Mengenal Hyperthymesia dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental


Hyperthymesia adalah kondisi yang membuat seseorang mempunyai kemampuan mengingat luar biasa. Penderitanya mungkin akan tersiksa karena tak bisa melupakan pengalaman buruknya di masa lalu.

0,0
Hyperthymesia adalah kondisi yang membuat seseorang mempunyai kemampuan mengingat luar biasaHyperthymesia membuat seseorang punya ingatan luar biasa
Seiring pertambahan  usia, kebanyakan orang biasanya akan lupa dengan pengalaman yang pernah terjadi di masa lalu. Umumnya, orang-orang hanya mengingat kejadian penting dalam hidup mereka, misalnya pernikahan dengan pasangan, proses persalinan anak, hingga meninggalnya anggota keluarga.
Namun, hal tersebut ternyata tidak berlaku untuk penderita hyperthymesia. Penderita kondisi ini mempunyai  ingatan yang sangat tajam, di mana mereka dapat mengingat dengan jelas semua kejadian dalam hidupnya secara detail.

Apa itu hyperthymesia?

Highly superior autobiographical memory atau hyperthymesia adalah sebuah kondisi sangat langka, yang membuat penderitanya mempunyai kemampuan “super” dalam hal mengingat. Mereka dapat mengingat setiap detail peristiwa yang terjadi dalam hidupnya secara akurat.Meski begitu, dalam sebuah studi berjudul “Highly Superior Autobiographical Memory: Quality and Quantity of Retention Over Time”, peneliti menyebut kemampuan mengingat yang dimiliki terbatas pada pengalaman mereka sendiri. Dengan kata lain, penderita hyperthymesia hanya dapat mengingat informasi tentang diri mereka sendiri di masa lalu, bukan milik orang lain.

Penyebab seseorang mengalami hyperthymesia

Hingga saat ini, penyebab seseorang mengalami hyperthymesia belum diketahui secara pasti. Namun, ada sejumlah faktor yang dipercaya peneliti ikut berkontribusi dalam berkembangnya kondisi ini.Berikut ini sejumlah faktor penyebab hyperthymesia:
  • Biologis

Hyperthymesia bisa muncul dalam diri seseorang karena faktor biologis. Dalam sebuah studi berjudul “A case of hyperthymesia: Rethinking the role of the amygdala in autobiographical memory”, disebutkan bahwa aktivitas beberapa bagian otak dari orang dengan kondisi ini beraktivitas secara hiperaktif, salah satunya amigdala. Amigdala sendiri merupakan bagian otak yang terkait dengan emosi dan memori.
  • Genetik

Sejumlah ahli meyakini bahwa genetik adalah salah satu faktor yang dapat berkontribusi dalam berkembangnya hyperthymesia. Dengan begitu, Anda mungkin akan mempunyai kemampuan mengingat ini jika ada anggota keluarga kandung yang memiliki kondisi serupa.
  • Psikologis

Beberapa peneliti percaya bahwa psikologis merupakan salah satu faktor yang ikut bermain dalam hyperthymesia. Teori menyiratkan bahwa orang dengan kondisi ini seringkali berpikir mengenai pengalaman mereka sebelumnya secara obsesif. Tindakan tersebut diketahui bisa membantu memperkuat kemampuannya dalam mengingat.

Perlukah hyperthymesia mendapatkan penanganan?

Bagi beberapa orang, menderita hyperthymesia mungkin merupakan anugerah karena mereka dapat mengingat semua kejadian dalam hidupnya secara detail. Namun, tak sedikit juga orang yang merasa tersiksa dengan kemampuan ini.Meski tidak mengganggu fungsi fisik tubuh, beberapa penderitanya mungkin akan mengalami kelelahan mental karena kondisi ini. Sebagai contoh, Anda sebelumnya pernah gagal menikah padahal persiapannya sudah mencapai 90 persen. Dengan kemampuan ini, kejadian tersebut akan terus membekas di kepala dan tidak bisa dilupakan.Jika Anda mengalami kelelahan mental karena menderita hyperthymesia, segera berkonsultasi dengan profesional. Nantinya, Anda akan diajarkan metode koping untuk mengatasi masalah dan cara terbaik lainnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips meningkatkan kemampuan mengingat otak

Jika Anda bukan merupakan penderita hyperthymesia tapi ingin memiliki kemampuan mengingat yang baik, beberapa tindakan bisa dilakukan. Berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan memori otak:
  • Beristirahat dengan cukup

Beristirahat dengan cukup setiap harinya sangatlah penting untuk menjaga kemampuan memori otak. Saat Anda tidak beristirahat dengan cukup, kemampuan dalam mengingat juga akan ikut terpengaruh.
  • Aktif bergerak

Aktif bergerak dapat meningkatkan daya ingat Anda. Bahkan, bagian otak yang terlibat dalam memori bisa meningkat ketika rutin melakukan latihan intensitas sedang. Salah satu jenis latihan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan otak dalam mengingat adalah jalan cepat, setidaknya 2,5 jam setiap minggunya.
  • Rutin melakukan latihan otak

Rutin melakukan latihan otak dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat. Beberapa aktivitas yang bisa Anda coba mulai dari membaca, mengerjakan teka-teki silang, bermain kartu, menghafal lagu, hingga belajar bahasa asing.

Catatan dari SehatQ

Hyperthymesia adalah kondisi yang membuat seseorang mempunyai kemampuan mengingat luar biasa. Meskipun tidak berpengaruh terhadap kondisi fisik penderitanya, beberapa orang mungkin akan tersiksa karena tak bisa melupakan pengalaman buruknya di masa lalu.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan otak
Healthline. https://www.healthline.com/health/hyperthymesia
Diakses pada 11 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/hyperthymesia
Diakses pada 11 September 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3432421/
Diakses pada 11 September 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4720782/
Diakses pada 11 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait