11 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anda

(0)
20 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan salah satunya adalah jarang bergerakJarang bergerak dapat mengundang sejumlah penyakit
Berbagai kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat menentukan kualitas hidup Anda. Khususnya kebiasaan-kebiasaan buruk yang berpotensi mengganggu kesehatan tubuh Anda.Beberapa jenis kebiasaan ini mungkin tidak masalah jika hanya sesekali dilakukan. Namun, kebiasaan buruk yang dijalani secara rutin dalam jangka panjang, tentunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak main-main. Sebaiknya segera ubah kebiasaan buruk Anda sebelum terlambat.

Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan

Untuk menghindari risiko berbagai gangguan kesehatan di masa depan, sebaiknya Anda hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan berikut mulai dari sekarang.

1. Begadang

Begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Kebiasaan ini akan menyebabkan Anda kurang tidur, dan telah dihubungkan dengan berbagai masalah jantung, seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, detak jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, dan stroke.

2. Malas-malasan dan jarang bergerak

Terlalu banyak duduk, malas-malasan, serta tidak pernah berolahraga atau menggerakkan tubuh, merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan Anda.Selain melemahkan kekuatan otot Anda, kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, kanker, diabetes, osteoporosis, penyakit kardiovaskuler, dan berbagai masalah lainnya.

3. Jarang makan sayur-mayur

Sayur-mayur merupakan sumber berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jarang mengonsumsi sayur-mayur berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan dan berbagai masalah kesehatan lain yang bisa berbahaya bagi tubuh.

4. Jarang minum air putih

Air putih bermanfaat dalam menjaga fungsi sel dan organ-organ di dalam tubuh. Kurang minum air putih merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan ginjal, kulit, pencernaan, dan fungsi tubuh kita secara umum.

5. Makan junk food

Tahukah Anda kalau kebiasaan makan junk food dapat berdampak buruk bagi kesehatan? Junk food merupakan makanan yang tidak sehat karena rendah nutrisi dan tinggi gula, sodium, serta lemak jenuh.Bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya, termasuk kanker, penyakit jantung, dan darah tinggi.

6. Mengonsumsi minuman beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko kesehatan yang sangat beragam pada tubuh kita. Beberapa di antaranya yang paling menonjol adalah risiko mengalami kerusakan hati dan peningkatan risiko kanker.

7. Merokok

Tidak ada kebaikan yang datang dari kebiasaan merokok. Kebiasaan buruk ini merupakan penyebab kanker dan berbagai penyakit berat yang berbahaya bagi keselamatan Anda. Selain itu, merokok juga merusak paru-paru, gigi, kulit, dan organ-organ penting lannya.

8. Malas membersihkan rumah

Area rumah yang jarang dibersihkan dapat menjadi sumber penyakit. Berikut beberapa masalah yang dapat dipicu oleh kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan ini.
  • Genangan air dapat menjadi sarang nyamuk pembawa penyakit.
  • Tempat yang gelap, kotor, dan lembap disenangi oleh hewan pembawa bibit penyakit, seperti tikus dan kecoa.
  • Tumpukan sampah bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman dan lalat
  • Debu yang menumpuk menjadi sarang kuman dan memicu alergi.
Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan sudut-sudut ruangan. Hal ini dapat meminimalisir berkembangnya bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

9. Selalu berada di dalam ruangan

Selain membantu pembentukan vitamin D, sinar matahari dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menghabiskan waktu seharian di dalam ruangan menyebabkan Anda tidak mendapatkan manfaat sinar matahari ini.Ditambah lagi dengan terpaan AC terus-menerus yang bisa mengganggu kesehatan kulit dan pernapasan. Cobalah untuk selalu menyempatkan waktu untuk keluar ruangan dan berjemur setiap hari supaya tubuh Anda senantiasa sehat.

10. Menggunakan ponsel sebelum tidur

Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan selanjutnya adalah menggunakan ponsel sebelum tidur. Sinar biru dari ponsel yang menyilaukan dapat mengirimkan sinyal yang salah pada otak sehingga otak mengira bahwa hari masih siang.Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan tidur yang dalam jangka panjang dan memengaruhi kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

11. Tidak memiliki waktu untuk diri sendiri

Menghabiskan waktu setiap hari hanya untuk pekerjaan ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Terlalu sibuk bekerja bisa menyebabkan Anda lupa untuk makan, bersantai, menjalankan hobi, atau melakukan sesuatu untuk kesenangan diri.Selain memicu berbagai masalah terhadap kesehatan fisik Anda, kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan ini juga dapat menyebabkan stres, kecemasan, serta gangguan kesehatan mental lainnya.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
Parish Healthcare. https://www.parrishhealthcare.com/news/2019/november/top-bad-health-habits-that-increase-risk-of-dise/
Diakses 7 Februari 2021
The Active Times. https://www.theactivetimes.com/healthy-living/unhealthy-habits-ditch-40/
Diakses 7 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait