Kenali Ciri-ciri Orang Jujur yang Sebenarnya, Agar Anda Tak Tertipu

(0)
09 Jan 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri-ciri orang jujur tidak bisa dilihat dari mata, tapi perlakuan dan caranya berbicaraCiri-ciri orang jujur perlu dikenali supaya Anda tidak sering dibohongi
Terkadang, saat kebohongan terus-menerus terdengar, ingin rasanya punya kemampuan untuk membaca isi pikiran dan hati para pembohong. Namun sayangnya, kemampuan itu sulit didapatkan. Saat ini, hal yang paling mungkin dilakukan adalah dengan mengenali ciri-ciri orang jujur dan cara membedakannya dari para pembohong.Bagi Anda yang sudah lelah dibohongi, mulai siapkan diri untuk terhindar dari perkataan-perkataan manis yang mungkin tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Sebab, kita mungkin akan sulit untuk mengubah karakter seorang pembohong untuk menjadi jujur. Namun, kita bisa belajar untuk menghindari ucapan-ucapan bohong yang terus dilontarkan lawan bicara.

Ciri-ciri orang jujur yang bisa Anda percaya

Ciri-ciri orang jujur, tidak suka berbohong termasuk ke dirinya sendiri
Tidak suka membohongi diri sendiri termasuk ciri-ciri orang jujur
Menjadi orang jujur itu tidak mudah. Setiap orang pun pasti pernah berbohong. Jadi, sebenarnya kriteria apa yang membuat seseorang bisa dikatakan jujur?

1. Tidak merasa harus menyenangkan semua orang

Orang yang suka berbohong adalah orang yang hipokrit. Bilang suka padahal benci, bilang tidak takut padahal takut, atau tersenyum di depan, padahal dalam hati menangis. Banyak orang yang menjadi hipokrit, semata-mata untuk menyenangkan orang lain, seperti pasangan, orangtua, atau teman dan sahabat.Orang yang jujur, biasanya tidak akan melakukan itu. Mereka tidak akan berpura-pura ramah pada orang yang tidak disukai. Mereka juga tidak akan memoles fakta-fakta tertentu hanya untuk menyenangkan orang lain, seperti orangtua atau atasan di tempat bekerja. Bagi orang jujur, apa yang dirasakan, itulah yang ia tunjukkan.

2. Tidak suka basa-basi

Budaya basa-basi masih kental hadir di masyarakat Indonesia. Momen ini biasanya digunakan untuk membicarakan hal-hal tersier yang tujuannya biasanya hanya satu, supaya dikagumi, bahkan oleh orang-orang yang tidak terlalu dikenal.Orang-orang yang jujur, akan merasa kesulitan melewati momen ini. Mereka tidak akan membuang banyak waktu untuk berbicara dan basa-basi dengan orang-orang yang tidak mereka senangi atau tidak memiliki pemikiran yang serupa.

3. Tidak membohongi diri sendiri

Salah satu ciri-ciri orang jujur sudah pasti tidak berbohong ke orang lain. Namun ada yang lebih susah dari itu, yaitu jujur pada diri sendiri. Bagi orang jujur, berbohong pada diri sendiri, rasanya seperti menjembatani ego supaya bisa merasa lebih baik, padahal sebenarnya, keadaan sedang tidak baik-baik saja. Orang-orang jujur ini merasa, membohongi diri sendiri bisa merusak gambaran identitas diri serta mengurangi harga diri, di mata mereka sendiri.

4. Mempunyai kepribadian dan pikiran yang tenang

Berbohong memang mudah dilakukan, tapi sulit dipertahankan. Jadi, orang yang suka berbohong, sebenarnya memiliki beban pikiran yang berat, karena selalu mencari cara untuk menutupi ketidakjujurannya.Sebaliknya, orang yang jujur, tidak memiliki beban tersebut. Menurut penelitian, orang jujur lebih bisa merasa bahagia dalam hidupnya. Ditambah, kondisi tubuhnya pun secara umum biasanya lebih sehat.

5. Memahami cara membangun hubungan yang berarti

Orang-orang yang jujur sangat merasa tidak nyaman dengan kebohongan. Sehingga, saat memutuskan untuk menjalin suatu hubungan, mereka akan mendasarinya dengan kepercayaan. Mereka juga akan berharap, orang-orang di sekitarnya melakukan hal yang sama.

Ciri-ciri orang suka berbohong

Bedakan ciri-ciri orang jujur dengan yang suka bohong
Kenali ciri-ciri orang bohong agar tidak tertipu
Benarkah mengetahui ciri-ciri orang jujur, cukup untuk bisa membuat Anda terhindari dari kebohongan? Mungkin iya, mungkin juga tidak. Namun, tidak ada salahnya Anda membandingkannya dengan ciri-ciri orang yang sedang berbohong di bawah ini.
  • Bicaranya tidak jelas dan tidak rinci
  • Mengulang pertanyaan yang Anda berikan sebelum menjawabnya
  • Bicara terputus-putus dan kalimatnya tidak padu
  • Tidak bisa memberikan detail pada peristiwa yang diceritakan
  • Melakukan grooming behaviour, seperti memainkan rambut dan menaruh jari di bibir
  • Tidak yakin akan topik yang diceritakannya
  • Merasa terganggu saat ada orang yang menanyakan kebenarannya
  • Bercerita tanpa ekspresi
  • Postur tubuh terlihat seperti orang bosan, karena tidak ingin ditanya lebih jauh
  • Berpikir terlalu keras untuk menyampaikan detail cerita
Meski banyak orang menilai bahwa mata bisa menjadi tolok ukur utama dalam mengetahui kebohongan, tapi nyatanya, ada seorang peneliti yang mengemukakan bahwa hal tersebut tidaklah tepat.Mata yang tidak fokus saat bercerita, bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut sedang mencoba mengakses memori yang sudah tersimpan cukup jauh. Memang tidak mudah mengenali ciri-ciri orang jujur. Namun, hal ini berguna untuk dipelajari. Siapa yang tahu, jika suatu saat nanti Anda dihadapkan pada kebohongan yang berpotensi merugikan? Sehingga, tidak ada salahnya menjadi lebih waspada.
kesehatan mentalpercintaanputus cinta
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-tell-if-someone-is-lying-2795917
Diakses pada 9 Januari 2020
Exploring Your Mind. https://exploringyourmind.com/honest-people-characteristics-behavior/
Diakses pada 9 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait