Keramas Setiap Hari Boleh atau Tidak? Ini Penjelasannya


Boleh atau tidaknya keramas setiap hari tergantung pada kondisi rambut masing-masing. Namun, pada umumnya, terlalu sering keramas dapat menyebabkan rambut kering dan rusak.

0,0
16 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Keramas setiap hari dapat menyebabkan rambut kering dan rusakKeramas sebaiknya tidak dilakukan setiap hari
Keramas merupakan salah satu aktivitas penting dalam menjaga rambut Namun, bolehkah keramas setiap hari? Hingga saat ini, belum ada jawaban yang pasti dari para ahli mengenai hal ini. Semuanya tergantung pada kondisi rambut dan kulit kepala masing-masing. Berbeda dengan tubuh yang harus dibersihkan setiap hari, rambut dan kulit kepala tidak demikian.
Sampo yang digunakan saat keramas dirancang untuk membersihkan kulit kepala dan  menghilangkan minyak berlebih. Akan tetapi, jika sampo digunakan terlalu sering atau terlalu berlebihan, maka bisa menimbulkan sejumlah efek keramas setiap hari yang bisa merusak rambut Anda.Simak penjelasan berikut untuk mengetahui berbagai dampak keramas setiap hari dan berapa kali frekuensi keramas yang direkomendasikan.

Efek keramas setiap hari

Sampo tidak hanya membersihkan, tetapi bisa juga menghilangkan minyak alami (sebum) yang dihasilkan rambut. Sampo akan mengikat kelebihan minyak, kotoran, dan berbagai residu dari rambut, kemudian membawanya pergi saat dibilas.Bahaya keramas setiap hari dapat menghilangkan semua minyak alami di kulit kepala. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi terlalu kering sekaligus rapuh.Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rambut terlalu kering. Pertama, sebaiknya Anda hanya keramas sesuai dengan kebutuhan. Kedua, gunakan sampo pada akar rambut saja. Helai rambut hingga ke ujung-ujungnya akan turut dibersihkan saat Anda membilasnya.

Frekuensi keramas yang dianjurkan

Wanita keramas
Jenis rambut tertentu mungkin membutuhkan keramas yang lebih jarang
Jika keramas setiap hari tidak dianjurkan, lalu sebaiknya berapa kali kita keramas? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan berapa sering Anda harus keramas.

1. Jenis rambut

Jenis rambut dapat menentukan apakah Anda harus keramas setiap hari atau tidak. Rambut lurus lebih mudah dilapisi sebum dan lebih cepat terlihat berminyak. Sementara itu, rambut keriting atau bergelombang cenderung lebih kering dan justru membutuhkan minyak agar rambut tetap lembap dan terlihat lembut.Maka orang dengan rambut lurus akan membutuhkan keramas lebih sering dari orang dengan rambut keriting atau bergelombang. Orang-orang yang memiliki rambut sangat keriting, paling sedikit memerlukan keramas.Efek keramas setiap hari dapat membuat rambut jenis ini mudah rontok. Menurut American Academy of Dermatology, orang dengan rambut bertekstur sebaiknya cukup keramas sekitar satu atau dua minggu sekali saja.

2. Kondisi kulit kepala

Kondisi kulit kepala juga dapat mempengaruhi kebersihan rambut. Orang dengan kulit kepala sangat kering cenderung menghasilkan sedikit sebum. Maka dari itu, sebaiknya keramas lebih jarang untuk menjaga rambut tetap lembut dan berkilau.Sebaliknya, orang dengan kulit kepala yang sangat berminyak mungkin dapat merasakan manfaat keramas setiap hari. Kulit kepala berminyak dapat membuat rambut lebih mudah kotor bahkan memicu jerawat, maka sebaiknya Anda keramas lebih sering agar rambut tetap terlihat bersih.

3. Minyak

Minyak merupakan penyebab rambut sering terasa lepek atau kotor. Produksi minyak di kepala dapat berbeda tergantung jenis kelamin, usia, genetik, dan lingkungan. Beberapa orang mungkin saja memproduksi minyak berlebihan yang membuatnya harus keramas setiap hari, walaupun ini bukan mayoritas.Di sisi lain, sebagian orang lainya mungkin memiliki rambut kering yang sangat rapuh dan mudah rusak karena keramas. Jika demikian, Anda mungkin hanya perlu keramas satu atau dua minggu sekali. Kebanyakan orang menghasilkan cukup minyak dan hanya perlu keramas beberapa hari sekali.

4. Keringat

Produksi keringat juga bisa sangat menentukan apakah Anda perlu keramas setiap hari atau tidak. Selain dapat menyebarkan sebum, keringat juga dapat menyebabkan aroma tidak sedap pada kepala.Maka dari itu, sebaiknya keramas dilakukan setelah berolahraga atau melakukan pekerjaan yang menyebabkan keringat berlebihan. Demikian juga jika Anda mengenakan topi atau helm untuk waktu yang lama.

5. Produk penata rambut

Sering menggunakan produk-produk penata rambut seperti hair spray, dapat membuatnya menumpuk di rambut dan kulit kepala sehingga menyebabkan iritasi dan kerusakan.Sebaiknya bersihkan dengan keramas lebih sering jika Anda menggunakan produk penata rambut, khususnya yang berbahan keras.

6. Kotoran

Selain minyak dan keringat, kotoran fisik seperti residu, debu dan polusi dari lingkungan dapat terperangkap di rambut dan membuatnya terlihat kusam. Jika Anda selalu berada di lingkungan seperti ini, mungkin ada manfaat keramas setiap hari dalam menjaga rambut tetap bersih.Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait seberapa sering Anda harus keramas. Tidak banyak orang yang bisa mendapatkan manfaat keramas setiap hari.Mereka umumnya adalah orang-orang yang memiliki rambut sangat halus, banyak berolahraga dan berkeringat, serta tinggal di tempat yang sangat lembap. Demikian juga jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, maka efek keramas setiap hari mungkin bisa menguntungkan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan rambutrambut kering
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/how-often-wash-hair#1
Diakses 4 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-wash-your-hair#alternative-shampoos
Diakses 4 Oktober 2021
GQ. https://www.gq.com/story/how-often-should-you-shampoo
Diakses 4 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319848#how-often-to-shampoo-your-hair
Diakses 4 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait