Dampak Negatif Tidak Makan Malam yang Perlu Anda Ketahui

(0)
03 Mar 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tidak makan malam bisa menyebabkan tubuh kekurangan energiTidak makan malam dapat memicu kelaparan dan makan secara berlebihan keesokan harinya
Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk melakukan diet, mulai dari membatasi konsumsi makanan tertentu, mengurangi porsi makan secara keseluruhan, hingga melewatkan makan malam. Khusus untuk poin terakhir, tahukah Anda bahwa tidak makan malam malah bisa memberikan efek negatif pada tubuh?Jika Anda termasuk "pengikut" diet tidak makan malam ini, sebaiknya ganti dengan cara lain yang lebih efektif. Tidak makan malam, atau melewatkan salah satu waktu makan, berpotensi menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kecemasan, kekurangan energi, hingga memicu makan secara berlebihan di waktu selanjutnya.

Dampak negatif tidak makan malam bagi tubuh Anda

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients melibatkan 25.000 mahasiswa di Jepang. Penelitian yang dilakukan dengan observasi selama tiga tahun ini bertujuan untuk mengamati waktu makan mahasiswa dan menganalisa dampak melewatkan waktu makan.Para peneliti mengungkapkan bahwa tidak makan malam merupakan salah satu faktor penentu terbesar dari kenaikan berat badan dan perkembangan obesitas di kemudian hari. Bahkan, melewatkan waktu makan lainnya, seperti sarapan atau makan siang, tidak menunjukkan dampak yang sama dengan tidak makan malam.Penelitian ini lebih lanjut menyebutkan bahwa melewatkan makan malam mengakibatkan peningkatkan berat badan setidaknya 10 persen, baik pada responden laki-laki maupun perempuan.Para peneliti juga menyimpulkan salah satu kemungkinan dari dampak buruk tidak makan malam ini, yakni jika Anda melewatkan makan malam, Anda memiliki kemungkinan besar untuk meningkatkan konsumsi kalori di hari berikutnya.Penelitian di atas menunjukkan bahwa anggapan tidak makan malam bisa kurus kurang tepat. Alih-alih mendapatkan manfaat tidak makan malam, Anda malah memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kenaikan berat badan dan obesitas.Di samping itu, melewatkan makan malam, atau melewatkan makan pada umumnya, dapat menyebabkan beberapa dampak negatif lain yang perlu Anda waspadai.

1. Berisiko mengalami kekurangan nutrisi

Melewatkan makan seperti tidak makan malam dapat menyebabkan Anda mengalami kekurangan nutrisi. Alasannya, melewatkan makan sama halnya dengan melewatkan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.Sebuah studi di tahun 2017 dari UMass Medical School menemukan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan memiliki kadar nutrisi harian yang lebih rendah, seperti tiamin, niasin, dan folat.

2. Berisiko mengalami kecemasan

Melewatkan makan, atau lama tidak makan, dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan mental Anda. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di tahun 2018 dalam International Journal of Environmental Research and Public Health.Penelitian tersebut menyebutkan bahwa remaja yang melewatkan sarapan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami stres dan depresi ketimbang yang rutin sarapan.Ketika Anda lama tidak makan, kadar gula darah bisa menurun sehingga mengisyaratkan tubuh untuk memproduksi kortisol atau hormon stres. Hormon ini dilepaskan untuk membantu mengatur penurunan kadar gula darah, tapi juga menciptakan respons stres dalam tubuh.Kondisi ini tidak hanya menyebabkan Anda merasa cemas atau gundah, tapi Anda juga bisa menjadi mudah marah, suasana hati tidak menentu, hingga letih.

3. Berisiko mengalami masalah pencernaan

Anda lebih rentan mengalami mual, diare, hingga konstipasi apabila sering melewatkan makan. Faktor penyebabnya sama dengan kecemasan yang sebelumnya disebutkan, hormon kortisol yang dilepaskan tubuh ketika lama tidak makan dapat mengganggu sistem pencernaan Anda.

4. Berisiko mengalami penurunan energi

Melewatkan makan, seperti tidak makan malam, menyebabkan tubuh Anda mendapatkan lebih sedikit kalori sehingga berpotensi membuat Anda letih. Anda juga dapat merasa pusing, lelah, bahkan hingga pingsan karena penurunan kadar gula darah dalam tubuh.Otak manusia membutuhkan gula darah untuk berfungsi dengan baik. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, ini bisa memberikan sinyal pada tubuh untuk menghentikan segala fungsinya.

5. Berisiko mengidam makanan secara berlebihan

Salah satu konsekuensi kadar gula darah yang rendah adalah mengidam makanan secara berlebihan, terutama karbohidrat dan gula. Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan Anda terus-menerus memikirkan makanan dan kehilangan kendali ketika mengonsumsi makanan di waktu selanjutnya.Itulah beberapa bahaya tidak makan malam dan melewatkan makan pada umumnya. Usahakan untuk selalu makan dengan teratur dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang sehingga kebutuhan nutrisi harian Anda dapat terpenuhi.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatsarapan
Eat This. https://www.eatthis.com/news-side-effect-skipping-dinner/
Diakses pada 17 Februari 2021
Prevention. https://www.prevention.com/weight-loss/a20470631/effects-of-skipping-meals/
Diakses pada 17 Februari 2021
Eating Well. https://www.eatingwell.com/article/7561431/scary-things-that-could-happen-to-your-body-when-you-skip-meals/
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait