Manfaat Cuka Apel untuk Jerawat, Benarkah Efektif Digunakan?


Cuka apel untuk jerawat dianggap ampuh karena mengandung senyawa yang bisa membunuh bakteri di kulit. Selain itu, manfaatnya juga diklaim dapat menghilangkan bekas jerawat. Namun, penting untuk mewaspadai efek samping yang mungkin terjadi.

(0)
16 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cuka apel untuk jerawat dianggap efektif karena bersifat antibakteri dan antijamurCuka apel untuk jerawat juga punya efek samping yang harus diwaspadai
Cuka apel untuk jerawat dianggap efektif dalam meredakan peradangan hingga menghilangkan bekasnya. Akan tetapi, benarkah manfaat cuka apel untuk jerawat efektif dilakukan? Adakah efek samping yang mungkin muncul dari cara menggunakan cuka apel untuk jerawat? 

Apa manfaat cuka apel untuk jerawat?

Cuka apel untuk jerawat diklaim dapat meredakan peradangan dan menghilangkan bekasnya
Manfaat cuka apel untuk jerawat bisa membunuh bakteri penyebab jerawat
Cuka apel adalah sari apel yang difermentasi dengan ragi dan bakteri lainnya. Proses fermentasi ini akan memunculkan asam asetat yang dipercaya memiliki kemampuan antibakteri dan antijamur. Adapun manfaat cuka apel untuk jerawat adalah sebagai berikut. 

1. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Salah satu manfaat cuka apel untuk jerawat adalah membunuh bakteri penyebab jerawatSelain asam asetat yang memiliki efek antibakteri dan antijamur, cuka apel juga mengandung asam sitrat, asam laktat, dan asam suksinat. Beberapa hasil penelitian mengemukakan bahwa sederet jenis asam ini terbukti dapat membunuh bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes atau P. acnesDalam studi tersebut, sebanyak 22 partisipan mencoba mengoleskan asam laktat ke bagian wajahnya sebanyak 2 kali dalam sehari selama 1 tahun. Hasilnya, banyak dari partisipan yang mengalami penurunan kemunculan jerawat secara signifikan. Namun, riset ini hanya menggunakan asam laktat yang diambil dari losion, bukan cuka apel. Maka dari itu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat cuka apel untuk jerawat.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat cuka apel untuk jerawat berikutnya adalah menghilangkan bekas jerawat. Saat dioleskan ke kulit wajah, beberapa kandungan asam dari cuka apel ternyata dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan memicu regenerasi kulit.Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa asam suksinat pada cuka apel dapat mencegah datangnya luka bekas jerawat. Tidak hanya itu, asam laktat juga terbukti dapat memperbaiki tekstur, pigmentasi, dan penampilan kulit yang terdapat bekas luka jerawat.

3. Membersihkan kulit

Membersihkan kulit dari penumpukan sel kulit mati dan kotoran juga menjadi manfaat cuka apel untuk jerawat lainnya. Hal ini berkat astringent dalam cuka apel yang kaya akan kandungan tanin.Beberapa laporan ilmiah menjelaskan bahwa kandungan tersebut yang dapat memberi efek bersih pada kulit. Dengan ini, kulit tampak bersih dan terbebas dari masalah jerawat yang mengintai. Meski hasil penelitian di atas sangat menjanjikan, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan manfaat cuka apel untuk jerawat di atas.Jadi, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai obat jerawat alami guna mencegah efek samping yang mungkin terjadi. Terutama bagi Anda yang memiliki jerawat tergolong parah. Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Kulit Wajah, Selain Obati Jerawat

Bagaimana cara menggunakan cuka apel untuk jerawat?

Cuka apel untuk jerawat harus dicampur dengan air terlebih dahulu
Tuang toner cuka apel ke permukaan kapas
Cara menggunakan cuka apel untuk jerawat sangat mudah. Namun, bukan berarti Anda dapat mengoleskannya langsung pada permukaan kulit. Cara menggunakan cuka apel untuk jerawat yang benar adalah sebagai berikut.
  • Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air putih ke dalam botol (bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan lebih banyak air putih). 
  • Kocok botol hingga kedua bahan dapat tercampur merata. 
  • Bersihkan wajah Anda menggunakan sabun cuci muka dan keringkan dengan handuk. 
  • Gunakan kapas bersih untuk mengoleskan cuka apel pada area kulit yang berjerawat. 
  • Diamkan selama 5-20 detik. 
  • Bilas kulit dengan air sampai bersih. 
Anda bisa menerapkan cara memakai cuka apel untuk jerawat ini 1-2 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.Sebelum digunakan ke area kulit berjerawat, ada baiknya toner cuka apel untuk jerawat coba dioles ke area kulit lain, seperti punggung tangan. Lalu, tunggu selama 24 jam. Jika terjadi reaksi alergi, seperti kulit kemerahan dan gatal, sebaiknya jangan menggunakannya pada permukaan kulit berjerawat dan segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Apa efek samping cuka apel untuk wajah?

Meski ada berbagai manfaat cuka apel untuk jerawat, sebaiknya Anda perlu mewaspadai efek samping yang mungkin terjadi. Beberapa efek samping cuka apel untuk jerawat adalah sebagai berikut. 

1. Iritasi dan kulit kering

Salah satu efek samping cuka apel untuk jerawat adalah iritasi dan kulit kering. Ini karena cuka apel memiliki sifat asam yang tinggi sehingga berisiko memunculkan efek samping toner alami ini. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk menggunakan cuka apel dalam jumlah yang sedikit dan mencampurkan lebih banyak air. 

2. Sensasi rasa terbakar

Efek samping cuka apel untuk wajah yang mungkin terjadi adalah sensasi rasa terbakar pada kulit. Jika Anda merasakan sensasi terbakar saat mengoleskan cuka apel untuk jerawat, campurkan dengan air putih lebih banyak. Namun, jika sensasi rasa terbakarnya tidak kunjung hilang, segera hentikan penggunaan cuka apel ke bagian kulit mana pun.

3. Luka bakar

Luka bakar juga menjadi efek samping cuka apel untuk jerawat yang bisa saja muncul. Sebuah laporan ilmiah yang dimuat dalam jurnal American Academy of Dermatology mengemukakan bahwa ada seorang remaja laki-laki mengalami luka bakar akibat mengoleskan cuka apel secara langsung ke kulit tanpa mencampurkannya dengan air terlebih dahulu.Pada kasus lain yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Aesthetichetic Dermatology, seorang remaja mengalami luka bakar di hidungnya setelah mengoleskan cuka apel untuk menghilangkan tahi lalat.

4. Rasa nyeri dan kerusakan kulit

Efek samping cuka apel untuk jerawat berupa rasa nyeri dan kerusakan kulit mungkin terjadi bila Anda mengoleskan cuka apel pada area kulit yang sensitif atau terdapat luka terbakar. Baca Juga: Efek Samping Cuka Apel Lainnya yang Perlu Diwaspadai

Catatan dari SehatQ

Meski berbagai studi terhadap cuka apel untuk jerawat sangat menjanjikan, Anda dilarang untuk mencobanya sebelum berkonsultasi dengan dokter kulit. Hal ini dilakukan guna menghindari efek samping cuka apel yang malah bisa merugikan kesehatan kulit Anda.Jika ingin menerapkan cara memakai toner cuka apel dengan tepat, lakukan dengan tepat. Penggunaan cuka apel terlalu sering dapat meningkatkan risiko iritasi kulit. Bila masih punya pertanyaan seputar penggunaan cuka apel untuk jerawat, konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawatkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/apple-cider-vinegar-and-acne
Diakses pada 2 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/apple-cider-vinegar-for-face#how-it-might-help
Diakses pada 2 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3888247/
Diakses pada 2 September 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24265031/
Diakses pada 2 September 2020
Journal of the American Academy of Dermatology. https://www.jaad.org/article/S0190-9622(11)02243-2/fulltext
Diakses pada 2 September 2020
Journal of Clinical and Aesthetichetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4479370/
Diakses pada 2 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait