Cara Mudah Menjadi Morning Person dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Morning person memberi banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengurangi risiko diabetes hingga membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

(0)
Morning person adalah sebutan untuk orang yang terbiasa bangun pagiMenjadi morning person bermanfaat untuk kesehatan
Morning person adalah sebutan bagi orang yang terbiasa bangun di pagi hari dan langsung beraktivitas dengan penuh semangat setelahnya. Orang dengan kronotipe (jam internal) morning person umumnya akan tidur lebih awal pada malam hari.Menjadi morning person memberikan beragam manfaat untuk Anda. Manfaat tersebut dapat Anda rasakan dari berbagai macam aspek kehidupan. Apa sajakah itu?

Manfaat menjadi morning person

Kronotipe morning person bisa memberikan banyak manfaat dalam berbagai macam aspek kehidupan, mulai dari fisik, mental, hingga produktivitas dalam bekerja. Berikut ini sejumlah manfaat menjadi morning person:
  • Tidur lebih berkualitas

Menurut studi yang dilakukan 23andMe, orang dengan kronotipe morning person cenderung memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas. Dalam studi yang dilakukan kepada orang dengan kronotipe morning person, hanya 20% dari mereka yang mengalami gangguan tidur insomnia.
  • Ramah untuk kesehatan mental

Dalam studi tertentu yang dirilis tahun 2016, remaja dengan kronotipe night owl (lebih aktif di malam hari) dikaitkan dengan depresi dan gejalanya. Studi lain di tahun 2015 yang dilakukan terhadap 2.000 orang dengan rentang usia 18 hingga 65 tahun juga menemukan keterkaitan kronotipe night owl dengan depresi.Meskipun begitu, menjadi morning person tidak berarti akan menghindarkan Anda dari rasa depresi. Pada akhirnya, semua bergantung pada tingkat masalah dan cara masing-masing individu untuk menghadapinya. 
  • Mengurangi risiko diabetes dan sindrom metabolik

Penelitian yang dilakukan terhadap kelompok usia paruh baya menyebut, mereka yang bangun siang cenderung lebih rentan mengalami diabetes dibanding morning person. Selain itu, risiko morning person untuk menderita sindrom metabolik diketahui lebih rendah dibanding mereka yang bangun siang.
  • Lebih produktif dalam bekerja

Bangun pagi dapat membantu Anda untuk mengatur jadwal dan aktivitas dengan baik. Dengan kondisi tubuh dan pikiran yang masih segar, Anda dapat melakukan pekerjaan dengan fokus. Hal tersebut dapat berdampak pada tingkat produktivitas dalam bekerja.

Bagaimana cara menjadi morning person?

Melihat potensi manfaat yang bisa didapatkan dari menjadi morning person, tidak ada salahnya Anda mengikutinya. Untuk menjadi seorang morning person, Anda bisa menerapkan cara-cara sebagai berikut:

1. Ubah waktu tidur

Apabila Anda sudah terbiasa tidur larut malam, cobalah untuk mengubah waktu tidur jadi lebih awal. Mengingat waktu tidur normal berkisar antara 7 hingga 9 jam, Anda sudah harus mulai memejamkan mata maksimal pukul 10 malam. Awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi Anda nantinya akan terbiasa seiring berjalannya waktu. Sebagai permulaan, Anda bisa memulai untuk tidur 15 hingga 20 menit lebih awal dibandingkan biasanya selama beberapa hari hingga tubuh mulai terbiasa.

2. Biarkan cahaya matahari masuk dalam kamar

Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu mengubah jam internal yang ada dalam tubuh. Sebelum tidur, pastikan agar cahaya sinar matahari dapat masuk ke kamar Anda pada pagi hari dengan membuka tirai yang menutup jendela.

3. Jauhkan alarm dari jangkauan tangan

Untuk menjadi morning person, jauhkan alarm dari jangkauan tangan. Ketika alarm berbunyi, kebanyakan orang secara refleks akan menekan tombol snooze. Kebiasaan tersebut dapat merusak ritme tidur dan berpotensi membuat Anda terbangun dalam kondisi lelah.Maka dari itu, pasang alarm di tempat yang mengharuskan Anda melangkah dari tempat tidur untuk mematikannya. Cara ini dapat merangsang otak untuk aktif dan mencegah Anda tidur kembali.

4. Lakukan latihan ringan setelah bangun tidur

Melakukan latihan ringan usai bangun tidur dapat membantu Anda menjadi morning person. Selain itu, memulai hari dengan berolahraga mampu memberikan suntikan energi tambahan untuk menjalani aktivitas.

5. Bersikap konsisten

Jika ingin menjadi morning person, Anda harus bersikap konsisten. Anda boleh sesekali tidur hingga larut malam, namun jangan melakukannya terlalu sering karena nantinya bisa merusak jam tidur. Saat jam tidur berantakan, Anda harus kembali mengulang dan membiasakan diri untuk bisa menjadi morning person seperti sebelumnya.

6. Sesuaikan jam makan dengan waktu tidur

Apabila hendak tidur dan bangun lebih awal, sesuaikan jam makan Anda supaya tidak terlalu malam. Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan makan berlebihan sebelum tidur karena dapat membuat Anda terjaga dan kesulitan untuk tidur.

Catatan dari SehatQ

Morning person adalah istilah bagi orang yang terbiasa bangun di pagi hari dan langsung beraktivitas setelahnya. Menjadi morning person dapat memberi beragam manfaat mulai dari fisik, mental, dan produktivitas.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai bagaimana cara menjadi morning person, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
waktu tidurmasalah tidurinsomniakesehatan mental
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/how-to-become-a-morning-person
Diakses pada 18 Desember 2020
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-become-a-morning-person/
Diakses pada 18 Desember 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/morning-routine-4174576
Diakses pada 18 Desember 2020
Insider. https://www.insider.com/benefits-of-being-a-morning-person-2017-6
Diakses pada 19 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait