Kaitan Denyut Nadi dalam 60 Detik dengan Kondisi Kesehatan Anda


Denyut nadi adalah jumlah banyaknya detak jantung yang berlangsung dalam 60 detik atau 1 menit. Jumlah denyut nadi dalam 60 detik dapat berbeda pada setiap orang dan dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

0,0
14 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Denyut nadi dalam 60 detik dapat dihitung sendiriDenyut nadi dapat diperiksa dengan mudah menggunakan jari tangan
Denyut nadi adalah jumlah banyaknya detak jantung yang berlangsung dalam jangka waktu 60 detik atau 1 menit. Jumlah denyut nadi dalam 60 detik dapat berbeda pada setiap orang. Berbagai kondisi fisik juga dapat memengaruhi jumlah denyut nadi seseorang. Denyut nadi yang berjumlah jauh di bawah atau di atas normal dapat menandakan adanya gangguan kesehatan.

Denyut nadi dalam 60 detik yang normal dan tidak normal

Secara umum, jumlah denyut nadi normal saat istirahat dalam 60 detik adalah sebagai berikut:
  • Anak-anak berusia 6-15 tahun memiliki denyut nadi normal pada rentang 70-100 kali per 60 detik.
  • Orang dewasa beruusia 18 tahun ke atas memiliki denyut nadi normal pada rentang 60-100 kali per 60 detik.
Orang dengan fisik yang terlatih, misalnya atlet profesional, mungkin saja dapat memiliki denyut nadi normal yang lebih rendah saat beristirahat, misalnya hingga 40 kali per 60 detik. Kondisi ini dianggap sebagai kinerja jantung yang lebih efisien dan kondisi kardiovaskuler yang fit.Sebaliknya, denyut nadi dalam 60 detik yang dianggap tidak normal memiliki kriteria:
  • Jika denyut nadi dalam 60 detik secara konsisten berada di angka kurang dari 60 kali saat istirahat, sementara Anda bukan orang yang terlatih secara fisik, kondisi ini dikenal dengan istilah bradikardia.
  • Jika denyut nadi dalam 60 detik secara konsisten berada di atas 100 kali saat beristirahat, kondisi ini dikenal dengan istilah takikardia.

Cara menghitung denyut nadi

Cara menghitung denyut nadi dalam 60 detik dapat dilakukan pada dua area. Pertama adalah menghitung denyut nadi pada area pergelangan tangan yang terletak di bawah pangkal ibu jari. Area kedua adalah denyut nadi yang terletak di area leher, tepatnya di samping tenggorokan.
  1. Letakkan jari telunjuk dan jari ketiga di pergelangan tangan atau leher hingga merasakan denyut nadi.
  2. Gunakan jam tangan atau gunakan stop watch.
  3. Hitung detak yang Anda rasakan selama 10 detik, lalu kalikan angka tersebut dengan 6 sehingga Anda mendapatkan denyut nadi dalam 60 detik. Atau, Anda juga dapat menghitung denyut nadi selama 15 detik, lalu dikalikan dengan 4.
Cara menghitung denyut nadi tersebut dapat dilakukan pada anak-anak atau orang dewasa. Untuk mendapatkan hasil penghitungan yang tepat, pastikan Anda dapat merasakan denyut nadi dengan jelas saat merabanya.Denyut nadi dalam 60 detik juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, tingkat kebugaran, aktivitas, penyakit (khususnya yang terkait dengan kardiovaskuler), emosi, pengobatan, dan berbagai hal lainnya.

Gangguan kesehatan pada denyut nadi

Gangguan kesehatan yang menyebabkan gangguan pada irama jantung disebut dengan aritmia. Gangguan ini menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur. Berikut adalah beberapa jenis aritmia yang bisa terjadi:

1. Bradikardia

Bradikardia adalah denyut nadi dalam 60 detik terlalu lambat. Kondisi ini dapat terjadi akibat gangguan impuls listrik pada jantung yang disebabkan oleh penuaan, hipotermia, kerusakan akibat serangan jantung atau penyakit jantung, dan faktor lain penyebab gangguan impuls.

2. Takikardia

Takikardia adalah denyut nadi dalam 60 detik yang terlalu cepat (di atas 100 kali). Kondisi ini disebabkan oleh terganggunya impuls listrik pada jantung yang dapat dipicu sejumlah faktor, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan faktor lainnya penyebab gangguan impuls.

3. Fibrilasi

Fibrilasi adalah gangguan detak jantung yang berirama cepat dan tidak teratur. Kondisi ini terdiri dari dua tipe, yakni fibrilasi atrium dan ventrikel. Fibrilasi atrium adalah kondisi yang dapat ditangani dan merupakan irama jantung abnormal yang umum, sedangkan fibrilasi ventrikel merupakan kondisi yang bisa mengancam jiwa.

4. Kontraksi atrial/ventrikel prematur

Kontraksi atrial/ventrikel prematur ditandai dengan terjadinya detak jantung tambahan yang menyebabkan terganggunya irama jantung. Kondisi ini terdiri dari kontraksi atrial prematur (PAC) yang terjadi di ruang atas jantung (atrium) dan kontraksi ventrikular prematur (PVC) yang terjadi di ruang bawah jantung (ventrikel).Denyut nadi dalam 60 detik dapat mengindikasikan kondisi kesehatan jantung dan kardiovaskuler Anda. Jika Anda mendapati gangguan irama jantung, khususnya denyut nadi di bawah atau di atas angka normal secara konsisten, sebaiknya segera hubungi dokter.Selain itu, Anda juga harus segera berkunjung ke dokter jika denyut nadi dalam 60 detik yang tidak normal disertai dengan gejala-gejala lain, seperti nyeri dada, rasa ingin pingsan, pusing, atau sesak napas.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah jantung, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
aritmiajantung berdebar
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/17402-pulse--heart-rate
Diakses 1 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/heart-rate/faq-20057979#
Diakses 1 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ventricular-contractions/symptoms-causes/syc-20376757
Diakses 1 Maret 2021
Memorial Care. https://www.memorialcare.org/services/heart-vascular-care/abnormal-heart-rhythms-arrhythmias
Diakses 1 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-arrhythmia/symptoms-causes/syc-20350668#:~:text=Heart%20rhythm%20problems%20(heart%20arrhythmias,heart%20and%20may%20be%20harmless.
Diakses pada 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait