Diet Rendah Karbohidrat, Banyak Ragamnya Pilih yang Sesuai “Misi” Anda

(0)
22 Jan 2020|Azelia Trifiana
Manfaat diet rendah karbohidrat adalah menurunkan berat badanSesuai namanya, diet rendah karbohidrat adalah membatasi jenis dan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi
Pertanyaan besar yang mungkin muncul di benak seseorang sebelum menjalani diet adalah apakah efektif menurunkan berat badan? Benarkah diet membuat tubuh lebih sehat? Salah satu yang cukup populer adalah diet rendah karbohidrat, dengan membatasi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan protein serta lemak.Diet rendah karbohidrat pun bisa diklasifikasikan ke lebih banyak jenis. Setiap jenis dietnya berbeda, bergantung pada seberapa banyak dan jenis karbohidrat apa yang dibatasi untuk dikonsumsi.

Manfaat diet rendah karbohidrat

Tentu orang tak akan bersusah payah menata komitmen menjalani diet jika tidak ada manfaat yang ditawarkan. Umumnya, manfaat diet rendah karbohidrat adalah menurunkan berat badan.Beberapa manfaat diet rendah karbohidrat adalah:

1. Mengurangi nafsu makan

Berbeda dengan diet lain yang mungkin membuat pelakunya sekuat tenaga menahan rasa lapar, diet rendah karbohidrat secara alami mengurangi nafsu makan. Menurut beberapa penelitian, orang yang membatasi konsumsi karbohidrat dan lebih banyak makan protein serta lemak justru mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Efektif turunkan berat badan

Jika Anda mencari diet yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, diet rendah karbohidrat bisa jadi pilihan efektif. Diet ini membuat tubuh membuang kelebihan cairan dan menurunkan level insulin sehingga dalam beberapa minggu awal saja, bisa terlihat penurunan berat badan.Meski demikian, ada kontroversi seputar diet rendah karbohidrat bahwa hal ini hanya berlangsung sementara. Untuk jangka panjang, belum tentu metode ini akan efektif.

3. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

Kolesterol baik atau HDL dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan HDL adalah dengan mengonsumsi lemak dan menjalani diet rendah karbohidrat. 

4. Menurunkan kadar gula darah

Diet rendah karbohidrat juga dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin. Artinya, diet ini sangat cocok dijalani mereka yang menderita diabetes. Dalam sebuah penelitian dengan responden penderita diabetes tipe 2, hampir 95% di antara mereka bisa meninggalkan pengobatan gula setelah 6 bulan diet rendah karbohidrat. Meski demikian, penderita diabetes perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani diet rendah karbohidrat. Perlu ada penyesuaian dosis obat diabetes untuk mencegah hipoglikemia.

5. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko terkena banyak penyakit seperti jantung, stroke, hingga gagal ginjal. Menjalani diet rendah karbohidrat adalah cara efektif untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas hidup.

Cara menjalani diet rendah karbohidrat

Sesuai namanya, diet rendah karbohidrat adalah membatasi jenis dan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Hal ini mencakup karbohidrat sederhana hingga yang kompleks sekalipun.Sama seperti diet tanpa nasi, diet rendah karbohidrat juga membatasi asupan karbohidrat sederhana yang telah diproses seperti gula, nasi putih, pasta, tepung, hingga minuman dengan soda atau pemanis buatan.Konsep utama diet rendah karbohidrat adalah menurunkan level insulin. Seperti yang kita tahu, apa yang dikonsumsi akan berpengaruh pada naiknya gula darah. Ketika gula darah naik, tubuh akan terstimulasi untuk memproduksi insulin.Saat insulin aktif, glukosa dapat masuk ke sel-sel tubuh. Glukosa ini digunakan sebagai energi, sementara kelebihannya disimpan untuk dikonversi menjadi lemak.Beberapa ketentuan diet rendah karbohidrat cukup bervariasi, namun yang umum dilakukan adalah mengatur berapa asupan karbohidrat setiap harinya. Berikut metode diet secara rinci:
  • 100-150 gram karbohidrat

Jumlah ini biasanya dilakukan orang yang ingin menjaga berat badan atau kerap melakukan olahraga berintensitas tinggi. Jenis makanan yang banyak dikonsumsi adalah buah-buahan atau sari pati seperti kentang.
  • 50-100 gram karbohidrat

Diet rendah karbohidrat dengan batasan 50-100 gram karbohidrat per harinya dilakukan orang yang ingin menurunkan berat badan secara perlahan. Makanan yang banyak dikonsumsi adalah sayur dan buah-buahan.
  • Kurang dari 50 gram

Tujuan dari diet rendah karbohidrat ini tentu untuk mengurangi berat badan dengan cepat. Konsumsi sayur lebih banyak, buah hanya dibatasi berupa berries untuk menurunkan indeks glikemik.Selain jenis diet rendah karbohidrat yang paling umum di atas, ada banyak lagi jenis diet rendah karbohidrat seperti:
  • Diet keto (mengurangi karbohidrat untuk mencapai kondisi ketosis)
  • Low-Carb, High-Fat (LCHF yaitu fokus pada makanan yang tidak diproses)
  • Diet paleo (konsumsi makanan tidak diproses seperti era Paleolithic sebelum revolusi industri)
  • Atkins Diet (4 fase diet yang kaya lemak dan protein)
  • Eco-Atkins (versi vegan dari Atkins Diet)
  • Zero-carb (sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat nabati, tidak direkomendasikan)
  • Mediterranean Diet (perbanyak konsumsi ikan dan EVOO)
Apabila Anda tertarik mencoba diet rendah karbohidrat, pilih yang sesuai dengan gaya hidup dan juga tujuan pribadi. Apa yang berhasil pada orang lain belum tentu berlaku sama bagi Anda, begitu pula sebaliknya. Tak lupa, konsultasikan dulu dengan pakarnya sebelum menentukan diet rendah karbohidrat apa yang akan dijalani.
tips dietdiet sehatmenurunkan berat badankarbohidrat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-popular-ways-to-do-low-carb#section9
Diakses 20 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/low-carb-diet/art-20045831
Diakses 20 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-low-carb-ketogenic-diets#section7
Diakses 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait