6 Minuman Sehat untuk Anak Demi Tumbuh Kembangnya

(0)
13 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minuman sehat untuk Anak dapat beragam, mulai dari air putih hingga susu tanpa pemanisSusu tanpa pemanis, baik produk hewani atau nabati, dapat menjadi minuman sehat untuk Si Kecil
Anak-anak sangat rentan jajan sembarangan, termasuk minuman kemasan. Hati-hati, minuman kemasan dapat berbahaya karena gula dan zat pemanisnya. Memberikan pilihan minuman sehat untuk anak harus mulai dibiasakan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Pilihan minuman sehat untuk anak demi penuhi kebutuhan nutrisinya

Berikut ini beberapa minuman sehat untuk anak yang bisa diberikan mengiringi harinya:

1. Air putih

Air putih menjadi minuman paling sehat dan paling utama untuk diberikan saat Si Kecil haus. Pasalnya, air putih sangat penting untuk berbagai proses di tubuh anak, termasuk mengatur suhu tubuh dan fungsi organ.
minuman sehat untuk anak air putih
Air putih harus menjadi minuman utama, termasuk untuk anak-anak
Selain itu, anak-anak cenderung membutuhkan asupan air putih yang lebih besar dibandingkan orang dewasa karena tingginya laju pertumbuhan dan metabolisme mereka. Konsumsi air putih yang cukup juga berkaitan dengan berat badan ideal, mengurangi risiko gigi berlubang, dan meningkatkan fungsi otak anak.

2. Infused water

Beberapa anak mungkin akan bosan dengan air putih yang tidak ada rasanya. Infused water bisa menjadi solusinya. Minuman sehat untuk anak ini hanya dibuat dari air putih ditambah dengan buah-buahan segar maupun rempah-rempah.Selain menambah nutrisi dari buah-buahan tersebut, Si Kecil juga bisa mendapatkan rasa buah yang menjadi kesukaannya dengan kalori yang sangat rendah.Beberapa kombinasi bahan infuse water yang bisa dicoba, yaitu:
  • Nanas dan daun mint
  • Semangka dan timun
  • Stroberi dan lemon

3. Air kelapa

Jika Si Kecil sering merengek untuk membeli minuman manis atau bersoda, Anda bisa menawarkan pilihan yang lebih sehat, yakni air kelapa. Dengan rasanya yang menyegarkan, air kelapa memberikan beraneka nutrisi yang penting untuk anak, termasuk vitamin C, kalium, dan magnesium.
minuman sehat untuk anak air kelapa
Air kelapa mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh
Air kelapa pun menjadi sumber yang baik untuk elektrolit. Partikel elektrolit penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan fungsi saraf. Jika Si Kecil sering bermain dan mengeluarkan banyak keringat, atau mengalami dehidrasi (seperti yang dipicu oleh diare dan muntah-muntah), minuman elektrolit alami seperti air kelapa dapat menjadi pilihan.Air kelapa alami menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan air kelapa kemasan siap minum. Jika membeli air kelapa kemasan siap minum, pastikan Anda berhati-hati dengan gula tambahan dan zat perasa.

4. Smoothies buah dan sayuran

Smoothies buah dan sayur yang dibuat sendiri dapat menjadi cara konsumsi buah dan sayuran yang menyenangkan untuk Si Kecil. Terlebih, anak-anak memang suka sulit konsumsi kelompok makanan ini, sehingga berisiko kekurangan vitamin dan mineral tertentu.Beberapa kombinasi smoothies buah dan sayuran yang bisa disukai buah hati Anda, yakni:
  • Sayur kale dan nanas
  • Sayur bayam dan blueberry
  • Buah persik dan kembang kol
Anda pun bisa menambahkan beberapa bahan lain, seperti daging kelapa, alpukat, flax seeds, bubuk cokelat tanpa pemanis, dan alpukat.Karena kalori yang cukup tinggi di di smoothies buah, minuman sehat ini lebih cocok dijadikan sebagai snack, sehingga bukan menjadi minuman utama. Anda juga lebih disarankan untuk membuat smoothies sendiri di rumah untuk menghindari gula tambahan dan zat tidak sehat lainnya pada smoothies yang dijual.

5. Susu tanpa pemanis

Seperti smoothies, susu juga bukan minuman utama untuk anak, melainkan minuman sehat pelengkap di antara jadwal makannya. Susu tanpa pemanis sangat bernutrisi untuk membantu tumbuh kembang buah hati Anda. Nutrisi tersebut termasuk zat gizi makro protein, kalsium, fosfor, dan magnesium.

6. Susu nabati

Walau susu bernutrisi untuk Si Kecil, penting untuk diingat bahwa banyak anak-anak yang memiliki intoleransi terhadap produk susu. Gejala yang dapat muncul yaitu diare, perut kembung, ruam kulit, dan kram di perut.Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggantinya dengan susu yang terbuat dari tumbuhan. Misalnya, susu almond, susu kelapa (bukan santan), dan susu kedelai. Banyak susu berbahan tumbuhan ini diperkaya dengan zat gizi esensial, seperti vitamin B12, kalsium, dan vitamin D.Walau begitu, selalu perhatikan kandungan bahan jika Anda membeli susu nabati tersebut.

Jenis minuman tak sehat yang harus dihindari

Selain daftar minuman sehat untuk anak di atas, Anda juga patut untuk berhati-hati dengan minuman berikut yang kerap menjadi kesukannya:
  • Minuman soda dan minuman manis: meningkatkan risiko diabetes dan perlemakan hati
  • Jus buah: kurang serat dan meningkatkan risiko obesitas
  • Minuman berkafein: meningkatkan detak jantung, tekanan darah, kecemasan, dan gangguan tidur

Catatan dari SehatQ

Ada berbagai minuman sehat untuk anak yang dapat mulai dibiasakan untuk diminum. Si Kecil tentu awalnya akan protes dengan pilihan tersebut dan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Walau begitu, mengonsumsi minuman sehat di atas dan menjauhi minuman berbahaya menjadi cara terbaik agar buah hati mendapatkan nutrisi penting.
nutrisi anakgizi anakvitamin anak
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/electrolytes
Diakses pada 13 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-drinks-for-kids
Diakses pada 13 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait