Hamil 16 Minggu: Perkembangan Janin dan Perubahan pada Ibu


Hamil 16 minggu mungkin mulai merasakan hilangnya gejala kehamilan awal dan muncul gerakan pertama janin. Namun, fase kehamilan ini juga membuat ibu rentan mengalami sakit kepala dan gusi bengkak.

(0)
08 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hamil 16 minggu ditandai dengan berkurangnya gejala kehamilan dan perkembangan pesat pada janinHamil 16 minggu bisa ditandai dengan perut yang semakin menonjol
Hamil 16 minggu adalah kehamilan trimester kedua. Biasanya, tonjolan perut sudah mulai terlihat jelas. Dalam periode ini, janin rata-rata sudah memiliki panjang sekitar 12,4 cm jika diukur dari kepala hingga bokongnya, 18 cm jika diukur dari kepala hingga ujung tumit kaki, dan memiliki berat sekitar 144 gram.Pada proses kehamilan ini, ibu juga masih akan merasakan gejala seperti masa awal kehamilan, namun biasanya sudah mulai mulai berkurang. Gejala kehamilan yang terjadi sudah mulai berubah akibat kadar hormon yang berubah. Ibu akan mulai merasakan hal-hal yang saat trimester pertama kehamilan, tidak terjadi.

Perkembangan janin 16 minggu

Saat hamil 16 minggu, panjang janin adalah 12 cm
Memasuki minggu ke-16 kehidupannya, janin sudah mulai berkembang pesat. Ukuran janin pun diibaratkan sebesar buah alpukat dan panjangnya adalah 12 cm. Meski ukurannya masih mungil, jantung buah hati Anda mulai berdetak lebih kuat. Indra pengecap bayi juga mulai berkembang.Dengan mulai berfungsinya indra perasa, perkembangan janin 16 minggu bayi di dalam kandungan sudah bisa mengecap rasa cairan ketuban yang masuk ke dalam mulutnya. Rasa pada air ketuban akan serupa dengan jenis makanan yang Anda konsumsi. Bayi pun mulai mengenali jenis-jenis rasa seiring semakin banyaknya variasi makanan yang dikonsumsi.Kepala dan tubuh bayi mulai mengalami perkembangan. Posisi kepalanya mulai tegak segaris dengan badan. Tengkorak, tulang rangka, dan otot-otot janin juga terus tumbuh. Pada minggu ini kemungkinan besar mata bayi di bawah kelopak mulai bergerak.Saat mulai bisa menggerakkan matanya, bayi akan mulai menyentuh kelopak matanya. Wajah Si Kecil pun juga mulai tumbuh bulu mata serta alis.Selain itu, tangan janin usia 16 minggu juga sudah bisa mulai mengepal,dan mungkin akan mulai sering melakukan gerakan meninju.Kemampuan mendengarnya masih dalam tahap perkembangan. Namun, pada usia hamil 16 minggu ini, bayi dalam kandungan dapat mulai mendengar suara-suara walaupun masih sangat terbatas. Di sisi lain, rambut-rambut halus mulai tumbuh di alis, bibir atas, dan dagunya.Janin pada usia kehamilan 14-19 minggu biasanya sangat aktif karena masih terdapat banyak ruang baginya untuk bergerak. Kemungkinan besar Anda juga akan mulai merasakan gerakannya pada masa ini. 

Perubahan kondisi ibu hamil 16 minggu

Ibu hamil 16 minggu kerap diikuti dengan keluhan pusing
Tentu, saat fase ini, ada perubahan fisik yang akan dialami. Namun, hamil 16 minggu apa yang dirasakan?Seiring tumbuh kembang pada bayi di dalam kandungan, maka tubuh ibu juga akan dapat merasakan beberapa perubahan yang khas.Karena tekanan pada kandung kemih, Anda mungkin akan merasa semakin sulit menahan keinginan buang air kecil. Sebaliknya, konstipasi atau sulit buang air besar juga termasuk masalah yang umum dihadapi.Perubahan lain yang dapat terjadi saat usia kandungan memasuki masa kehamilan 16 minggu, di antaranya:
  • Gusi mengalami bengkak dan berdarah
  • Terasa nyeri di sisi perut dikarenakan rahim Anda yang kian membesar
  • Sakit punggung
  • Sakit kepala dan pusing
  • Muncul chloasma (melasma), yakni bercak coklat atau kulit gelap yang muncul di wajah
  • Mata kering, gatal, dan lebih sensitif
  • Kulit lebih berminyak dan jerawatan, tetapi sebagian ibu hamil bisa jadi wajahnya tampak lebih berkilau
  • Rambut menjadi lebih tebal dan lebih berkilau.
  • Merasakan hawa panas dari dalam tubuh
  • Gairah seks meningkat karena hormon kehamilan yang memengaruhi libido.
Selain itu, keluhan hamil 16 minggu dapat Anda temukan berupa:Bahkan, saat memasuki kehamilan 16 minggu, ada gangguan kesehatan yang dialami, seperti:Selain gejala tersebut, sebagian ibu hamil juga mungkin masih merasakan gejala-gejala yang lebih dahulu muncul pada minggu-minggu sebelumnya. Misalnya seperti mual, penciuman yang sensitif, moody, ngidam, keluar cairan berwarna putih susu atau bercak ringan.

Makanan untuk ibu hamil 16 minggu

Bayam adalah salah satu makanan untuk ibu hamil 16 minggu yang kaya zat besi
Makanan untuk ibu hamil 16 minggu tentu berguna untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Inilah daftar makanan yang diperlukan:
  • Makanan kaya zat besi, berupa sayuran hijau maupun daging merah.
  • Makanan berserat, seperti buah-buahan.
  • Makanan tinggi kalsium, seperti yogurt dan brokoli.
  • Makanan dengan zinc, seperti kambing, jamur, dan kacang-kacangan.
  • Makanan yang mengandung vitamin C, seperti tomat dan brokoli.
  • Makanan dengan asam folat, seperti sayuran hijau. Pemberian asam folat pun terbukti mengurangi risiko cacat tabung saraf, hal ini pun dipaparkan pada riset dari Reviews in Obstetrics & Gynecology.

Waspadai hal-hal berikut saat hamil 16 minggu

Ibu obesitas membuat detak jantung janin sulit terdeteksi
Apabila di usia kehamilan 16 minggu Anda belum merasakan gerakan si buah hati, tidak perlu khawatir karena tidak jarang gerakan bayi baru terasa beberapa minggu kemudian. Namun, Anda perlu memastikan alasan di balik hamil 16 minggu detak jantung belum terdengar. Umumnya, detak jantung janin tidak terdeteksi karena:
  • Ibu obesitas, disebabkan lapisan lemak menghalangi USG
  • Posisi rahim yang tidak lazim, sebab pengecekan umumnya dari perut yang sekiranya tepat dengan posisi rahim.
  • Posisi janin kerap berubah, hal ini menyulitkan USG mendeteksi letak jantungnya.
Anda harus waspada jika sampai terjadi pendarahan vagina. Segera kunjungi instalasi gawat darurat di pusat layanan kesehatan terdekat.Demikian juga jika Anda mengalami mual atau muntah yang membuat asupan nutrisi Anda terganggu atau muncul gejala dehidrasiSelain itu, hal lain yang patut diwaspadai, di antaranya adalah keluar cairan vagina, pingsan, tekanan darah rendah, sakit bahu, tekanan pada rektum, serta nyeri atau kram panggul yang tak tertahankan.

Catatan dari SehatQ

Hamil 16 minggu tentu sudah menunjukkan perbedaan signifikan pada tumbuh kembang janin dan perubahan fisik ibu. Meski adanya perkembangan pesat, Anda tetap harus waspada agar terhindar dari segala risiko yang mungkin terjadi pada Anda dan janin.Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait kehamilan 16 minggu, segera kunjungi dokter kandungan terdekat ataupun konsultasi dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ,Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilanperkembangan janinhamilkehamilanmasalah kehamilanmakanan untuk hamil
Very Well Family
https://www.verywellfamily.com/16-weeks-pregnant-4158998
Diakses 25 Agustus 2020
The Bump
https://www.thebump.com/pregnancy-week-by-week/16-weeks-pregnant
Diakses 25 Agustus 2020
NHS UK
https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/2nd-trimester/week-16/#anchor-tabs
Diakses 25 Agustus 2020
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/301481#:~:text=During%20its%2016th%20week%20of,series%20of%20articles%20on%20pregnancy
Diakses 25 Agustus 2020
Reviews in Obstetrics & Gynecology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3218540/
Diakses pada 20 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait