Mengenal Jade Roller, Tren Penggunaan Alat Kecantikan yang Terbuat dari Batu Giok


Jade roller adalah alat kecantikan wajah terbuat dari batu giok yang berfungsi untuk mengurangi mata panda dan melancarkan sirkulasi darah di wajah. Untuk memperoleh manfaat jade roller secara maksimal, Anda perlu tahu cara menggunakan jade roller yang tepat.

0,0
Manfaat jade roller diyakini dapat mengurangi mata pandaJade roller adalah alat kecantikan wajah terbuat dari batu giok yang berfungsi untuk memijat wajah
Banyak orang yang menggunakan berbagai produk perawatan kulit untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Bahkan, tak sedikit yang memaksimalkan perawatan kulit melalui penggunaan alat kecantikan, seperti jade roller.Ya, popularitas peralatan kecantikan, termasuk jade roller atau face roller, juga ikut meningkat di kalangan pencinta kecantikan seiring dengan kehadiran produk skincare yang terus bermunculan.Yuk, ketahui fungsi jade roller dan cara menggunakannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu jade roller?

Jade roller adalah alat kecantikan yang terbuat dari batu giok
Fungsi jade roller adalah untuk memijat kulit wajah
Anda mungkin pernah melihat atau mendengar sekilas, bahkan sudah mengetahui sebelumnya mengenai jade roller. Prinsipnya, jade roller mirip dengan dermarollerJade roller adalah alat kecantikan wajah berbentuk roller (roda) yang terbuat dari batu giok. Umumnya, jade roller mempunyai dua batu giok pada kedua ujungnya.Sisi satu memiliki batu giok berukuran besar yang bisa digunakan untuk memijat kulit area dahi, pipi, rahang, dan leher.Sedangkan, sisi satu lagi mempunyai batu berukuran kecil yang dipakai untuk memijat kulit area bawah mata.Fungsi jade roller sudah cukup populer sejak beberapa tahun silam sebagai perawatan kulit tradisional di China dan negara Asia lainnya, untuk memijat sekaligus mengencangkan wajah.

Apa manfaat jade roller?

Rutin menggunakan face roller secara rutin pada wajah disebut-sebut dapat memberikan berbagai manfaat, seperti mengurangi mata panda, membuat kulit kenyal, melancarkan sirkulasi darah, hingga mengurangi peradangan pada wajah. Berikut adalah uraian selengkapnya mengenai klaim manfaat jade roller.

1. Mengurangi mata panda

Manfaat jade roller bisa mengatasi mata panda
Mata panda bisa diatasi dengan penggunaan jade roller
Salah satu manfaat jade roller adalah mengurangi mata panda.Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur, konsumsi makanan tinggi garam, hingga perubahan hormon.Menurut seorang ahli dermatologi di Montgomery Dermatology in Pennsylvania, kondisi tersebut yang bisa membuat pembuluh darah melebar sehingga cairan di bawah kulit terperangkap di dalamnya.Nah, fungsi jade roller bisa membuang kelebihan cairan sekaligus melancarkan tumpukan cairan limfatik di bawah kulit wajah.

2. Mengatasi kantong mata

Manfaat jade roller juga dapat mengatasi masalah kantong mata. Kantong di bawah mata bisa terjadi saat Anda menua.Penuaan membuat jaringan di sekitar mata, termasuk otot kelopak mata melemah. Selain itu, ruang di bawah mata juga bisa terdapat tumpukan cairan sehingga membuat area bawah mata tampak membengkak.Anda bisa menggunakan ujung face roller dengan batu giok kecil pada area bawah mata untuk melancarkan tumpukan limfatik di bawah kulit wajah.Lakukan langkah ini secara lembut dan perlahan agar tidak terjadi memar atau iritasi pada area kulit bawah mata.

3. Meredakan otot wajah yang tegang

Jade roller bisa meredakan otot wajah yang tegang
Memijat wajah dengan jade roller bisa meredakan ketegangan
Manfaat jade roller ternyata mampu meredakan otot wajah yang tegang.Memijat kulit wajah, terutama pada area yang paling banyak terdapat otot-otot, seperti dahi dan sekitar mata, dapat membantu meredakan ketegangan.Fungsi jade roller ini mirip dengan memijat wajah atau facial massage yang mampu mengendurkan otot-otot wajah yang tegang.Dengan demikian, sirkulasi darah pada wajah berjalan lancar sekaligus memperoleh kulit sehat bercahaya, halus, dan kencang.

4. Melancarkan sirkulasi darah di wajah

Seorang dokter spesialis kulit di Plastic Surgery & Dermatology of NYC, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa manfaat jade roller untuk pijat wajah sedikit banyak dapat mengurangi masalah kulit yang membengkak dan meradang berkat sirkulasi darah yang lancar pada area wajah.

5. Membantu penyerapan produk skincare

Manfaat jade roller lainnya diklaim dapat membantu penyerapan produk skincare yang digunakan sebelumnya.Penggunaan face roller setelah Anda memakai serangkaian produk perawatan kulit, seperti essence atau serum wajah, diyakini bisa membantu proses penyerapan kandungan bahan aktif berjalan secara maksimal ke dalam kulit.Namun, beberapa ahli ada yang menyatakan bahwa fungsi jade roller ini belum terbukti secara ilmiah.Gerakan memijat dengan roller wajah lebih tepat untuk menggambarkan penyebaran produk skincare secara maksimal.Sedangkan, efek tekanannya belum terbukti dapat memaksimalkan penyerapan kandungan skincare.Begitu pula dengan fungsi jade roller lainnya yang telah disebutkan di atas. Pasalnya, masih membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas fungsi jade roller untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Bagaimana cara menggunakan jade roller yang tepat?

Cara menggunakan jade roller yang tepat adalah pijat kulit ke atas dan luar wajah
Gerakkan jade roller dari bawah ke atas mengikuti garis rahang menuju telinga
Untuk mendapatkan manfaat jade roller yang maksimal, Anda dianjurkan untuk mencuci muka terlebih dahulu sebelum menggunakannya.Kemudian, lakukan rangkaian perawatan skincare, seperti memakai essence, serum wajah, masker, atau produk perawatan wajah lainnya.Selanjutnya, cara menggunakan jade roller adalah pijat kulit wajah ke arah atas dan luar wajah secara perlahan seraya memberi tekanan di setiap gerakannya. Langkah ini bertujuan agar agar kulit tidak cepat kendur.Adapun tahapan cara menggunakan jade roller selengkapnya adalah sebagai berikut. 
  • Mulailah dari bagian bawah wajah atau area leher terlebih dahulu menggunakan ujung batu giok yang lebih besar. Arahkan dari tengah ke luar. Lakukan untuk kedua sisi leher, lalu ulangi beberapa kali.
  • Masih dengan ujung batu giok yang lebih besar, lanjutkan pijatan face roller ke bagian dagu. Arahkan roller wajah dari bawah ke atas mengikuti garis rahang menuju telinga. Lakukan hal yang sama untuk kedua pipi.
  • Untuk area hidung, arahkan roller wajah yang terdapat ujung batu giok kecil dari hidung ke telinga pada sisi kiri dan kanan wajah.
  • Gunakan ujung batu giok yang lebih kecil untuk memijat area bawah mata. Gerakkan jade roller dari arah sudut dalam mata sampai ke pelipis sisi kiri dan kanan.
  • Tempatkan jade roller di antara alis, lalu gerakkan menuju garis rambut secara perlahan.
  • Terakhir, gunakan jade roller pada area dahi. Caranya, gerakkan roller wajah dari area tengah dahi menuju pelipis.
Durasi penggunaan jade roller yang disarankan adalah 5 menit tiap 2 kali sehari.Jika Anda ingin memperoleh manfaat jade roller untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, cobalah untuk memasukkan jade roller ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit.Langkah tersebut bertujuan agar memberi efek dingin dan menenangkan saat digunakan pada area kulit bawah mata.Meski marak munculnya berbagai alat kecantikan, seperti face roller. Penggunaannya untuk kulit wajah, sebenarnya bukan suatu hal yang wajib dilakukan dalam rutinitas perawatan kulit kecantikan Anda.Namun, jika ingin lebih memanjakan diri dan memberikan perhatian lebih pada kulit, penggunaan roller wajah bisa jadi perawatan tambahan dalam rutinitas perawatan kulit.Bila ingin menggunakannya, tetapi Anda masih merasa ragu, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi jade roller dan kecocokannya untuk kulit wajah Anda.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/jade-rolling-benefits-clear-skin
Diakses pada 12 April 2021
Health. https://www.health.com/beauty/how-to-use-jade-roller
Diakses pada 12 April 2021
Womenshealth Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a20730789/jade-roller-benefits/
Diakses pada 12 April 2021
Prevention. https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a25458168/what-is-a-jade-roller/
Diakses pada 12 April 2021
Byrdie. https://www.byrdie.com/do-jade-rollers-work
Diakses pada 12 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait