Jarak Kehamilan Setelah Berhubungan Harus Tunggu Berapa Lama?


Jarak kehamilan setelah berhubungan bisa dihitung sejak pembuahan terjadi dan zigot menempel di dinding rahim. Lantas, kehamilan bisa dicek setelah berapa hari berhubungan?

(0)
Jarak kehamilan setelah berhubungan intim dapat diketahui dari proses implantasiJarak kehamilan setelah berhubungan dihitung sejak pembuahan
Jarak kehamilan setelah berhubungan intim perlu diketahui apabila Anda sedang menjalani program hamil (promil). Kehamilan baru akan terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma. Namun, kapan proses ini terjadi hingga Anda benar-benar dinyatakan hamil?

Jarak kehamilan setelah berhubungan seks

Pembuahan bisa terjadi dalam rentang 3 menit sampai 5 hari setelah berhubungan seks
Pembuahan terjadi antara 3 menit sampai 5 hari setelah berhubungan 
 Cepat atau lambatnya proses pembuahan terjadi dapat ditentukan oleh  dua hal, yaitu apakah sel telur sudah turun ke tuba falopi atau belum dan kecepatan sperma untuk mencapainya.Menurut riset dari The BMJ, sperma bisa berenang secepat 2-15 menit menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur.Sperma yang bergerak dalam 15 menit memiliki peluang sukses yang lebih besar.Namun, kesuksesan pembuahan ini juga dipengaruhi oleh umur dari masing-masing sel.Sel sperma bisa bertahan di saluran reproduksi wanita hingga 5 hari, sementara sel telur bisa hidup selama 12-24 jam setelah ovulasi.Artinya, pembuahan bisa terjadi kapan pun dari beberapa hari sebelum dan sehari setelah ovulasi.Lantas, berapa lama kehamilan akan terjadi setelah berhubungan seks?Jarak terjadinya kehamilan setelah berhubungan intim terhitung sejak zygot (hasil dari pembuahan sel telur dan sperma) menempel di dinding rahim (endometrium).Proses penempelan bakal janin ini disebut juga implantasi. Implantasi akan dimulai dalam waktu 8-10 hari setelah pembuahan. Artinya, prediksi jarak kehamilan setelah berhubungan adalah sekitar 15 hari atau 2 minggu setelah berhubungan seks.

Tanda-tanda kehamilan setelah berhubungan seks

Terlambat haid selama seminggu atau lebih dari sebulan adalah salah satu tanda kehamilan
Terlambat haid selama seminggu atau lebih adalah salah satu tanda hamil
Setelah mendapat jawaban jarak kehamilan setelah berhubungan, Anda bisa menggunakan test pack untuk mendeteksi kehamilan bila Anda merasakan beberapa tanda awal kehamilan berikut:
  • Terlambat haid seminggu atau bahkan lebih dari sebulan.
  • Muncul bercak darah di luar jadwal menstruasi. Bisa jadi, itu darah yang muncul akibat implantasi (perdarahan implantasi).
  • Kram perut. saat implantasi, perut bisa kram seperti saat haid.
  • Nyeri payudara, hal ini disebabkan adanya peningkatan aliran darah akibat meningkatnya hormon estrogen dan progesteron.
Gejala kehamilan yang akan muncul adalah akibat munculnya hormon hCG adalah: 
  • Mual
  • Malas makan
  • Lelah
  • Sering buang air kecil
  • Perubahan mood.
 

Kapan bisa cek kehamilan setelah berhubungan seks?

Penggunaan test pack sebaiknya saat Anda telat haid 7 hari
Penggunaan test pack sebaiknya saat Anda telat haid 7 hari
Kehamilan dapat terjadi dalam waktu kira-kira 2 minggu setelah berhubungan seks.Namun, kemungkinan, kehamilan belum dapat terdeteksi pada waktu ini karena tubuh Anda belum memproduksi hormon hCG.Sel telur yang sudah dibuahi belum menghasilkan hormon hCG sampai proses implantasi selesai.Tubuh memerlukan waktu 7-12 hari untuk memproduksi hormon kehamilan alias Human chorionic gonadotropin (hCG) setelah implantasi berhasil.Sesudah implantasi, kadar hormon hCG akan berlipat ganda setiap 48 jam. Pada fase ini, test pack mampu mendeteksi kadar hCG untuk mendapatkan hasil yang positif.Maka bila Anda ingin mengetes kehamilan dengan test pack, sebaiknya tunggu seminggu setelah terlambat haid agar hasilnya akurat.Bila Anda merasakan gejala hamil tapi test pack negatif ini berarti kemungkinan Anda menjalani tes lebih cepat dari delapan hari setelah ovulasi.Artinya, Anda kemungkinan mendapat hasil negatif palsu (false negative).Bila tidak ingin menunggu hingga menstruasi terlambat, Anda baru bisa mengeceknya dalam 1-2 minggu setelah berhubungan seks.Agar lebih akurat lagi, sebaiknya gunakan test pack pada pagi hari. Mengapa?Hal ini dikarenakan ketika tidur semalaman, hormon hCG berkumpul di dalam urine. Jadi, saat buang air pertama di pagi hari, hormon hCG akan terdeteksi dengan baik.Namun, pengecualian apabila Anda terbangun di malam hari untuk buang air kecil, metode ini tentu menjadi tidak begitu efektif.

Catatan dari SehatQ

Kehamilan umumnya terjadi dalam 5-15 hari setelah berhubungan intim. Namun, tidak semua wanita pasti akan mengalami kehamilan pada tenggat waktu tersebut.Ada yang merasa lebih cepat daripada itu, dan ada pula yang merasa kehamilan datang lebih lama dari yang diperkirakan.Umumnya, hal ini terjadi akibat kesalahan pemilihan waktu saat melakukan hubungan seksual.Untuk memperbesar peluang kehamilan, pastikan Anda berhubungan saat masa subur atau ovulasi. Sebab, sel telur sudah dalam keadaan matang dan siap dilepaskan dari ovarium.Bila telah dilepaskan, maka pertemuan sel telur dengan sperma akan lebih besar. Hal ini membuat kemungkinan kehamilan lebih besar.Maka itu, penting untuk mengetahui masa subur wanita agar peluang hamil lebih besar.Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait gejala kehamilan, Anda bisa menemui dokter kandungan terdekat Anda.Anda juga bisa chat gratis dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui informasi tentang berapa hari harus menunggu cek kehamilan setelah berhubungan agar lebih yakin
hubungan sekshubungan seksualhamilkehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilanmasa suburibu hamiltest pack
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/does-lying-on-your-back-after-sex-help-with-conception-1960291 Diakses pada 31 Maret 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-long-does-it-take-to-get-pregnant-after-sex Diakses pada 31 Maret 2021The BMJ. https://www.bmj.com/content/339/bmj.b4080 Diakses pada 31 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/five-signs-to-take-pregnancy-test Diakses pada 31 Maret 2021Flo. https://flo.health/getting-pregnant/trying-to-conceive/pregnancy-tests/when-to-take-a-pregnancy-test Diakses pada 31 Maret 2021Your Fertility. https://www.yourfertility.org.au/everyone/timing Diakses pada 31 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait