Kerap Pusing Atau Mual Tiba-Tiba? Mungkin Ini Jawabannya


Merasakan pusing tiba-tiba atau mual tiba-tiba bisa mengganggu aktivitas. Bahkan membahayakan. Rasa yang muncul mulai dari pusing, tidak seimbang, hingga sensasi sekeliling seakan berputar (vertigo).

(0)
26 Nov 2020|Azelia Trifiana
Pusing tiba-tiba disertai mual bisa menjadi pertanda gejala penyakitPusing tiba-tiba disertai mual bisa jadi indikator penyakit
Merasakan pusing tiba-tiba atau mual tiba-tiba bisa mengganggu aktivitas. Bahkan membahayakan. Rasa yang muncul mulai dari pusing, tidak seimbang, hingga sensasi sekeliling seakan berputar (vertigo). Terkadang, kondisi ini disertai dengan keinginan untuk muntah.Apabila hal ini terjadi cukup sering, sebaiknya pastikan apa yang terjadi dengan bertanya ke dokter. Ada banyak pemicunya, bisa jadi perlu penanganan sesegera mungkin.

Penyebab pusing dan mual tiba-tiba

Ada banyak kondisi yang paling sering menyebabkan seseorang merasa mual dan pusing tiba-tiba, seperti:

1. Masalah telinga bagian dalam

Dari seluruh anatomi telinga, telinga bagian dalam berperan dalam mengatur keseimbangan. Apabila otak menerima sinyal dari telinga bagian dalam yang tidak sesuai dengan informasi sensori, maka dapat menyebabkan pusing tiba-tiba. Jika cukup parah, orang yang mengalaminya bisa merasakan vertigo.

2. Vertigo posisi paroksismal jinak

Vertigo dapat menyebabkan pusing tiba-tiba
Kondisi ini memicu sakit kepala tiba-tiba dan terasa intens. Sensasinya seperti apapun yang ada di sekitar berputar dan berayun. Apabila cukup parah, kerap kali disertai dengan mual dan muntah.Dalam vertigo jenis ini, gejalanya kerap muncul saat mengubah posisi kepala. Setiap kali terjadi, hanya berlangsung kurang dari 1 menit. Meski demikian, vertigo jenis ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.Pemicu terjadinya vertigo ini bisa karena ada kristal telinga bagian dalam yang lepas. Padahal, kristal ini sangat sensitif terhadap gravitasi. Itulah mengapa perubahan posisi kepala dapat menyebabkan sakit kepala mendadak.Selain itu, vertigo ini bisa juga terjadi karena dipicu posisi belakang kepala yang tidak alami dalam waktu lama, seperti berbaring di kursi dokter gigi.

3. Penyakit Meniere

Orang yang menderita Meniere juga bisa merasakan sakit kepala tiba-tiba yang menyebabkan mual. Gejala awalnya bisa berupa sensasi telinga seakan menutup atau berdenging. Pemicunya adalah akumulasi cairan di telinga bagian dalam karena infeksi, genetik, maupun reaksi autoimun.

4. Radang telinga bagian dalam

Mual tiba-tiba juga bisa terjadi karena radang di telinga bagian dalam, seperti dalam kondisi:
  • Labirinitis apabila struktur labirin di telinga dalam meradang
  • Vestibular neuritis apabila saraf vestibulocochlear di telinga dalam meradang
Pada kedua kondisi ini, mual dan pusing bisa terjadi tiba-tiba. Tak hanya itu, bisa dirasakan muntah, tak seimbang, telinga berdenging, bahkan gangguan pendengaran.

5. Migrain vestibular

cewek pusing
Migrain menyebabkan sebelah kepala pusing
Sesuai namanya, mual dan pusing tiba-tiba dalam kondisi ini berkaitan erat dengan serangan migrain. Umumnya, gejala lain yang menyertai adalah sensitif terhadap cahaya atau suara. Ada kemungkinan penderitanya tidak merasakan sakit kepala.Lamanya gejala ini muncul bervariasi, mulai dari beberapa menit hingga beberapa hari. Pemicunya bisa karena stres, kurang istirahat, atau mengonsumsi makanan tertentu. Faktor genetik juga bisa berperan.

6. Hipotensi ortostatik

Kondisi ini terjadi apabila tekanan darah mendadak turun saat berganti posisi dengan cepat. Contohnya saat duduk dari posisi berbaring atau berdiri dari posisi duduk. Ada yang mengalaminya tanpa gejala berarti, namun terkadang juga disertai mual, sakit kepala, bahkan hilang kesadaran.Hipotensi ortostatik juga terkadang berkaitan dengan masalah saraf, penyakit jantung, atau konsumsi obat tertentu. Tentunya ketika tekanan darah turun, artinya aliran darah ke otak, otot, dan juga organ berkurang sehingga terjadilah gejala hipotensi ortostatik.

7. Serangan stroke selintas

Kerap disebut ministroke, gejala dari transient ischemic attack ini hanya berlangsung beberapa menit. Pemicunya adalah aliran darah ke otak yang berkurang sementara. Meski langka, kondisi ini bisa menjadi penyebab pusing tiba-tiba.Tak hanya itu, ada gejala lain yang mungkin menyertai seperti rasa kebas di satu sisi tubuh, kesulitan berbicara, tidak seimbang, gangguan penglihatan, dan juga merasa bingung.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan

Apabila terjadi di momen penting seperti saat berkendara atau mengoperasikan alat berat, pusing dan mual tiba-tiba ini bisa berbahaya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah pertolongan pertama, yaitu:
  • Segera duduk saat merasa pusing tiba-tiba
  • Setelah pusing hilang, berdiri dengan perlahan
  • Tidak memaksakan berdiri atau berjalan sampai pusing hilang
  • Jika harus berjalan, lakukan dengan perlahan
  • Berjalan dengan alat bantu seperti tongkat atau berpegangan pada benda
  • Menghindari konsumsi kafein dan alkohol
Kondisi mual dan pusing tiba-tiba yang terjadi cukup sering, parah, dan lama setiap episodenya perlu diperiksa lebih jauh. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lengkap untuk tahu diagnosis pasti penyebabnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar penyebab mual dan pusing mendadak serta pemicunya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitmigrainpusing
Healthline. https://www.healthline.com/health/sudden-dizziness-2
Diakses pada 13 November 2020
HHS Public Access. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1779945/
Diakses pada 13 November 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dizziness/symptoms-causes/syc-20371787
Diakses pada 13 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait