Cek Tagihan BPJS dengan Mudah Melalui Cara Berikut

(0)
27 Jan 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada berbagai cara cek tagihan BPJS yang bisa dengan mudah dilakukanCek tagihan BPJS dapat dilakukan melalui website atau aplikasi resmi BPJS Kesehatan (credit: Shutterstock/Hariani Rahayu)
Apakah Anda sudah terdaftar menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan? Jika sudah, Anda wajib membayarkan iuran setiap bulan berdasarkan kelas BPJS yang Anda pilih untuk bisa menikmati layanan yang ditawarkan.Sebagai perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan hadir dengan segala kemudahan, baik dalam segi pelayanan maupun akses informasi, termasuk dalam mengecek tagihan. Ada beberapa cara cek tagihan BPJS yang bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa perlu ribet..

Cek tagihan BPJS dengan mudah

Mengecek tagihan BPJS bisa melalui website atau aplikasi resmi BPJS Kesehatan. Hal ini juga dapat dilakukan melalui channel lainnya. Berikut cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa Anda coba:

1. Melalui website

Dalam melakukan cek tagihan BPJS melalui website, Anda hanya perlu mengakses website resmi BPJS Kesehatan, yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan pengecekan:
  • Pada halaman utama sebelah kanan, klik tanda ujung panah
  • Lalu, klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan.”
  • Halaman baru pun akan muncul pada layar. Anda akan diminta mengisi nomor kartu BPJS dan tanggal lahir.
  • Setelah mengisi kedua kolom tersebut dengan benar, Anda juga harus mengisi angka validasi yang tertera di laman tersebut.
  • Kemudian, klik “Cek”. Rincian pembayaran Anda baik yang sudah dibayarkan maupun yang belum dibayarkan pun akan ditampilkan.

2. Melalui aplikasi mobile JKN

Jika ingin mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi, tentu Anda harus mengunduh aplikasi mobile JKN terlebih dahulu melalui playstore ataupun appstore. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Masuk ke akun mobile JKN yang Anda miliki. Jika belum memiliki akun, maka Anda harus registrasi dulu untuk membuat akun.
  • Bila sudah berhasil log in, klik menu “Premi”.
  • Rincian tagihan yang perlu dibayarkan pun akan muncul pada layar ponsel Anda.

3. Melalui SMS Gateway

Selain melalui internet, Anda juga dapat melakukan cek tagihan BPJS melalui SMS Gateway atau layanan informasi dua arah melalui pesan singkat. Layanan SMS Gateway ini sangat memudahkan para pengguna yang jarang atau bahkan tidak menggunakan internet. Jika Anda ingin mengecek tagihan BPJS kesehatan yang Anda miliki melalui SMS, Anda hanya perlu mengirimkan pesan dengan format:Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan, misalnya (Tagihan 00001122334455) lalu kirim ke 087775500400. Berbagai informasi mengenai layanan BPJS Kesehatan yang lain pun dapat Anda akses melalui nomor tersebut. Untuk mengetahui format penulisan pesan pada layanan SMS Gateway BPJS Kesehatan, ketik HELP dan kirim ke 087775500400.

4. Melalui mitra perbankan

Pengecekan tagihan juga dapat dilakukan melalui mitra perbankan BPJS Kesehatan, yakni bank BRI, BNI, dan Mandiri. Anda dapat mengecek sekaligus membayar tagihan melalui ATM. Jika Anda sedang dalam perjalanan dan menemukan ATM terdekat, mungkin ini menjadi cara yang mudah dilakukan. 

5. Melalui channel lain

Anda juga bisa mendapat informasi seputar jumlah tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda dengan langsung datang ke kantor BPJS, atau melalui layanan call center BPJS di nomor telepon 1500 400, layanan jemput bola BPJS Kesehatan Mobile Customer service (MCS), di Mall Pelayanan Publik (MPP) pada wilayah-wilayah tertentu, dan juga akun Twitter resmi BPJS Kesehatan RI, yaitu @BPJSKesehatanRI.Setelah mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar, saatnya bagi Anda untuk melakukan pembayaran. Tenggat waktu pembayaran iuran paling lambat dilakukan pada tanggal 10 setiap bulannya. BPJS kesehatan pun memiliki beragam cara untuk mempermudah masyarakat dalam membayar iuran yang harus dibayarkan. Anda dapat membayar iuran BPJS dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat, melalui aplikasi mobile JKN, melalui bank yang bermitra dengan BPJS Kesehatan (via ATM, internet banking, dan mobile banking), melalui minimarket (indomaret dan alfamart), melalui kantor pos, dan melalui berbagai e-commerce yang bekerjasama dengan BPJS.Semakin majunya teknologi, tentu mempermudah Anda dalam berbagai hal, termasuk membayar BPJS. Untuk itu, jangan lupa cek tagihan BPJS secara rutin dan bayar tepat waktu, ya
bpjs kesehataniuran bpjspeserta bpjs
BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/
Diakses pada 27 Januari 2020
Indonesia.go.id. https://indonesia.go.id/layanan/kesehatan/sosial/cara-bayar-iuran-bpjs-kesehatan
Diakses pada 27 Januari 2020
Cermati. https://www.cermati.com/artikel/cara-mudah-cek-tagihan-dan-pembayaran-iuran-bpjs-kesehatan
Diakses pada 27 Januari 2020
Tirto. https://tirto.id/cara-cek-iuran-bpjs-kesehatan-melalui-sms-website-atm-aplikasi-cH3c
Diakses pada 27 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait