6 Obat Sakit Dada di Apotek dan 7 Obat Alaminya yang Aman Dicoba


Ada banyak cara mengobati sakit dada yang bisa Anda coba. Namun ingat, pengobatan harus sesuaikan dengan penyebabnya.

(0)
14 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat sakit dada di apotek adalah aspirin dan warfarinCara mengobati sakit dada harus disesuaikan dengan penyebabnya
Sakit dada atau nyeri dada adalah kondisi yang identik dengan penyakit jantung. Namun sebenarnya, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh hal lain yang tidak terlalu berbahaya. Apapun penyebabnya, Anda biasanya akan langsung membeli obat sakit dada di apotek yang bisa membantu meredakan nyeri tersebut ketika muncul. Di sisi lain, cara mengobati sakit dada tidak hanya bisa dengan minum obat dari apotek. Ada juga pilihan obat alami dari bahan-bahan dapur yang mungkin sudah Anda punya.Meski begitu, idealnya Anda tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan penyebab sakit dada dan keamanan obat yang Anda pilih. Sebab, pengobatan nyeri dada haruslah disesuaikan dengan penyebab awalnya.

Sebelum pilih obat sakit dada, kenali dulu penyebabnya

Sakit dada bisa disebabkan oleh banyak hal. Karena itu, cara mengobatinya pun bisa beragam. Misalnya, nyeri dada yang timbul akibat penyakit jantung tentu tidak bisa diobati dengan cara yang sama dengan nyeri dada akibat gangguan pencernaan.Berikut ini penyebab nyeri dada yang perlu Anda ketahui.

• Penyebab sakit dada yang berhubungan dengan jantung

  • Serangan jantung
  • Angina atau nyeri dada akibat tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung
  • Perikarditis atau peradangan pada lapisan pelindung jantung (perikardium)
  • Miokarditis atau peradangan otot jantung
  • Kardiomiopati atau penyakit otot jantung

• Penyebab sakit dada yang berhubungan dengan paru-paru

  • Emboli paru atau munculnya gumpalan darah di pembuluh darah di paru yang menghambat aliran darah.
  • Pleurisi atau peradangan pada lampisan yang membalut paru-paru (pleura)
  • Pneumonia
  • Bronkitis virus

• Penyebab sakit dada yang berhubungan dengan saluran pencernaan

• Penyebab sakit dada yang berhubungan dengan otot dan tulang

  • Tulang rusuk patah
  • Nyeri otot dada
  • Saraf terjepit patahan tulang dada

• Penyebab sakit dada lainnya

  • Gangguan psikologis seperti serangan panik
  • Infeksi virus herpes zoster

Obat sakit dada di apotek yang biasa direkomendasikan

Nyeri dada dapat menimbulkan gejala yang berbeda-beda tergantung penyebabnya. Gejala yang muncul pada setiap orang juga mungkin beragam, tergantung tingkat keparahannya.Rasa nyeri bisa saja terasa di dada sebelah kanan, dada sebelah kiri, atau di sekitar dada tengah.Rasa sakit umumnya digambarkan seperti tusukan jarum kecil di sekitar dada. Ada juga yang merasakan rasa sakit seperti tertekan, sesak dan penuh, atau sensasi terbakar di dada. Rasa sakit nyeri dada dapat menyebar ke leher, rahang, ke punggung bawah, hingga lengan.Sakit dada bisa berlangsung selama beberapa menit maupun berjam-jam. Rasa sakit kadang bisa menghilang dengan sendirinya ketika Anda berganti posisi atau beristirahat. Pada lain waktu, rasa sakit bisa memburuk jika Anda terus beraktivitas.Jika rasa sakit muncul, berikut adalah beberapa pilihan obat nyeri dada di apotek sesuai penyebabnya:

1. Aspirin

Obat aspirin adalah golongan pereda nyeri di apotek yang dapat mengobati nyeri dada akibat gangguan jantung.Aspirin dapat dibeli secara bebas, tapi jika digunakan sebagai cara mengobati sakt dada biasanya dokter akan meresepkannya dengan takaran dosis tertentu.

2. Obat pengencer darah

Apabila rasa sakit di dada terjadi karena gumpalan yang menyumbat pembuluh darah, dokter dapat meresepkan obat pengencer darah seperti warfarin.Obat ini akan membantu melancarkan kembali aliran darah dan mencegah terbentuknya gumpalan darah baru di masa mendatang.

3. Terapi trombolitik

Sakit dada yang disebabkan oleh serangan jantung biasanya akan diobati dengan terapi trombolitik.Obat nyeri dada di apotek ini bekerja cepat menghancurkan gumpalan yang menyumbat pembuluh darah.

4. Obat nitrogliserin

Nitrogliserin adalah obat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dengan mengendurkan pembuluh darah agar aliran darah bisa tetap lancar, tidak tersumbat. 

5. Obat penurun asam lambung (antasid)

Obat golongan antasid dapat diresepkan dokter apabila nyeri dada yang Anda alami disebabkan oleh gangguan asam lambung, seperti heartburn atau refluks.

6. Obat antidepresan

Obat antidepresan adalah cara mengobati sakit dada yang disebabkan oleh gangguan psikologis seperti serangan panik atau gangguan cemas.Selain itu, orang yang mengalami gangguan psikologis juga disarankan untuk rutin menjalani terapi bersama psikolog maupun psikiater.

Pilihan obat nyeri dada alami

Selain dengan obat sakit dada di apotek, sakit dada juga bisa diatasi dengan bahan alami. Namun perlu diingat bahwa bahan alami di bawah ini hanya digunakan untuk mengatasi nyeri sementara waktu dan untuk kondisi nyeri dada yang tidak parah.Jika Anda mengalami sakit dada yang dicurigai mengarah pada penyakit jantung, segeralah periksakan diri ke dokter.
Berikut ini obat sakit dada alami yang bisa dicoba.

1. Kacang almond

Jika nyeri dada terjadi sesaat setelah Anda makan, maka biasanya hal itu disebabkan oleh refluks asam lambung atau gangguan lambung lainnya seperti GERD.Untuk meredakannya, mengonsumsi segenggam kacang almond atau minum susu almond dianggap efektif. Sebab, kacang mengandung alkali yang bisa menetralkan asam di saluran pencernaan.Namun, perlu diingat bahwa kacang almond juga kaya kandungan lemak. Bagi beberapa orang, kelebihan lemak bisa memicu naiknya asam lambung. Maka, Anda diharapkan untuk lebih berhati-hati saat mengonsumsinya.

2. Cuka apel

Satu sendok cuka apel yang dicampur dengan segelas air juga bisa menjadi obat sakit dada alami apabila kondisi tersebut dipicu oleh asam lambung.

3. Baking soda

Mencampurkan baking soda dengan air hangat atau air dingin dan mengonsumsinya dipercaya bisa membantu meredakan sakit dada yang disebabkan oleh asam lambung.

4. Bawang putih

Salah satu obat sakit dada tradisional yang diklaim efektif adalah bawang putih. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan klaim ini.Dalam pengobatan tradisional, campuran bawang putih cincang dan susu dikonsumsi untuk meredakan nyeri dada.

5. Kompres dingin

Sakit dada yang disebabkan oleh nyeri otot dada bisa diatasi dengan kompres dingin. Gangguan pada otot dada ini dapat muncul setelah Anda mengangkat beban berat.

6. Minuman hangat

Gas yang menumpuk di dalam tubuh juga bisa menyebabkan sakit dada dan mengonsumsi minuman hangat, bisa jadi solusi untuk mengatasinya.Anda bisa mengonsumsi teh rosella yang saat ini dianggap efektif untuk melancarkan pencernaan dan menyehatkan jantung.

7. Jahe

Obat nyeri dada alami terakhir yang dapat Anda coba adalah jahe. Rempah-rempah ini terbukti memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan dan baik untuk kesehatan pencernaan.Jika mengalami sakit dada, ada baiknya mengonsultasikan terlebih dahulu kondisi ini ke dokter sebelum mencoba obat di apotek maupun alami. Pemeriksaan dokter akan membantu Anda menentukan penyebab kondisi tersebut secara pasti.
asam lambungnyeri dadaotot dadaangin duduk
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chest-pain/symptoms-causes/syc-20370838
Diakses pada 5 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/chest-pain
Diakses pada 5 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321133#home-remedies
Diakses pada 5 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-heart-pain
Diakses pada 5 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait