Cara Merawat Luka Caesar setelah Buka Perban di Rumah

(0)
13 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Proses persalinan caesar akan meninggalkan luka sayatan pada rahim dan dinding perut yang harus dijahit. Jahitan luka kemudian akan ditutup dengan perban untuk mempercepat penyembuhan. Biasanya, perban bekas operasi caesar sudah bisa dibuka setelah 48 jam. Supaya luka bekas operasi cepat pulih, ada berbagai cara merawat luka caesar setelah buka perban yang perlu Anda lakukan.Setelah operasi caesar, perban pertama akan dipasang selama 24 jam sebelum diganti dengan yang baru oleh perawat. Jika selanjutnya Anda ingin memulihkan diri di rumah, perawat akan mengajarkan cara mengganti perban sendiri dan cara merawat bekas operasi caesar.Tujuan penggunaan perban pada luka setelah operasi caesar adalah:
  • Memberikan kondisi optimal untuk penyembuhan
  • Melindungi area luka sampai semua kulit telah tertutup kembali
  • Menyerap semua kebocoran dari luka sayatan
  • Mencegah luka jahitan menempel pada pakaian.
48 jam setelah operasi caesar, biasanya Anda sudah diperbolehkan buka perban. Namun, ini semua tergantung pada kondisi masing-masing individu sehingga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau perawat Anda. Tidak jarang, ada juga pasien yang memilih menggunakan perban lebih lama untuk melindungi luka bekas operasi.Kemudian berapa lama luka caesar kering dan sembuh? Luka caesar pada setiap individu membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk sembuh. Namun, umumnya bekas luka caesar dapat kering dan pulih dalam waktu enam bulan setelah melahirkan.Baca juga: Pemulihan Pasca Operasi Caesar, Ini yang Terjadi pada Tubuh Ibu

Cara merawat luka caesar setelah buka perban

Jika sudah diperbolehkan pulang, berikut adalah sejumlah cara merawat bekas operasi caesar setelah buka perban yang bisa Anda lakukan:
  • Cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik dan keringkan sebelum merawat luka bekas operasi caesar.
  • Sebisa mungkin jangan menyentuh luka yang sedang dalam tahap penyembuhan dengan jari-jari Anda.
  • Jangan menggunakan krim antiseptik atau produk lainnya ke area luka, kecuali obat tersebut disarankan atau diresepkan oleh bidan atau dokter.
  • Benang jahitan mungkin akan menyembul atau terlihat pada luka. Jangan menarik atau memainkannya. Apabila kondisi ini terasa mengganggu, segera hubungi bidan atau dokter.
  • Jaga kebersihan luka secara teratur dengan menggunakan air hangat. Alirkan air hangat secara perlahan melewati luka dan jangan menggosoknya.
  • Anda mungkin akan membutuhkan obat pereda nyeri untuk beberapa hari pertama. Jangan gunakan obat selain yang disarankan atau diresepkan oleh dokter.
  • Jika luka terasa sakit atau tidak nyaman, segera hubungi bidan atau dokter Anda.
Dikutip dari NHS UK, mandi pascaoperasi caesar boleh saja dilakukan setelah 24 jam. Namun, lebih disarankan agar luka caesar setelah melahirkan sebaiknya tidak terkena air, sehingga dilarang untuk mandi dalam beberapa waktu pascaoperasi.Waktu tidak boleh mandi setelah operasi bisa berbeda-beda pada setiap ibu. Namun umumnya, setelah 3 sampai 4 hari setelah persalinan, Anda sudah boleh mandi kembali.Jika Anda sudah diperbolehkan mandi oleh dokter, berikut sejumlah cara merawat luka caesar setelah buka perban yang perlu Anda ikuti:
  • Mandilah dengan menggunakan shower dan sebaiknya hindari mandi dengan berendam di bathtub sampai setidaknya 3 minggu setelah operasi.
  • Jangan menyemprotkan shower langsung di arah luka jahitan.
  • Jangan menggunakan sabun, shower gel, losion, bedak, dan semacamnya secara langsung pada luka jahitan.
  • Setelah mandi, keringkan luka dengan menepuk perlahan menggunakan handuk bersih berbahan lembut.
Apabila Anda sudah bisa beraktivitas kembali, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara merawat jahitan setelah melahirkan caesar:
  • Gunakan pakaian yang lembut dan longgar untuk meminimalisir gesekan pada luka jahitan.
  • Istirahat dengan cukup.
  • Letakkan segala kebutuhan Anda dalam jangkauan tangan untuk meminimalisir terjadinya peregangan yang dapat mengganggu luka.
  • Jangan mengangkat apa pun yang terlalu berat selama sekitar 6-8 minggu.
  • Jangan melakukan pekerjaan rumah yang terlalu berat.
  • Selalu jaga postur tubuh Anda saat duduk atau berdiri. Topang bagian perut apabila melakukan sesuatu yang menyebabkan tekanan, seperti tertawa, bersin, atau batuk.
  • Untuk mempercepat penyembuhan luka caesar dan pertumbuhan jaringan baru, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang tinggi protein, vitamin C, dan zat besi.
Rasa sakit setelah operasi caesar biasanya akan mereda dalam 2-3 hari. Namun, luka jahitan akan tetap terasa lembek atau basah sampai 3 minggu atau bahkan lebih.Waktu untuk luka jahitan sembuh pada setiap individu juga berbeda. Namun. seiring waktu luka caesar akan semakin kering, menipis, dan rata dengan kulit. Luka ini juga akan berubah berwarna putih atau senada dengan warna kulit.Selain memerhatikan cara merawat luka caesar setelah buka perban, jangan lupa untuk kontrol secara rutin ke dokter kandungan selama 4-6 minggu.Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter apabila Anda mengalami gejala berupa demam melebihi 38 derajat Celcius, keluar cairan berbau tak sedap dari luka jahitan, luka yang semakin basah, luka jahitan terbuka lagi, dan pembengkakan atau peradangan semakin parah.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar persalinan caesar, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
operasi caesarpenyembuhan luka
National Health Service United Kingdom. https://www.bfwh.nhs.uk/wp-content/uploads/2015/08/PL842.pdf
Diakses 30 Desember 2020
Band Aid. https://www.band-aid.com/proper-wound-care/post-surgery/c-section-recovery-tips
Diakses 30 Desember 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000624.htm#
Diakses 30 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/baby/qa/how-should-you-care-for-a-csection-wound
Diakses 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait