Jangan Salah, Termometer Tembak untuk Medis dan Industri Berbeda

(6)
26 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Termometer tembak untuk medis dan industri berbedaPenggunaan termometer tembak
Termometer tembak adalah salah satu alat yang populer pada pandemi Covid-19 ini. Termometer ini biasanya digunakan di berbagai pintu masuk ruang publik, misalnya pusat perbelanjaan dan perkantoran, untuk memastikan suhu tubuh para pengunjungnya.
Penggunaan termometer tembak dianggap lebih efektif dan praktis ketimbang jenis termometer lainnya karena dapat membaca suhu tubuh seseorang dengan cepat sehingga tidak menimbulkan antrian pada tempat-tempat yang memiliki lalu lintas pengunjung yang tinggi.Selain karena kecepatannya, termometer tembak juga dapat digunakan untuk mengukur suhu permukaan dari jarak yang agak jauh sehingga penggunanya tidak perlu melakukan kontak fisik dengan orang-orang yang akan diperiksa.Meski demikian, penggunaan termometer tembak harus digunakan pada jarak yang tepat, tidak terlalu dekat atau terlalu jauh, agar mendapatkan membaca suhu tubuh seseorang secara akurat.Ada berbagai jenis termometer tembak yang dijual di pasaran. Berdasarkan keperluan penggunaannya, termometer ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu untuk medis dan industri

Apa bedanya termometer tembak untuk medis dan industri?

Ada beberapa hal yang membedakan kedua jenis thermometer tembak ini. Berikut ini adalah berbagai perbedaannya yang perlu Anda perhatikan.

1. Rentang pengukuran suhu

Termometer tembak medis digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia dalam kisaran 32-42,5 derajat Celcius. Selain itu, beberapa jenis termometer tembak medis dilengkapi dengan alarm untuk menunjukkan jika suhu tubuh tergolong tinggi.Sedangkan termometer industri digunakan untuk mengukur suhu permukaan benda pada rentang suhu yang luas dan disesuaikan dengan keperluan industrinya, seperti mesin, trafo, panas air, dan masih banyak lagi. Suhu yang diukur dalam kategori termometer ini dapat berkisar dari -60 hingga lebih dari 500 derajat Celcius.

2. Tingkat akurasi

Tingkat akurasi termometer tembak untuk keperluan medis dan industri juga berbeda. Margin of error termometer medis adalah sekitar 0,1 derajat Celcius. Ini artinya ada kemungkinan pembacaan suhu tubuh yang salah, namun kisaran rata-ratanya hanya sekitar 0,1 derajat Celcius saja.Lain halnya dengan termometer tembak untuk keperluan industri. Termometer tembak ini memiliki rata-rata margin of error yang lebih besar ketimbang “saudaranya”, yakni sekitar 1-1,5 derajat Celcius.Ketidakakuratan pengukuran sering kali terjadi karena kesalahan operator dan kesalahan dalam pembacaan. Oleh karena itu, penting untuk memahami instruksinya dengan benar sebelum menggunakan termometer tembak.Khusus untuk termometer industri, faktor-faktor seperti medan elektromagnetik, hujan, dan kondisi lainnya juga dapat memengaruhi suhu permukaan sehingga menyebabkan ketidakakuratan dalam pengukuran suhu.

3. Desain

Desain termometer tembak untuk medis terlihat lebih ringkas dan sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh penggunanya. Termometer tembak medis dapat dioperasikan dengan satu sentuhan dan mati secara otomatis setelah 30 detik.Sementara itu, termometer tembak untuk industri biasanya memiliki desain yang lebih rumit dan dilengkapi dengan lebih banyak tombol ketimbang termometer tembak untuk medis.

Cara menggunakan termometer tembak dengan benar

Agar proses pemeriksaan suhu tubuh mendapatkan hasil yang akurat, Anda perlu memahami cara menggunakan termometer tembak dengan benar. Berikut adalah panduan penggunaan termometer tembak.
  1. Cari tombol pengubah unit pengukuran terlebih dahulu untuk memilih suhu yang biasa Anda gunakan, yakni Celsius atau Fahrenheit.
  2. Nyalakan laser untuk pengecekan suhu dengan menggunakan tombol daya atau power.
  3. Arahkan laser ke arah orang atau objek yang ingin Anda ketahui suhunya.
  4. Berdirilah dekat objek atau pada posisi yang direkomendasikan supaya termometer tembak dapat membaca suhu dengan akurat.
  5. Tarik pelatuk untuk mengetahui hasil pemeriksaan suhu melalui tampilan layar termometer tembak.
Itulah penjelasan seputar perbedaan termometer tembak untuk medis dan industri sekaligus cara penggunaannya dengan benar. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam menggunakan termometer ini dengan benar.
termometer bayicoronavirus
Buythermopro. https://buythermopro.com/guides/how-to-choose-infrared-thermometer/
Diakses pada 13 Juni 2020
Cherubbaby. https://www.cherubbaby.com.au/digital-thermometer-advantages/
Diakses pada 13 Juni 2020
Instrumentchoice. https://www.instrumentchoice.com.au/news/what-s-the-difference-between-medical-and-industrial-ir-thermometers
Diakses pada 13 Juni 2020
Tempir. https://tempir.com/7-advantages-of-the-tempir-infrared-thermometer
Diakses pada 13 Juni 2020
Sciencing. https://sciencing.com/laser-thermometers-work-4962575.html
Diakses pada 13 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Mungkinkah Ibu Hamil Menularkan Virus Corona kepada Janin?

Kekhawatiran akan kasus COVID-19 juga dirasakan oleh ibu hamil. Tak sedikit yang berpikir bahwa COVID-19 mungkin dapat menyerang janin di kandungannya.Baca selengkapnya
Mungkinkah Ibu Hamil Menularkan Virus Corona kepada Janin?

Benarkah Amylmetacresol Dapat Membunuh Corona?

Amylmetacresol dapat membunuh corona merupakan salah satu isu yang kerap muncul belakangan ini. Amylmetacresol merupakan tablet hisap pereda untuk tenggorokan.
01 Apr 2020|Arif Putra
Baca selengkapnya
Benarkah Amylmetacresol Dapat Membunuh Corona?

Mengungkap Mitos dan Fakta Akurat Seputar Virus Corona

Mitos dan fakta virus corona banyak tersebar sejak kemunculannya di Indonesia, baik melalui media sosial ataupun grup pesan berantai. Pastikan informasi yang Anda temukan valid untuk mencegah tersebarnya berita hoaks dan merugikan.Baca selengkapnya
Mengungkap Mitos dan Fakta Akurat Seputar Virus Corona