Mengenal Fungsi Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah

(0)
20 Jan 2020|Azelia Trifiana
Fungsi hyaluronic acid untuk kulitSekarang ini banyak dijual serum wajah yang mengandung hyaluronic acid
Hyaluronic acid adalah substansi kental dan bening yang diproduksi tubuh secara alami. Biasanya HA ditemukan pada lapisan bening mata dan jaringan ikat kulit. Meski demikian, hyaluronic acid juga termasuk kandungan produk perawatan kulit yang kaya manfaat. Fungsi utamanya adalah menjaga kelembapan jaringan kulit.

Manfaat hyaluronic acid

Hyaluronic acid mudah ditemukan pada beberapa produk perawatan kulit seperti serum. Beberapa manfaat hyaluronic acid adalah:
Hyaluronic acid dapat meningkatkan kelembapan kulit
Hyaluronic acid dapat meringankan kondisi kulit kering pada wajah

1. Menyehatkan kulit

Meskipun tubuh dapat memproduksi hyaluronic acid dengan sendirinya, namun penuaan dan paparan radiasi dari matahari dan polusi udara bisa mengurangi kadar hyaluronic acid pada kulit.Mengonsumsi 120-240 mg hyaluronic acid setiap hari selama satu bulan dapat meningkatkan kelembapan kulit dan meringankan kondisi kulit kering pada orang dewasa. Tak hanya itu, kulit yang terhidrasi dengan baik juga dapat mengurangi munculnya kerutan dan kemerahan pada kulit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Hyaluronic acid adalah substansi yang bisa mempercepat penyembuhan luka dengan mengendalikan peradangan. Tak hanya itu, hyaluronic acid juga memberi sinyal bagi tubuh untuk melancarkan aliran darah di area luka.Mengaplikasikan hyaluronic acid pada luka dapat mengurangi area yang mengalami luka dan mengurangi rasa nyeri. Dengan demikian, proses penyembuhan bisa jadi lebih cepat.

3. Menjaga kelembapan kulit

Sangat penting menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi. Itu sebabnya, kandungan dalam produk skin care yang menghidrasi seperti hyaluronic acid, glycerin, urea, sorbitol, dan banyak lagi bisa membantu menjaga agar kulit tetap lembap.Satu gram hyaluronic acid saja bisa menahan hingga 6 liter air. Bahkan, hyaluronic acid atau HA bisa meregulasi kelembapan dalam sel-sel kulit sesuai dengan kebutuhan setiap orang.

4. Antioksidan

Beberapa penelitian terbaru menyebutkan bahwa hyaluronic acid adalah zat antioksidan. Artinya, HA dapat membantu kulit menangkal paparan zat radikal bebas dari polusi udara.

5. Melawan penuaan dini

Menurut ahli, hyaluronic acid juga memiliki manfaat yang signifikan dalam mengurangi kerutan (hingga 40%), hidrasi kulit (hingga 96%), kekencangan dan elastisitas kulit meningkat secara signifikan (hingga 55%) pada delapan minggu.

6. Menyamarkan bekas jerawat

Menurut ahli, penggunaan hyaluronic acid yang teratur juga dapat menyamarkan bekas-bekas jerawat dan bintik hitam pada wajah.

Adakah efek samping hyaluronic acid?

hyaluronic adalah bahan skincare yang cocok digunakan oleh setiap jenis kulit
Hyaluronic acid tidak memiliki efek samping dan cocok digunakan oleh semua jenis kulit
Meskipun ada kata “acid” dalam hyaluronic acid, namun bukan berarti substansi ini bersifat asam terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Namun kabar baiknya, sebenarnya tidak ada efek samping dari penggunaan hyaluronic acid.Kandungan HA tidak menyebabkan iritasi, jerawat, rosacea, atau reaksi alergi pada kulit. Apabila ada efek samping, bisa jadi karena ada kandungan lain yang berinteraksi dengan hyaluronic acid. Konsultasikan pada dokter kulit apabila Anda mengalami hal tersebut.Itulah mengapa hyaluronic acid adalah kandungan yang direkomendasikan untuk semua orang meski jenis kulit mereka berbeda sekalipun. Mulai dari yang berminyak, rentan berjerawat, hingga yang kering bisa mencoba hyaluronic acid dalam skincare mereka.

Penting untuk tahu sebelum membeli produknya

Meskipun kecil kemungkinan seseorang mengalami reaksi alergi akibat menggunakan hyaluronic acid, namun ada baiknya berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakannya. Terutama, bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan tertentu atau memiliki penyakit kronis.Berbeda dengan kandungan dalam skincare lain seperti retinol, alpha hydroxy acids, atau exfoliators lainnya, hyaluronic acid adalah salah satu yang aman meski digunakan bersamaan dengan produk lain.Contohnya apabila Anda menggunakan retinol atau produk eksfoliasi lainnya, hyaluronic acid adalah substansi yang bisa membantu mengembalikan kadar hidrasi kulit. Bahkan, hyaluronic acid masih ringan sehingga retinol tetap bisa terserap kulit.Ada banyak produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid di luar sana. Cobalah mana yang cocok dengan kulit Anda. Intinya, hyaluronic acid adalah sahabat kulit agar tetap terhidrasi, jadi jangan dilewatkan.
kulit sehatperawatan kulitkulit keringperawatan wajah
Allure. https://www.allure.com/story/what-is-hyaluronic-acid-skin-care
Diakses 7 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hyaluronic-acid-benefits#section8
Diakses 7 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326385.php#summary
Diakses 7 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3970829/Diakses 14 Juli 2020SAP. http://article.sapub.org/10.5923.j.ajdv.20170602.01.htmlDiakses 14 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait