9 Kebiasaan yang Bikin Cepat Kurus, Sudah Mencobanya?

(0)
19 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak kebiasaan yang bikin cepat kurus, salah satunya sarapan berprotein tinggi.Jalan kaki atau bersepeda ke kantor dapat menjadi kebiasaan yang bikin cepat kurus, terutama kalau kantor Anda tidak terlalu jauh.
Menurunkan berat badan memang tidak mudah. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam mengurangi porsi makan dan berolahraga secara teratur. Namun, tahukah Anda bahwa ada sejumlah kebiasaan yang bikin cepat kurus?

Kebiasaan yang bikin cepat kurus dan mudah dicoba

Memiliki berat badan yang ideal sangat penting untuk kesehatan. Sebab, berat badan ideal dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung.Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai kebiasaan yang bikin cepat kurus ini supaya Anda dan keluarga bisa memiliki berat badan ideal.

1. Mengonsumsi sarapan berprotein tinggi

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat menjadi kebiasaan yang bikin cepat kurus
Telur mengandung protein tinggi yang bisa disantap di pagi hari
Hanya karena Anda ingin menurunkan berat badan, jangan sampai melupakan sarapan. Faktanya, mengonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat mengurangi rasa lapar dan membantu Anda turunkan berat badan.Sebuah studi yang diikuti oleh 20 remaja perempuan membuktikan, mengonsumsi sarapan berprotein tinggi ampuh dalam mengurangi rasa lapar sesudah makan, dibandingkan dengan mengonsumsi sarapan dengan kadar protein normal.Perlu diingat juga, makanan berprotein tinggi dapat menurunkan hormon ghrelin alias hormon lapar sehingga rasa lapar dapat dikurangi.

2. Rutin minum air di pagi hari

Minum air putih sebanyak 1-2 gelas di pagi hari merupakan kebiasaan yang bikin cepat kurus dan mudah dilakukan. Air putih dapat membantu tubuh meningkatkan pengeluaran energi dan jumlah kalori yang dibakar tubuh selama 60 menit.Riset membuktikan, partisipan wanita yang menderita berat badan berlebih mampu mengurangi 2 kilogram berat badannya dalam waktu satu tahun setelah menambah porsi air putihnya sebanyak 1 liter per hari.

3. Jangan belanja makanan saat kondisi sedang lapar

Saat Anda sedang belanja makanan dengan kondisi perut lapar, hal ini dapat membuat Anda ‘lapar mata’ dan akhirnya memborong banyak makanan untuk disantap. Kebiasaan ini dapat menyebabkan Anda makan berlebihan sehingga berat badan tidak bisa dikontrol.Cobalah buat daftar makanan terlebih dahulu yang harus dibeli supaya Anda tidak membeli makanan secara berlebihan. Selain itu, cobalah untuk membeli makanan sehat, seperti sayur-mayur dan buah-buahan, agar rencana diet Anda akan berjalan lancar.

4. Duduk saat makan dan gunakan piring

Mengonsumsi makanan langsung dari bungkusnya, apalagi sambil berdiri, dapat membuat Anda lupa sudah berapa banyak makanan yang masuk ke dalam mulut.Maka dari itu, cobalah untuk membiasakan makan sambil duduk dan menggunakan piring. Dengan begitu, Anda akan sadar berapa banyak makanan yang sudah disantap.

5. Rajin mengukur berat badan

Setiap bangun tidur, cobalah ukur berat badan Anda. Kebiasaan ini dipercaya dapat meningkatkan motivasi Anda dalam menurunkan berat badan.Penelitian telah membuktikan, 47 partisipan yang rutin mengukur berat badannya setiap hari berhasil menurunkan 6 kilogram berat badannya selama 6 bulan, dibandingkan mereka yang jarang mengukur berat badannya.

6. Berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur di bawah sinar matahari dapat menjadi kebiasaan yang bikin cepat kurus
Berjemurlah di bawah sinar matahari, namun jangan berlebihan
Kebiasaan yang bikin cepat kurus selanjutnya adalah berjemur di bawah sinar matahari. Sebuah riset kecil mengungkapkan, terpapar sinar matahari dalam kadar yang sedang saja dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses menurunkan berat badan Anda.Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari juga bisa membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D. Vitamin ini dipercaya bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

7. Praktikkan mindfulness

Mindfulness adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk membantu Anda fokus terhadap apa yang terjadi saat ini.Mempraktikkan mindfulness terbukti bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kebiasaan yang menyebabkan obesitas.

8. Jangan begadang

Tidur lebih awal setiap malam dapat membantu Anda mendapatkan jam tidur ekstra. Kebiasaan ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan Anda.Kekurangan tidur dinilai mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Maka dari itu, usahakan untuk mendapatkan kualitas dan jam tidur yang lebih baik lagi.

9. Cobalah berjalan atau bersepeda ke kantor

Jika memang rumah Anda tidak terlalu jauh dari kantor, cobalah biasakan berjalan kaki atau bersepeda saat Anda ingin ke kantor.Sebuah riset yang diikuti oleh 15.777 orang membuktikan, menggunakan transportasi publik, berjalan kaki, atau bersepeda memiliki indeks masa tubuh dan persentase lemak yang lebih rendah, dibandingkan mereka yang menggunakan kendaraan pribadi.

Catatan dari SehatQ

Selain berolahraga dan mengurangi porsi makan, Anda bisa mencoba berbagai kebiasaan yang bikin cepat kurus di atas. Dengan begitu, berat badan ideal bisa Anda raih. Jika Anda ingin tahu tips menurunkan berat badan ampuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
menurunkan berat badanhidup sehatpola hidup sehat
HSPH Harvard Edu. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-weight/#:~:text=Maintaining%20a%20healthy%20weight%20is,risk%20of%20many%20different%20cancers.
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-morning-habits#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 3 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/obesity/features/top-10-habits-that-can-help-you-lose-weight#1
Diakses pada 3 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait