Cara Merawat Wajah di Rumah Maupun di Salon Agar Cerah Berseri


Cara merawat wajah itu sebenarnya mudah. Cukup melakukan tiga tahap, membersihkan, merawat, dan melembapkan secara benar maka wajah bisa tampil bersih bersinar.

(0)
04 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara merawat wajah mendasar harian yaitu cuci muka dengan sabunCuci muka dengan sabun wajah bisa dilakukan sekali sehari sebelum tidur
Kemajuan skin care terkadang membuat kita bingung harus memulai dari mana dan harus membeli produk yang mana. Anda pun mungkin insecure saat rekan Anda menggunakan produk seperti essenceface mist, atau beragam serum wajah sekaligus di malam hari.Sebenarnya, perawatan wajah hanya terdiri dari tiga langkah mudah, yaitu membersihkan, merawat, dan melembapkan. Yang penting, Anda merawat wajah dengan regimen dan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.Yuk baca lebih lanjut untuk mengetahui treatment wajah apa sih yang sebenarnya perlu untuk jenis kulit Anda?Pada intinya, semua jenis kulit memerlukan langkah perawatan mendasar yang sama, yaitu:

1. Bersihkan wajah dengan pembersih yang lembut

Pembersih yang baik dan lembut untuk kulit Anda adalah yang membersihkan kulit tanpa membuat kulit terasa kering dan ‘tertarik’ kencang.Biasakanlah untuk membersihkan wajah satu hingga dua kali sehari. Kalau Anda mempunyai kulit yang cenderung kering dan tidak menggunakan makeup, Anda mungkin lebih cocok membersihkan wajah satu kali sehari saja pada malam hari.Tips SehatQ:
  • Kalau cleanser yang Anda gunakan membuat kulit terasa kesat, ini justru berarti si pembersih terlalu ‘keras’ untuk kulit. Karena, ternyata ini berarti minyak natural di permukaan kulit Anda ikut terkikis oleh pembersih.
  • Pilih cleanser yang tidak berbusa. Cleanser yang berbusa biasanya mengandung sulfat, yang dapat membuat kulit menjadi lebih kering.
Sebaliknya bagi Anda yang menggunakan makeup atau yang banyak terpapar debu, Anda dapat mencoba menerapkan double cleansing pada malam hari. Artinya, membersihkan wajah dilakukan dengan dua tahap: menggunakan cleansing oil atau micellar water, kemudian dilanjutkan dengan pembersih wajah yang lembut.
Membersihkan wajah
Double cleansing bisa diterapkan dalam merawat wajah
Penerapan double cleansing semakin disukai banyak orang karena sabun pembersih wajah saja dirasa tidak cukup untuk membersihkan kotoran di wajah.

2. Gunakan serum untuk perawatan kulit wajah

Ada beragam jenis serum wajah, dengan fungsi yang beragam pula. Apapun jenis kulit Anda, baik kulit berminyak, berjerawat, atau yang sudah kinclong bersinar sekalipun, serum dapat membantu merawat kesehatan kulit menjadi lebih sempurna.Pemakaian serum dapat dilakukan pada pagi hari untuk serum yang mengandung vitamin C. Sementara serum dengan kandungan retinol sebaiknya dipakai pada malam hari.Baca juga: 8 Fungsi Serum Wajah untuk Kecantikan yang Paripurna

3. Aplikasikan pelembap

Semua jenis kulit memerlukan pelembap. Hanya saja, Anda perlu memilih produk pelembap dengan kandungan yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Berikut ini beberapa tips memilih produk pelembap berdasarkan jenis kulit Anda:
  • Kulit kering: Pelembap yang berbahan dasar minyak
  • Kulit berminyak: Pelembap yang berbahan dasar air dan cenderung ringan
  • Kulit kombinasi: Pelembap yang berbahan dasar air dan cenderung ringan
  • Kulit sensitif: Pelembap dengan kandungan yang menenangkan kulit, seperti aloe vera
  • Kulit yang sudah terjaga dengan baik: Pelembap berbahan dasar minyak untuk mengunci kelembapan

4. Jangan lupakan sunscreen

Banyak orang terlalu sibuk menggunakan produk skincare seperti toner atau serum, namun melupakan bagian yang paling penting: sunscreen atau tabir surya.Padahal, penggunaan sunscreen setiap hari sifatnya wajib untuk melindungi kulit dari sinar UV. Paparan sinar UV dapat memicu penuaan kulit, peradangan, bintik hitam, kerutan, bahkan kanker kulit.Dalam memilih produk sunscreen, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pertama, carilah produk sunscreen yang memiliki SPF minimal 30. Tak lupa, pilihlah produk yang memiliki label broad spectrum atau memiliki keunggulan melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus. Dan yang terakhir, baca kandungan sunscreen dan pilih yang sesuai untuk jenis kulit Anda.Walau Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, penggunaan tabir surya tetap perlu dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen Anda secara berkala. Jika Anda lebih banyak berada di luar rumah, pengaplikasian ulang bisa dilakukan setiap 2 jam sekali.Tips SehatQ:
  • Sunscreen memerlukan waktu 15 menit sejak dioles ke kulit untuk mulai ‘aktif’ melindungi kulit. Jadi, oleskan produk ini ke kulit minimum 15 menit sebelum Anda akan keluar rumah.

Cara merawat wajah mingguan

Selain perawatan wajah rutin yang Anda lakukan sehari-hari, ada beberapa rutinitas skala mingguan yang sangat dianjurkan:

1. Eksfoliasi untuk singkirkan sel kulit mati

Naiknya popularitas produk-produk AHA dan BHA menunjukkan orang semakin sadar pentingnya eksfoliasi sebagai bagian dari cara merawat wajah mendasar. Eksfoliasi sekali seminggu sangat membantu menyingkirkan sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan berseri.Untuk eksfoliasi, Anda bisa menggunakan asam-asam AHA dan BHA. Untuk BHA, asam yang paling umum kita temukan yaitu asam salisilat. Sementara itu untuk AHA, asam yang umum digunakan yaitu:Untuk eksfoliasi mingguan, Anda bisa menggunakan produk AHA yang memiliki konsentrasi kurang dari 10% agar risiko efek sampingnya bisa dihindari. Konsentrasi asam salisilat sebagai asam utama BHA biasanya memiliki rentang 0,5% - 5%.Tips SehatQ:
  • Periksa kandungan produk perawatan harian Anda. Apabila ada produk yang sudah mengandung AHA dan BHA, rutinitas eksfoliasi mingguan sudah tidak diperlukan.

2. Pijat wajah dengan face oil

Facial massage atau pijat wajah ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Selain membantu Anda untuk relaksasi, manfaat pijat wajah antara lain adalah membuat kulit bersinar hingga mencegah penuaan.Seminggu sekali, Anda dapat mencoba menggunakan face oil dan memberikan pijatan pada wajah selama 5-10 menit.

3. Gunakan masker wajah

Penggunaan masker wajah sebenarnya tak perlu sering-sering dan cukup sekali seminggu saja. Penggunaan masker, seperti yang berbahan clay atau charcoal, membantu membersihkan pori-pori wajah dan mengecilkan penampakannya.

Cara mengetahui jenis kulit wajah

Mengetahui jenis kulit wajah Anda merupakan langkah terpenting untuk dapat memilih  perawatan muka yang cocok.Berikut adalah tes mudah yang dapat Anda lakukan di rumah, untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda:
  • Cuci muka dengan air, dan hapus air dengan menekan muka secara lembut dengan handuk. Tunggu 30 menit.
  • Ambil beberapa lembar kertas minyak wajah. Tempelkan kertas minyak wajah di beberapa bagian wajah, seperti di dahi, hidung, pipi, dan dagu.
  • Lihat kadar penyerapan minyak di kertas dengan menerawangnya ke cahaya.
Berdasarkan hasil tes tersebut, berikut adalah jenis kulit Anda:
  1. Kulit kering: Kertas minyak tidak transparan, dan bahkan ada serpihan kulit
  2. Kulit berminyak: Kertas minyak transparan sepenuhnya
  3. Kulit kombinasi: Kertas minyak yang digunakan di bagian wajah tertentu terlihat lebih transparan dibanding bagian lainnya
  4. Kulit normal: Kertas minyak tidak terlalu transparan dan tidak ada serpihan kulit

Perawatan wajah di salon oleh profesional

Untuk sebagian wanita, pergi ke salon bukan hanya untuk merawat rambut. Salon dan klinik kecantikan mempunyai beberapa regimen perawatan muka yang bisa memberikan efek ajaib seketika untuk kulit Anda.Tentunya, jangan asal memilih salon untuk prosedur perawatan kulit wajah ya. Berikut adalah beberapa treatment kulit wajah yang perlu dilakukan oleh dokter:

1. Peeling wajah menggunakan asam konsentrasi tinggi

Pernah mendengar teman mengeluh kulit menjadi gosong setelah peeling? Hal ini dapat terjadi kalau peeling dilakukan dengan cara yang salah.Eksfoliasi menggunakan face acids memang bisa dilakukan di rumah dengan konsentrasi yang cenderung rendah. Namun, chemical peeling menggunakan konsentrasi tinggi harus dilakukan oleh dokter.Dokter dapat memberikan peeling wajah yang lebih menyeluruh pada kulit, namun tetap memerhatikan risiko dan efek sampingnya.

2. Pengobatan jerawat yang parah

Untuk jerawat yang cenderung ringan, Anda bisa mengatasinya menggunakan produk-produk yang dijual bebas. Namun, pada kasus yang lebih berat, seperti peradangan pada jerawat yang tidak merespons produk biasa, Anda sangat dianjurkan untuk meminta bantuan dokter.Dokter dapat meresepkan kandungan yang bekerja lebih efektif, seperti antibiotik oral dan topikal, isotretinoin, atau obat-obat pengendali hormon pada jerawat hormonal.Baca JugaBegini Cara Memutihkan Wajah Pria yang Aman dan Efektif5 Cara Praktis Mengatasi Kulit Kering Saat PuasaSerum Vitamin C dan Manfaatnya untuk Wajah Bercahaya

Catatan dari SehatQ

Cara merawat wajah mendasar perlu Anda terapkan tiap hari dan tiap minggu. Sebelum bingung dengan seabrek produk perawatan muka yang banyak macamnya, Anda harus mengutamakan pembersih, pelembap, dan tabir surya terlebih dahulu.Apabila masalah di kulit tak kunjung hilang, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/alpha-hydroxy-acid
Diakses pada 22 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing
Diakses pada 22 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/routine-daily-monthly-weekly
Diakses pada 22 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-guide
Diakses pada 22 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/inflamed-acne
Diakses pada 22 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait