7 Ciri-ciri Anak Sehat yang Perlu Diperhatikan Orangtua


Ciri-ciri anak sehat dapat ditandai dengan berbagai aspek, seperti tumbuh dengan optimal, memiliki nafsu makan yang baik, aktif dan ceria, dan emosi stabil.

0,0
18 Oct 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri anak sehat dapat ditandai dengan pertumbuhan yang baikCiri-ciri anak sehat dapat ditandai dengan tumbuh optimal
Banyak orang yang menganggap bahwa anak yang gemuk adalah anak sehat. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Ada berbagai ciri-ciri anak sehat yang dapat Anda identifikasi sebagai orangtua, baik secara fisik maupun mental.
Supaya anak bisa tumbuh dengan sehat, Anda tentunya harus menunjang kesehatan dan kesejahteraan anak secara menyeluruh. Jangan sampai mengabaikan kebutuhannya. Lantas, apakah saja ciri-ciri anak sehat yang bisa diamati?

Ciri-ciri anak sehat

Berikut adalah sejumlah ciri-ciri anak sehat yang perlu diperhatikan orangtua.

1. Tumbuh dengan baik

anak bertambah tinggi
Anak cenderung bertambah tinggi dari waktu ke waktu
Salah satu ciri anak sehat adalah pertumbuhannya berjalan dengan baik. Anak cenderung bertambah tinggi dengan kecepatan yang cukup stabil, yaitu sekitar 6-7 cm per tahun. Sementara itu, berat badannya naik sekitar 2-3 kg per tahun hingga pubertas dimulai. Pertumbuhan pesat biasanya terjadi pada masa pubertas karena didorong oleh hormon. Anak perempuan dapat mulai mengalami pubertas pada usia 8-13 tahun, sedangkan anak laki-laki usia 10-15 tahun.Namun, jika ada masalah pada pertumbuhan anak, misalnya berat atau tinggi badan tidak sesuai dengan anak-anak seusianya, sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter.

2. Memiliki nafsu makan yang baik

Ciri-ciri anak sehat dapat ditandai dengan punya nafsu makan yang baik. Anak dapat menghabiskan makanan yang Anda sediakan dengan lahap pada waktu makannya sehingga mendapatkan asupan gizi yang cukup. Namun, pastikan porsi yang Anda berikan sesuai untuk anak-anak, tidak terlalu banyak ataupun sedikit. Sebaliknya, anak yang sakit biasanya mengalami penurunan nafsu makan, bahkan bisa membuat berat badannya turun. 

3. Aktif dan ceria

anak sedang bermain
Anak-anak senang bermain
Ciri-ciri anak yang sehat lainnya adalah cenderung aktif dan ceria. Anak akan senang bermain dengan teman-temannya dan menunjukkan ekspresi wajah gembira. Sayangnya, sebagian anak justru jarang bergerak aktif.Sebuah studi yang dipublikasikan Sport Science Review vol. XXI tahun 2021 menyatakan bahwa sekitar 40 persen anak berusia 5-8 tahun mengalami peningkatan risiko kesehatan, seperti obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, atau diabetes karena kebiasaan jarang bergerak.

4. Rambut, kuku, dan kulit bersih

Anak yang sehat adalah anak yang memiliki rambut, kuku, dan kulit yang bersih. Kulit anak akan terasa lebih lembap, tidak kering, ataupun bersisik. Rambutnya juga tampak berkilau dan kuat sehingga tidak mudah rontok.Sementara itu, kuku anak yang normal berwarna merah muda dan menjadi tanda bahwa ia tidak mengalami kekurangan darah (anemia). Sementara itu, anak yang menderita anemia umumnya memiliki warna kuku yang cenderung pucat. 

5. Mulut dan gigi bersih

Ciri anak sehat juga dapat ditandai dengan kebersihan mulut dan giginya yang terjaga. Anak sehat cenderung memiliki bibir yang lembap (tidak kering dan pecah-pecah), mulut tidak bau, lidah berwarna merah muda, dan gigi tidak rusak.Dalam merawat gigi dan mulut, pastikan anak rutin menyikat giginya menggunakan pasta gigi berfluoride, menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula, dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

6. Emosi stabil

emosi anak stabil
Anak yang sehat secara mental memiliki emosi yang stabil
Bukan hanya fisik, ciri-ciri anak sehat secara mental juga penting untuk diperhatikan. Anak yang mentalnya sehat memiliki emosi yang stabil, merasa bahagia dan positif terhadap dirinya, mudah bergaul, dan dapat belajar dengan baik sehingga mudah mengikuti pelajaran di sekolah.

7. Cukup istirahat

Anak sehat bisa tidur dengan nyenyak dalam waktu yang cukup tanpa adanya gangguan, misalnya insomnia, sleep apnea, atau tidur berjalan. Idealnya, balita membutuhkan tidur sekitar 10-13 jam setiap malam, sedangkan anak usia sekolah membutuhkan tidur selama 9-12 jam.Ciri-ciri anak sehat di atas dapat membantu memastikan kondisi anak Anda dalam keadaan baik-baik saja. Namun, jika Anda khawatir adanya masalah pada kesehatan anak, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar ciri anak sehat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan anaktumbuh kembang anakperkembangan anak
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/growth-6-12.html
Diakses pada 04 Oktober 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/childs-growth.html
Diakses pada 04 Oktober 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-increase-appetite-in-kids-10-effective-ways/
Diakses pada 04 Oktober 2021
Sport Science Review. http://archive.sciendo.com/SSR/ssr.2012.xxi.issue-3-4/v10237-012-0011-9/v10237-012-0011-9.pdf
Diakses pada 04 Oktober 2021
Paudpedia Kemdikbud. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/ciri-ciri-anak-usia-dini-yang-sehat?id=20210528154121&ix=3
Diakses pada 04 Oktober 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/school-age/health-daily-care/mental-health/children-s-mental-health
Diakses pada 04 Oktober 2021
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsallchildrens.org/ACH-News/General-News/The-importance-of-sleep-for-kids
Diakses pada 04 Oktober 2021
My Healthfinder. https://health.gov/myhealthfinder/topics/doctor-visits/regular-checkups/take-care-your-childs-teeth
Diakses pada 04 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait