Jangan Bingung, Kenali Perbedaan Tumor dan Kanker agar Tak Keliru

(0)
15 Jan 2020|Rieke Saraswati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Perbedaan tumor dan kanker hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan medisButuh pemeriksaan medis untuk menentukan perbedaan tumor dan kanker
Ketika mendengar kata tumor, Anda mungkin langsung membayangkan kanker yang mematikan. Padahal, tidak semua tumor itu berbahaya.Ada baiknya Anda mengenali perbedaan tumor dan kanker supaya Anda tidak salah paham dan dilanda kepanikan. Mari simak penjelasannya di sini!

Apa perbedaan tumor dan kanker?

perbedaan tumor dan kanker melalui tes lamboratorium
Perbedaan tumor dan kanker hanya bisa diketahui lewat pemeriksaan medis
 Menurut The National Cancer Institute tumor adalah massa atau benjolan. Tumor terjadi ketika sel-sel tubuh tumbuh terlalu cepat. Secara umum, tumor dibedakan menjadi tiga jenis di bawah ini:
  • Tumor jinak

Tumor jinak tidak berbahaya. Pertumbuhannya pun lambat dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain.
  • Tumor prakanker

Jenis tumor ini belum menjadi kanker, namun berpotensi untuk menjadi ganas.
  • Tumor ganas

Tumor ganas adalah kanker. Pada tumor ini, sel-sel dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan memicu beragam gangguan kesehatan. Untuk mengetahui jenis tumor yang Anda miliki, pemeriksaan medis harus dilakukan. Pasalnya, hanya dokter yang bisa memastikan apakah Anda mengalami tumor jinak, prekanker, maupun kanker.Pertumbuhan tumor juga terkadang tidak dapat diprediksi. Beberapa tumor jinak bisa saja berubah menjadi tumor ganas di kemudian hari.Untuk itu, Anda yang memiliki tumor jinak harus menjalani pemeriksaan medis secara rutin. Langkah ini akan membantu dokter untuk memantau pertumbuhannya.

Jenis-jenis tumor jinak

fibroid rahim termasuk tumor jinak
Fibroid rahim merupakan salah satu jenis tumor jinak
Setelah mengetahui perbedaan tumor dan kanker, kini saatnya untuk mengenal jenis-jenis tumor jinak. Beberapa di antaranya meliputi:
  • Adenoma

Adenoma merupakan tumor yang tumbuh di jaringan epitel. Tipe yang paling sering adalah polip di usus besar, namun bisa juga tumbuh di hati, kelenjar pituitari, dan kelenjar tiroid.  Penanganan untuk adenoma bergantung pada lokasi dan ukuran tumor. 
  • Fibroid

Fibroid adalah jenis tumor yang tumbuh di jaringan fibrosa. Tumor ini sering muncul di rahim dan disebut fibroid rahim, polip rahim, atau miom.Meski tidak berbahaya, fibroid rahim bisa menimbulkan nyeri hingga perdarahan dari vagina yang tak normal, sehingga diperlukan tindakan operasi untuk mengangkatnya. 
  • Hemangioma

Hemangioma terbentuk akibat sel-sel darah yang berlebihan. Umumnya, tumor ini terjadi pada anak-anak.Tumor hemangioma kerap muncul di kulit dan hati. Tumor ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya tanpa penanganan medis.
  • Lipoma

Lipoma adalah pertumbuhan jaringan lemak di bawah kulit. Tumor ini paling sering muncul di leher, bahu, dan ketiak.Faktor genetik dapat berperan dalam terjadinya lipoma. Jika memicu nyeri dan terasa mengganggu, lipoma bisa diangkat melalui prosedur medis.Tumor jinak tidak mengandung sel-sel kanker. Ini berarti, mereka tidak berbahaya untuk tubuh.Meski begitu, tumor jinak bisa saja menyebabkan nyeri dan masalah serius lainnya jika tumbuh di dekat organ-organ vital dan menekan saraf. 

Apa saja jenis tumor prakanker?

actinic keratosis dan paparan sinar matahari
Risiko actinic keratosis bisa meningkat akibat paparan sinar matahari
Rasanya, pengetahuan tentang perbedaan tumor dan kanker takkan lengkap bila Anda tidak tahu jenis-jenis tumor prakanker. Berikut jenis-jenisnya:  
  • Actinic keratosis

Ciri-ciri actinic keratosis meliputi tumbuhnya bercak-bercak kasar, bersisik, dan tebal pada kulit. Salah satu faktor risikonya adalah paparan sinar matahari, sehingga tumor prakanker ini disebut juga sebagai solar keratosis.Dokter umumnya akan menyarankan tindakan medis untuk menanganinya karena tumor ini dapat berubah menjadi karsinoma sel skuamosa, yang merupakan kanker kulit.
  • Displasia serviks

Displasia serviks adalah perubahan abnormal pada sel di sekitar leher rahim. Kondisi ini biasanya baru diketahui saat Pap smear.Tak menutup kemungkinan bahwa tumor ini bisa berubah menjadi kanker serviks dalam waktu 10-30 tahun. Untuk menentukan penanganannya, dokter perlu mempertimbangkan tingkat keparahan kondisi dan usia pasien. 
  • Metaplasia pada paru

Metaplasia pada paru merupakan tumor yang tumbuh di bronkus. Pada beberapa orang, misalnya perokok aktif, tumor prakanker ini perlahan-lahan bisa berubah menjadi kanker. 
  • Leukoplakia

Leukoplakia adalah timbulnya bercak-bercak putih di dalam mulut. Umumnya, bercak-bercak ini tidak terasa sakit, memiliki bentuk yang tak beraturan, agak menonjol, dan tidak mudah dikikis.Segeralah ke dokter jika Anda mengalami bercak-bercak tersebut dan tak kunjung hilang dalam dua minggu. Meski tidak tergolong kanker, tumor prakanker tetap perlu dicek secara rutin ke dokter. Langkah ini bertujuan mewaspadai apabila tumor ini sewaktu-waktu berubah ganas. 

Jenis-jenis tumor ganas

sel kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain
Perbedaan tumor dan kanker yang utama adalah sel kanker yan bisa menyebar ke bagian tubuh lain
Tumor ganas adalah tumor yang perlu diwaspadai karena mengandung sel-sel kanker. Sel-sel tumbuh secara tidak terkendali dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, tumor ganas juga bisa kembali lagi setelah diangkat. Jenis-jenis tumor ganas meliputi: 
  • Karsinoma

Jenis tumor ganas ini paling umum terjadi. Karsinoma terbentuk dari sel-sel epitel, dan dapat menyerang payudara, usus besar, prostat, serta perut. 
  • Sarkoma

Sarkoma adalah tumor ganas yang terbentuk di tulang, jaringan lunak, dan jaringan berserat. Ada lebih dari 70 jenis sarkoma, dan sebagian besar tergolong sebagai kanker. 
  • Sel germinal

Sel germinal merupakan tumor yang berkembang di dalam sel penghasil sperma dan sel telur. Umumnya, kanker ini ditemukan di ovarium atau testis, namun tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh di otak, perut, maupun dada.  
  • Blastoma

Tumor ganas ini memengaruhi sel induk yang disebut sel prekursor. Sel ini lebih banyak dimiliki oleh bayi yang belum lahir dibanding orang dewasa. Karenanya, blastoma lebih sering dialami oleh anak-anak. 

Catatan dari SehatQ

Demikianlah perbedaan tumor dan kanker, serta jenis-jenisnya. Tumor jinak tidak berbahaya dan biasanya tak perlu ditangani secara medis selama tidak mengganggu penderitanya. Sementara tumor prakanker dan tumor ganas (kanker) memerlukan intervensi medis.Meski begitu, periksakan diri ke dokter jika Anda memiliki benjolan atau perubahan janggal di tubuh Anda, baik yang tidak bergejala maupun tidak. Pasalnya, hanya pemeriksaan medis dan dokter yang bisa mendeteksi perbedaan tumor dan kanker.Deteksi dini sangatlah penting agar tumor maupun kanker bisa diatasi secepat mungkin. Dengan ini, Anda pun terhindar dari penyebaran kanker maupun komplikasi yang tidak diinginkan.
kankertumortumor jinak
Healthline. https://www.healthline.com/health/cancer/difference-between-benign-and-malignant-tumors
Diakses pada 14 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/249141.php
Diakses pada 14 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/301456.php
Diakses pada 14 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/benign-tumors-causes-treatments#1
Diakses pada 14 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/cancer/cervical-cancer/cervical-dysplasia-symptoms-causes-treatments#1
Diakses pada 14 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sarcoma/symptoms-causes/syc-20351048
Diakses pada 14 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait