Hamil 32 Minggu Ibu dan Bayi Banyak Mengalami Perubahan, Apa Saja?

0,0
ibu hamil 32 minggu meliihat hasil scan USGBukan hanya bayi yang semakin besar, ibu hamil 32 minggu juga terus mengalami kenaikan berat badan.
Memasuki kehamilan trimester ketiga, ibu dan bayi akan banyak mengalami perubahan. Ibu hamil 32 minggu akan mulai mengalami sesak napas karena volume darah dan ukuran rahimnya sudah sangat membesar. Sementara itu, fungsi setiap bagian tubuh janin di usia kehamilan 8 bulan juga sudah semakin sempurna. 

Keluhan hamil 32 minggu

Berbeda dengan usia kehamilan di awal trimester, usia hamil 32 minggu mungkin akan terasa lebih berat dan menegangkan untuk Anda. Beberapa keluhan yang mungkin akan ibu hamil rasakan di usia kehamilan 32 minggu adalah:

1. Keram kaki

Umumnya, para ibu hamil yang telah memasuki trimester akhir kehamilan akan sering merasakan kejang atau kram yang menyakitkan di area kaki, terutama saat malam hari.Penyebab dari keluhan ini belum diketahui secara pasti. Namun jika Anda sering mengalaminya, Anda perlu memastikan cukup asupan kalsium dan magnesium pada menu makanan Anda setiap harinya. 

2. Sembelit

Memasuki usia kehamilan 32 minggu, rahim Anda akan semakin membesar. Rahim yang sedang tumbuh bisa membuat usus tertekan dan kram sehingga sistem kerja usus Anda menjadi lambat dan tidak teratur. Hal inilah yang bisa menyebabkan sulit buang air besar.Sebagai cara mengatasinya, pastikan kebutuhan air setiap harinya  terpenuhi dan tetap olahraga teratur. 

3. Pusing hingga pingsan

Kerap merasa pusing di usia 32 minggu kehamilan bisa disebabkan karena berbagai hal, termasuk kadar gula darah yang rendah.Jika ini menjadi keluhan yang kerap menghampiri Anda, pastikan untuk selalu menyediakan cemilan kaya protein dan karbohidrat yang bisa menjadi pilihan bagus untuk mencegah pusing saat hamil.

4. Payudara rembes (kolostrum)

Di usia kehamilan trimester ketiga, payudara Anda semakin membesar dan mungkin juga mulai mengeluarkan cairan berwarna kekuningan yang disebut kolostrum ASI.Jika kebocoran semakin banyak dan membuat tidak nyaman, Anda bisa kenakan bantalan menyusui yang diselipkan pada bra.

5. Kulit terasa gatal

Keluhan hamil 32 minggu yang paling sering dirasakan para ibu adalah perut yang terasa gatal. Ini karena, seiring usia kehamilan makin tua perut akan semakin membesar dan kulit ikut meregang serta mengering. Hal ini bisa menyebabkan rasa gatal.Perut gatal saat hamil biasanya akan menghilang pasca melahirkan. Untuk mengatasinya, cobalah gunakan minyak atau calamine atau jenis losion anti gatal untuk ibu hamil. 

6. Sesak nafas

Semakin besar usia kehamilan, volume darah yang dihasilkan dalam tubuh akan meningkat 40 hingga 50 persen sejak Anda hamil. Begitu pula dengan ukuran rahim Anda yang semakin membesar dan mendorong diafragma. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan Anda kerap merasa sesak napas.

7. Nyeri pinggang

Ibu hamil mungkin akan sering mengalami nyeri pinggang saat memasuki kehamilan 32 minggu. Namun, jika nyeri punggung bawah Anda tidak juga mereda seiring semakin tua usia kandungan Anda, periksakan diri ke dokter. Apalagi jika Anda belum pernah mengalami sakit punggung sebelumnya.Mungkin, nyeri punggung itu merupakan salah satu tanda kelahiran prematur.

Perkembangan bayi usia kehamilan 32 minggu

Dikutip dari Layanan Pusat Kesehatan (NHS) UK, di usia kandungan 32 minggu, janin Anda akan memiliki panjang sekitar 42,4 cm dari kepala hingga tumit, dan beratnya akan mencapai sekitar 1,7 kg. Perkembangan lainnya yang terjadi pada bayi saat memasuki usia hamil 32 minggu adalah:

Organ bayi sudah terbentuk sempurna

Di usia 32 minggu, semua organ tubuh bayi sudah terbentuk dengan sempurna kecuali paru-parunya. Si Kecil sudah "latihan" bernapas di dalam rahim, tetapi tidak terjadi pertukaran udara yang sebenarnya di dalam paru-paru sampai mereka meninggalkan rahim.Selain itu, kini kulitnya sudah berkembang dengan sempurna dan tidak lagi tipis atau transparan.

Mata bayi sudah dapat mendeteksi cahaya

Di usia ini, mata janin sudah bisa terbuka untuk melihat terang dan gelap akibat cahaya dari luar rahim. Kemampuan mata janin di usia ini akan terus berkembang hingga ia lahir.

Berat badan bertambah

Janin akan semakin besar dan berat badannya terus bertambah menuju hari kelahiran. Bayi juga akan mulai memproduksi lemak coklat yang dibutuhkan untuk menjaganya tetap hangat setelah keluar dari rahim.Di usia kandungan 32 minggu, tubuh si Kecil akan mengalami peningkatan produksi protein dan enzim yang diperlukan untuk menghasilkan panas tubuh.Berat badannya kemudian akan bertambah sepertiga hingga setengah dari berat lahirnya pada tujuh minggu pertama kehidupannya.

Rambut dan kuku sudah sempurna

Selain kulitnya yang telah sempurna. Di usia kandungan 32 minggu, kuku bayi  telah tumbuh dan lengkap. Seluruh tubuhnya juga sudah mulai ditumbuhi rambut atau bulu halus.

Perubahan pada ibu hamil 32 minggu

Bukan hanya bayi yang semakin besar, tapi ibu hamil 32 minggu juga terus mengalami kenaikan berat badan.Adapun kenaikan berat badan di awal kehamilan yang disarankan untuk wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) normal atau setara 18,5 – 24,9 adalah 12 hingga 18 kilogram. Berdasarkan rekomendasi kenaikan berat badan tersebut, pada usia 32 minggu, berat badan Anda seharusnya sudah bertambah sekitar 12 kilogram dari awal kehamilan hingga sekarang. Di trimester ini, ibu hamil juga akan kerap mengalami mulas. Ini bukan hanya karena hormon kehamilan Anda semakin memperlambat pencernaan dan memudahkan asam lambung untuk naik.Hamil 32 minggu perut sering mengeras dan mulas juga diakibatkan oleh ukuran rahim yang semakin besar dan menekan rongga perut. Ini akan menjadi salah satu keluhan ibu hamil yang mungkin paling sering di rasakan di bulan ke-8.Selain itu, Anda mungkin akan mengalami keluar flek coklat saat hamil 32 minggu, walaupun hal ini jarang terjadi. Keluarnya flek coklat saat hamil tua dapat menjadi pertanda bahwa waktu persalinan sudah semakin dekat. Umumnya, kondisi ini terjadi beberapa hari sebelum persalinan, saat usia kehamilan memasuki 36-40 minggu.Ketika tubuh sudah siap menghadapi persalinan, leher rahim akan melunak dan melepaskan sumbatan lendir yang melindungi rahim dari bakteri. Lendir ini umumnya berwarna coklat, merah muda, atau bahkan berwarna sedikit kehijauan.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat hamil 32 minggu

Saat hamil 32 minggu, tidurlah dalam posisi miring. Penelitian menunjukkan bahwa tidur telentang dapat meningkatkan risiko bayi lahir mati. Selain itu, mulailah untuk melatih pernapasan Anda. Pernapasan yang teratur akan membuat Anda lebih rileks sehingga akan membantu persalinan berjalan lebih baik. Selama kehamilan, tetap makan makanan sehat, olahraga cukup, dan mengonsumsi vitamin prenatal bila perlu.Anda juga sudah harus mempersiapkan segala hal untuk persalinan, mulai dari mendaftarkan jadwal persalinan hingga melengkapi kebutuhan lain yang diperlukan bayi saat sudah lahir nanti.Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter terkait usia hamil 32 minggu, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilanpersiapan kelahiranhamilkehamilanmasalah kehamilanibu hamil
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-32.aspx Diakses pada 22 Januari 2021Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/32-weeks-pregnant Diakses pada 22 Januari 2021NHS. https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/3rd-trimester/week-32/ Diakses pada 22 Januari 2021Tommys. https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/pregnancy-week-by-week/32-weeks-pregnant-whats-happening Diakses pada 22 Januari 2021Raising Children's. https://raisingchildren.net.au/pregnancy/week-by-week/third-trimester/32-weeks Diakses pada 22 Januari 2021Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/32-weeks-pregnant-4159205 Diakses pada 22 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait