/
Diakses pada 9 Februari 2021
Semantic Scholar. https://www.semanticscholar.org/paper/Release-of-Endomorphin-Hormone-and-Its-Effects-on-A-Rokade/d9d6a77f113bb866ea1588edf646a60e25ca1755?p2df
Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait