Doyan Sarapan Roti? Yuk Hitung Dulu Berapa Kalori Roti Tawar

(0)
22 Jan 2020|Azelia Trifiana
Kalori roti tawar putih lebih tinggi dibandingkan kalori roti gandum, apalagi jika ditambah dengan selaiPilih paduan selai untuk roti tawar yang tidak mengandung gula terlalu tinggi
Tidak sedikit orang yang memulai hari mereka dengan makan roti tawar. Bergantung pada jenisnya, kalori roti tawar bisa berbeda-beda satu dan lainnya. Bagi orang yang menjalani diet rendah karbohidrat, tentu roti tawar termasuk salah satu yang dilarang. Jenis roti tawar yang paling umum seperti roti tawar kupas berwarna putih mengandung 133 kalori, lebih banyak ketimbang roti yang terbuat dari gandum. Siapa pun yang sedang menjalani diet sebaiknya cari tahu lebih dulu berapa kalori roti tawar sebelum mengonsumsinya.

Kalori roti tawar

Berdasarkan jenisnya, kalori roti tawar berbeda-beda. Berikut ini perkiraan jumlah kalori setiap sajian 2 lembar roti:
  • Roti putih: 133 kalori
  • Roti gandum utuh: 82 kalori
  • Roti gandum: 91 kalori
  • Roti multigrain: 131 kalori
  • Roti tepung rye: 166 kalori
  • Roti sourdough: 137 kalori
Di atas adalah perkiraan beberapa jenis roti tawar dengan kalori berbeda-beda. Meski demikian, angka tersebut belum mutlak. Berbeda merek, berbeda proses pembuatan, bisa berbeda pula kalori yang terkandung di dalamnya.Salah satu cara cermat mengonsumsi roti tanpa perlu khawatir tentang kandungan kalorinya adalah dengan memilih roti dengan gandum utuh. Mengonsumsi gandum utuh memenuhi kebutuhan 13,8 gram karbohidrat. Sementara roti tawar putih mengandung 15 gram karbohidrat.Cara penyajian juga berpengaruh dengan berapa jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Umumnya, orang jarangan mengonsumsi roti hanya dalam bentuk lembaran polos saja. Beberapa hal yang bisa berpengaruh terhadap kalori roti tawar adalah:
  • Bahan roti yang digunakan
  • Selai
  • Tambahan protein
  • Tambahan karbohidrat
  • Proses penyajian (dipanggang, digoreng, atau dimakan langsung)

Konsumsi roti tergantung kebutuhan

Membahas lebih dalam tentang kalori roti tawar bukan berarti menempatkan roti sebagai makanan yang dilarang untuk dimakan orang yang menjalani diet. Setiap orang tentu punya tujuan berbeda terkait nutrisi yang masuk ke tubuh mereka.Contohnya, ada yang mengurangi asupan gula namun mengincar kecukupan kebutuhan serat harian. Sementara di sisi lain, ada juga orang yang makan roti dan menambahkan protein karena mengincar nutrisi dari protein tertentu.Untuk tahu roti apa yang tepat dikonsumsi, lihat apa saja kandungan nutrisi roti yang akan dimakan. Biasanya, jumlah kalori atau kandungan nutrisi dalam roti adalah penghitungan 2 lembar roti karena roti lebih umum dikonsumsi 2 sekaligus.Sekarang juga ada banyak sekali alternatif roti yang tetap rendah kalori sekaligus menyehatkan. Artinya, tidak ada larangan bagi siapapun yang ingin mengonsumsi roti tawar meski sedang menjalani diet.Namun ingat, konsumsilah roti tawar sewajarnya. Bijak memilih perpaduannya seperti mengganti selai yang mengandung kadar gula tinggi dengan buah. Jadikan roti tawar sebagai menu yang sehat dengan memilih perpaduan yang bernutrisi.Tak lupa, saatnya menghapus mindset bahwa roti tawar hanya sekadar camilan sebelum makan “berat”. Meski dianggap camilan, mengonsumsi roti tawar artinya memasukkan ratusan kalori – juga karbohidrat dan lemak – ke tubuh Anda.
makanan sehatkarbohidratsarapan sehatsarapan
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/bread-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4114942
Diakses 20 Januari 2020
Fat Secret. https://www.fatsecret.com/calories-nutrition/food/bread
Diakses 20 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-bread-bad-for-you
Diakses 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait