Bingung Cara Reapply Sunscreen yang Benar? Ini Tipsnya!


Cara reapply sunscreen perlu dilakukan tiap 2 jam sekali, serta setelah berkeringat atau berenang, agar kulit tetap terlindungi maksimal dari paparan sinar matahari. Agar tidak merusak make up, Anda bisa pakai ulang sunscreen dalam bentuk semprot atau tabur.

0,0
Cara reapply sunscreen perlu dilakukan tiap 2 jam sekaliAnda bisa mengoleskan sunscreen kembali pada wajah setelah cuci muka
Cara reapply sunscreen perlu dilakukan beberapa kali agar kulit tetap terlindungi maksimal dari paparan sinar matahari. Sayangnya, masih banyak orang yang malas atau bingung memakai ulang sunscreen atau tabir surya karena khawatir akan merusak make up.
Lantas, bagaimana cara memakai ulang sunscreen tanpa harus merusak make up di wajah? Agar tidak bingung, simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Mengapa pakai sunscreen atau tabir surya harus diulang?

Cara reapply sunscreen wajib dilakukan
Penggunaan sunscreen berfungsi melindungi kulit dari sinar UV
Sunscreen atau tabir surya yang ada di kulit tidak bisa bertahan lama. Ini artinya, sunscreen bisa saja luntur saat Anda beraktivitas.Jika Anda malas atau bingung cara memakai sunscreen secara berulang, risiko kulit terbakar matahari atau menghitam setelah beraktivitas seharian di luar ruangan akan semakin besar.Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama, walaupun cuaca sedang berawan, tanpa perlindungan juga dapat meningkatkan risiko kulit mengalami penuaan dini.Bintik cokelat di wajah, kerutan, hingga hiperpigmentasi bisa muncul di wajah dan membuat kulit Anda tampak lebih tua.Belum lagi, bahaya tidak mengoles sunscreen secara berulang lainnya adalah risiko terkena kanker kulit.Itulah sebabnya cara memakai ulang sunscreen penting dilakukan beberapa kali. Dengan mengoles sunscreen secara berulang, kulit akan tetap terlindungi dari masalah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Sebaiknya reapply sunscreen berapa jam sekali?

Cara reapply sunscreen sebaiknya 2 jam sekali
Seberapa sering reapply sunscreen tergantung aktivitasnya
Setelah mengetahui pentingnya memakai sunscreen secara berulang, Anda pun mungkin bertanya-tanya, “sebaiknya reapply sunscreen berapa jam sekali ?”.Sebenarnya, seberapa sering sunscreen dipakai kembali juga tergantung pada aktivitas yang Anda lakukan.Jika beraktivitas di dalam ruangan yang jauh dari paparan sinar matahari, Anda mungkin tidak perlu sering-sering memakai ulang sunscreen. Cukup lakukan tiap 4-6 jam sekali.Akan tetapi, bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, American Academy of Dermatology menganjurkan cara reapply sunscreen perlu dilakukan tiap 2 jam sekali, atau sesegera mungkin setelah Anda berenang atau berkeringat. 

Cara reapply sunscreen yang benar

Cara memakai ulang sunscreen sebaiknya jangan dilakukan sembarangan. Berikut adalah cara reapply sunscreen yang benar, baik tanpa menghapus atau merusak riasan di wajah Anda, serta setelah berkeringat.

1. Pilih produk sunscreen yang praktis

Cara reapply sunscreen yang benar perlu memperhatikan produk sunscreen yang digunakan.Seorang ahli dermatologi sekaligus director of cosmetic and clinical research in dermatology di Mount Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat, menyarankan penggunaan produk sunscreen spray atau semprot untuk melindungi wajah tanpa membuat riasan jadi rusak.Jadi, Anda hanya tinggal menyemprotkan produk ke seluruh area wajah, leher, dan belakang telinga tanpa terkecuali.Namun, beri jarak antara kulit dan produk sunscreen yang akan disemprot agar tidak terlalu dekat.Anda juga dapat menyemprotkan sunscreen ke telapak tangan dan oleskan secara perlahan pada area wajah dan leherPastikan agar semua kulit sudah basah oleh produk sunscreen dan tidak ada yang terlewat. Kemudian, biarkan cairan meresap dan kering dengan sendirinya.Menariknya, sunscreen semprot seperti face mist ini juga dapat memberi efek segar dan dewy di wajah.
Cara reapply sunscreen dengan sunscreen spray
Semprotkan sunscreen spray ke tangan, lalu oleskan ke wajah
Selain sunscreen spray, Anda juga dapat menggunakan produk sunscreen berbentuk bubuk seperti bedak.Anda cukup menggunakannya di atas riasan wajah layaknya memakai bedak dengan brush atau kuas dengan gerakan memutar secara perlahan.Produk tersebut sangat memudahkan Anda dalam reapply sunscreen tanpa perlu ribet merias wajah kembali dari awal.Kabar baiknya, jenis produk ini biasanya sekaligus dirancang untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di siang hari.Jika cuaca sedang berawan atau hujan, Anda bisa menggunakan pelembap yang mengandung SPF. Dengan begitu, kulit akan terasa lembap dan terlindungi dari radiasi sinar UV.

2. Keringkan dulu area kulit yang basah atau berkeringat

Apabila Anda ingin reapply sunscreen setelah berenang atau berkeringat, pastikan Anda mengeringkan area kulit yang basah terlebih dahulu.Cara reapply sunscreen saat kulit masih dalam kondisi basah justru dapat mengurangi keefektifan SPF dalam melindungi kulit Anda.Selanjutnya, segera gunakan krim atau lotion sunscreen pada area wajah, leher, dan tubuh lainnya dengan langkah berikut ini:
  • Kocok kemasan sunscreen terlebih dulu.
  • Tuang sunscreen sebanyak 2 ruas jari telunjuk dan jari tengah, lalu aplikasikan beberapa titik pada area wajah secara merata.
  • Ratakan hingga sunscreen menutupi seluruh area wajah.
  • Kemudian, tuangkan setiar 2 ruas jari telunjuk dan jari tengah dan aplikasikan pada area leher dan belakang telinga.
  • Oleskan sunscreen pada bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki.

Catatan dari SehatQ

Cara reapply sunscreen yang benar dapat memaksimalkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari serta mengurangi risiko penuaan dini dan kanker kulit.Pastikan Anda mengetahui cara memakai ulang sunscreen yang benar agar manfaatnya bisa didapat secara optimal.Jika Anda masih bingung mengaplikasikan ulang sunscreen, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi lebih lanjut lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit sehatkesehatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikanterbakar matahari
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/products-to-reapply-sunscreen#how-to-reapply
Diakses pada 22 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-guide#face-vs.-body
Diakses pada 22 September 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/skin-cancer/prevent/sunscreen-apply
Diakses pada 22 September 2021
Skin Cancer Foundation. https://www.skincancer.org/blog/ask-the-expert-how-often-do-i-need-to-reapply-sunscreen-if-im-indoors-all-day/
Diakses pada 22 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/children/sunscreen-use-correctly
Diakses pada 22 September 2021
Allure. https://allure.com/story/how-to-reapply-your-sunscreen-while-wearing-makeup
Diakses pada 22 September 2021
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/heres-how-to-reapply-sunscreen-without-messing-up-your-makeup_l_5caf4362e4b0308735d5e3be
Diakses pada 22 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait