6 Contoh Permainan Bola Kecil yang Bisa Anda Coba

(0)
22 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Contoh permainan bola kecil salah satunya badmintonBadminton salah satu olahraga paling populer di Indonesia
Olahraga punya banyak untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Saking pentingnya, olahraga bahkan dijadikan mata pelajaran sejak sekolah dasar. Salah satu kategori olahraga yang paling populer adalah permainan bola kecil. Contoh permainan bola kecil bermacam-macam, mulai dari tenis hingga baseball.Jenis olahraga ini menjadikan bola kecil sebagai perlengkapan utamanya. Anda pun bisa memainkannya dengan cara satu lawan satu atau beregu. Lantas, apa saja contoh permainan bola kecil yang dapat Anda mainkan?

Contoh permainan bola kecil

Sebagian besar permainan bola kecil mungkin sudah Anda kenal atau pernah mainkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa contoh permainan bola kecil yang bisa Anda lakukan:
  • Tenis meja

Tenis meja umumnya diadakan dalam ruangan
Tenis meja atau ping pong dilakukan di atas meja khusus yang dipasangkan net di tengahnya. Anda juga memerlukan bola kecil dan alat pemukul yang disebut bet. Dalam permainan ini, Anda harus mengembalikan bola yang dipukul oleh lawan. Cobalah untuk memukul bola melewati net dan memantul ke meja lawan sehingga tak bisa diraih atau dikembalikan oleh mereka. Umumnya, tenis meja diadakan di dalam ruangan (indoor).
  • Golf

Golf merupakan olahraga yang dimainkan di lapangan khusus. Dalam permainan golf, Anda harus memukul bola menggunakan stik golf hingga bola melayang ke udara dan masuk ke hole (lubang) dengan tepat. Oleh karena itu, diperlukan konsentrasi yang baik untuk memainkan salah satu contoh permainan bola kecil ini.
  • Tenis lapangan

Contoh permainan bola kecil lainnya yang populer adalah tenis lapangan. Olahraga ini memerlukan bola tenis dan raket sebagai pemukulnya. Bola dan raket tenis lapangan memiliki bobot yang lebih berat.Dalam permainan tenis lapangan, Anda juga harus mengembalikan bola yang dipukul oleh lawan. Pukul bola melewati net dan memantul ke area lawan hingga tidak bisa diraih oleh mereka.
  • Sepak takraw

Sepak takraw memindahkan bola dengan kaki
Sepak takraw merupakan olahraga yang unik karena menggunakan bola kecil dari rotan. Dalam permainan ini, Anda dan tim harus menjatuhkan bola tersebut di area lawan. Namun, memindahkan bola dalam sepak takraw tidak dilakukan dengan tangan, melainkan memakai kaki. Sepak takraw umumnya dilakukan di lapangan yang tengahnya dipasangi net.
  • Badminton

Badminton merupakan salah satu contoh permainan bola kecil yang paling populer di Indonesia. Olahraga ini biasanya dilakukan di lapangan khusus yang tengahnya dipisahkan oleh net. Untuk melakukannya, Anda memerlukan raket dan kok.Sama halnya dengan tenis, badminton mengharuskan Anda mengembalikan kok yang dipukul oleh lawan dan membuatnya tidak bisa mengembalikan kok tersebut pada Anda. Permainan ini memerlukan kecepatan dan ketangkasan karena dalam waktu yang sama, Anda harus melangkah atau melompat sambil memukul kok.
  • Baseball

Olahraga baseball dilakukan secara beregu di lapangan. Dalam permainan ini diperlukan bola, tongkat pemukul, dan sarung tangan. Setiap pemain memiliki perannya masing-masing. Ada yang bertugas menjadi pelempar bola, pemukul bola, hingga penangkap bola. Pada olahraga baseball, pemain yang mendapatkan tugas untuk menyerang harus memukul bola sampai tidak bisa dijangkau pemain yang bertahan. Setelah itu, ia juga harus berlari mengelilingi base untuk memberikan angka bagi timnya. 

Cara mencegah cedera saat melakukan permainan bola kecil

Pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya terhindar dari cedera olahraga. Hal ini bisa membantu meregangkan otot-otot yang kaku sebelum berolahraga. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan teknik olahraga yang tepat.Jangan lupa untuk mengenakan sepatu yang sesuai guna mengurangi risiko cedera. Jika Anda terjatuh atau terluka dalam permainan, jangan memaksakan diri untuk meneruskannya karena dikhawatirkan bisa semakin parah.Setelah olahraga selesai, lakukan juga pendinginan untuk menenangkan otot-otot yang bekerja keras saat berolahraga. Pastikan Anda minum dengan cukup di sela-sela olahraga agar tidak terjadi dehidrasi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragacedera
Britannica. https://www.britannica.com/sports/table-tennis
Diakses pada 09 Februari 2021
Britannica. https://www.britannica.com/sports/golf
Diakses pada 09 Februari 2021
Britannica. https://www.britannica.com/sports/badminton
Diakses pada 09 Februari 2021
Tennisa. https://www.tennissa.co.za/w/learn/what-is-tennis
Diakses pada 09 Februari 2021
Tutorials Point. https://www.tutorialspoint.com/baseball/baseball_overview.htm
Diakses pada 09 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/sports-injuries#prevention
Diakses pada 09 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait