6 Tips Menghindari Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan


Orang yang berpuasa lebih cenderung berisiko mengalami dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya menyebabkan rasa haus saja, tapi juga dapat menyebabkan komplikasi berat jika tidak ditangani. Oleh karena itu, kita harus menghindari dehidrasi saat puasa dengan cara memperbanyak makan buah hingga batasi asupan garam.

(0)
Dehidrasi saat puasa dapat dihindari dengan cara-cara yang tepatOrang yang lebih rentan mengalami dehidrasi saat puasa
Sekitar 60 persen komposisi tubuh manusia adalah air. Fungsi air dalam tubuh sangat penting, yaitu sebagai zat pembawa, penyerap panas metabolisme tubuh, menjaga volume darah, dan membuang zat sisa metabolisme.Selama bulan suci Ramadhan, umat Muslim berpuasa dengan tidak makan dan minum dari waktu sahur sampai waktu berbuka. Tentunya umat Muslim yang sedang berpuasa lebih berisiko untuk mengalami dehidrasi selama bulan puasa ini. Semakin lama waktu berpuasa, semakin besar risiko untuk terjadi dehidrasi.

Tanda dehidrasi saat puasa dan komplikasinya

Tanda dehidrasi saat puasa dapat diawali dengan mulut yang terasa kering, pusing, dan rasa lemas. Jika dehidrasi berlanjut, jumlah produksi air seni berkurang dan warnanya menjadi lebih gelap.Tanda dehidrasi saat puasa ini kadang juga disertai sakit kepala. Rasa haus sering kali muncul belakangan, atau tidak muncul sama sekali pada orang yang lanjut usia. Jika terus berlangsung dan dibiarkan, gejala dehidrasi berat bisa terjadi, seperti:
  • Produksi keringat menurun
  • Mata tampak cekung
  • Kulit kering
  • Denyut nadi meningkat (berdebar-debar)
  • Demam
  • Kehilangan kesadaran.
Jika seseorang terlalu lama mengalami dehidrasi, maka komplikasi-komplikasi serius dari dehidrasi bisa terjadi. Komplikasi tersebut meliputi:
  • Tekanan darah rendah, di mana jumlah oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh juga menurun
  • Kejang akibat ketidakseimbangan elektrolit
  • Masalah ginjal, seperti infeksi saluran kencing, batu ginjal, sampai gagal ginjal
  • Sengatan panas (heatstroke).
[[artikel-terkait]]

Tips menghindari dehidrasi saat puasa

Berikut adalah tips menghindari dehidrasi saat puasa yang bisa Anda terapkan saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

1. Memenuhi kebutuhan cairan harian

Tetap penuhi kebutuhan cairan harian untuk mencegah dehidrasi saat puasa, yaitu dengan minum 8-12 gelas per hari atau 2 liter per hari. Kesempatan untuk minum selama berpuasa memang tidak sebanyak di hari-hari biasa. Anda dapat mengakalinya dengan membagi waktu minum dari waktu berbuka sampai sahur.

2. Menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi

Hindari minuman yang mengandung gula tinggi untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Minuman dengan kadar gula yang tinggi justru dapat menyebabkan rasa haus. Sebagai ganti sirup atau soft drink, mungkin Anda bisa mencoba berbuka dengan infused water yang dibuat menggunakan aneka buah sesuai selera.

3. Menghindari minuman berkafein

Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau cokelat. Minuman mengandung kafein bersifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran air kencing.Saat puasa, efek diuretik ini tidak dapat diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi.

4. Perbanyak makan sayur, buah, dan makanan berkuah

Mungkin sulit bagi Anda jika hanya bergantung pada air putih sebagai sumber cairan. Coba perbanyak konsumsi sayur dan buah karena secara alami mengandung banyak cairan.Sayur dan buah yang dimaksud meliputi semangka, timun, tomat, anggur, dan lain-lain. Makanan berkuah yang hangat, selain menjadi sumber cairan, juga dapat memberikan rasa nyaman pada perut.

5. Batasi asupan garam

Makanan yang tinggi garam bisa meningkatkan rasa haus, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan tersebut saat sahur untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

6. Hindari beraktivitas di luar ruangan saat siang hari

Selain lewat urine, cairan tubuh juga hilang melalui keringat. Saat berpuasa, ada baiknya Anda menghindari aktivitas di luar ruangan saat siang hari untuk mencegah hilangnya cairan berlebih melalui keringat.Jika Anda ingin berolahraga, lakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka dapat menjadi tips menghindari dehidrasi saat puasa.Itulah berbagai cara mencegah dehidrasi saat puasa yang bisa Anda lakukan. Semoga dengan menjalankannya dapat menjadikan puasa Anda semakin lancar dan khidmat.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips puasadehidrasi
Ibrahim NSI, Hardinsyah, Setiawan B. Hydration status and liver function of young men before and after Ramadan fasting. J. Gizi Pangan. 2018;13(1):33-38. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/view/17595/14281
Diakses pada Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/153363.php
Diakses pada Mei 2019
Ashour AA. Fasting and the risk of dehydration during Ramadan. https://www.hamad.qa/EN/your%20health/Ramadan%20Health/Health%20Information/Pages/Dehydration.aspx/
Diakses pada Mei 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait