Fungsi Tulang Rahang Bawah di Tubuh Manusia

(0)
08 Jan 2020|Anita Djie
Fungsi tulang rahang bawahFungsi tulang rahang bawah penting untuk mengunyah
Saat sedang mengunyah atau berbicara, Anda akan menyadari pergerakan yang terjadi di tulang rahang bawah Anda. Tentunya Anda merasa bahwa fungsi tulang rahang bawah adalah membantu Anda dalam proses mengunyah dan berbicara.Faktanya, masih ada fungsi tulang rahang bawah lainnya yang mungkin belum Anda sadari atau ketahui.

Apa saja fungsi tulang rahang bawah?

Tulang rahang bawah atau mandibula adalah tulang bagian bawah tenggorokan selalu Anda sadari saat sedang mengunyah. Tulang rahang bawah berbentuk simetris dan terlihat seperti tapal kuda.Secara garis besar terdapat empat macam otot yang menghubungkan dan membantu tulang rahang bawah agar bisa bergerak. Otot-otot ini bekerja sama dengan satu sama lainnya untuk membantu tulang rahang bawah bergerak ke atas dan kebawah, serta ke kiri dan ke kanan.Uniknya, tulang rahang bawah tidak dihubungkan dengan tulang apapun ke tengkorak dan merupakan satu-satunya tulang di tengkorak yang dapat bergerak. Namun, apa saja fungsi tulang rahang bawah?
  • Membentuk mulut

Bersama dengan tulang rahang atas atau maksila, fungsi tulang rahang bawah adalah membentuk struktur mulut.
  • Membantu proses mengunyah

Pergerakan tulang rahang bawah yang ke atas dan ke bawah membantu Anda untuk bisa mengunyah makanan dengan baik.
  • Tempat melekatnya gigi bagian bawah

Fungsi tulang rahang bawah lainnya adalah menjadi tempat melekat dan perlindungan untuk gigi bagian bawah.
  • Melindungi saraf dan otot

Selain membentuk struktur mulut, fungsi tulang rahang bawah bersama dengan tulang rahang atas adalah untuk melindungi saraf-saraf dan otot-otot penting di sekitar mulut dan tengkorak.

Gangguan pada fungsi tulang rahang bawah

Masalah bisa menyerang dan mengganggu fungsi tulang rahang bawah Anda. Umunya, gangguan yang dialami pada bagian tulang rahang bawah adalah keretakan atau dislokasi pada tulang rahang bawah akibat jatuh atau kecelakaan.Dislokasi tulang rahang bawah bisa terjadi akibat tulang rahang bawah yang terdorong ke belakang. Akibatnya,tulang rahang bawah tidak dapat menutup atau bahkan mengalami pergeseran posisi.Anda juga bisa mengalami trauma berupa hantaman benda keras pada tulang rahang bawah yang berpotensi merusak gigi dan bagian kepala atau leher lainnya.Infeksi atau penyakit dapat melanda tulang rahang bawah, seperti tendinitis, infeksi di gigi, gangguan sendi rahang, dan sebagainya. Infeksi tersebut dapat memicu pembengkakan dan rasa sakit pada bagian tulang rahang bawah yang dekat dengan tulang pipi.Salah satu kondisi yang jarang terjadi berupa osteomielitis bisa menghalangi fungsi tulang rahang bawah. Kondisi ini merujuk pada infeksi pada tulang yang dapat menghancurkan tulang rahang bawah dan tidak bisa disembuhkan seperti semula.Terkadang, penderita osteomielitis dapat mengalami pertumbuhan kista di dekat gigi geraham yang juga turut dapat menghancurkan tulang rahang bawah.

Bagaimana penanganan masalah pada tulang rahang bawah?

Masalah yang dapat menghambat fungsi tulang rahang bawah perlu segera diatasi. Penangananya tergantung dari kondisi yang dialami oleh tulang rahang bawah.Pada keretakan tulang rahang bawah yang parah, penderita perlu dipasangkan kawat atau penyokong di sekitar gigi untuk menahan tulang rahang bawah hingga sembuh total.Beberapa kondisi yang mengganggu fungsi tulang rahang bawah, seperti pergeseran posisi tulang rahang bawah, gangguan sendi rahang, dan sebagainya memerlukan operasi. Salah satu operasi yang dilakukan adalah memotong dan membentuk ulang tulang rahang bawah.Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, Anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab dari keluhan pada tulang rahang bawah Anda.
hidup sehatnyeri rahangpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/mandible#1
Diakses pada 8 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-mandible-anatomy-function-and-treatment-4768227
Diakses pada 8 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait