5 Khasiat Daun Seledri untuk Pria yang Patut Anda Pertimbangkan

(0)
06 Jan 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Khasiat daun seledri untuk pria meliputi meningkatkan kesehatan seksual dan tekanan darahDaun seledri dianggap punya beberapa khasiat untuk pria
Daun seledri dikenal sebagai salah satu sayur-mayur yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Sayuran ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, mulai dari vitamin A, C, dan K; berbagai jenis antioksidan; hingga mineral seperti asam folat dan kalium. Di balik kandungan nutrisi ini, ternyata ada khasiat daun seledri untuk pria yang bisa Anda nikmati. Apa saja khasiat tersebut?

Khasiat seledri untuk pria

Daun seledri memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang dipercaya dapat meningkatkan berbagai aspek kesehatan seksual pria, misalnya vitamin C dan fitonutrien.Untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh vitamin C, fitonutrien, dan berbagai nutrisi penting lainnya terhadap kesehatan pria, berikut adalah penjelasan yang bisa Anda simak.

1. Dianggap mampu meningkatkan kesuburan

Daun seledri mengandung banyak vitamin C dan fitonutrien, yakni senyawa tanaman antioksidan yang terbukti secara ilmiah memiliki komponen antiradang. Khasiat daun seledri untuk pria yang bisa Anda dapatkan dari berbagai kandungan ini adalah peningkatan kesehatan seksual.Lebih tepatnya, asupan yang mengandung antioksidan seperti daun seledri dapat membantu meningkatkan jumlah dan motilitas (pergerakan) sperma. Kedua hal ini merupakan faktor penting dalam menentukan kesuburan pria.Meski demikian, penelitian lanjutan pada manusia diperlukan untuk mengetahui manfaat daun seledri secara spesifik terhadap kesuburan pria.

2. Berpotensi menurunkan tekanan darah

Daun seledri dan jusnya dipercaya bisa membantu mengontrol tekanan darah. Alasan mengapa khasiat ini dikaitkan dengan kesehatan pria adalah tekanan darah yang tinggi sering dikaitkan dengan disfungsi ereksi atau impotensi pada pria.Khasiat daun seledri untuk pria ini bersumber dari kandungan nitrat di dalamnya. Nitrat dianggap bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah.Selain itu, sayur-mayur seperti daun seledri juga dianggap bisa meredakan gejala impotensi. Akan tetapi, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk benar-benar membuktikan klaim ini.

3. Sumber vitamin K yang baik untuk pria

Daun seledri merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K. Vitamin ini merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah.Secangkir daun seledri (sekitar 124 gram) dapat memenuhi 30 persen kebutuhan harian vitamin K pada pria. Mengonsumsi daun seledri secara rutin merupakan salah satu cara paling mudah untuk membantu menjaga kadar vitamin K dalam tubuh.Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan khasiat daun seledri untuk pria dalam bentuk pembekuan darah yang efisien dan meningkatkan kesehatan tulang.

4. Dipercaya bisa meningkatkan kadar androsteron

Androsteron adalah salah satu bagian dalam hormon seks testosteron. Hormon ini memiliki peran besar dalam kemunculan bulu yang menyelimuti badan Anda, mengatur gairah seksual, massa tulang, distribusi lemak, massa dan kekuatan otot, hingga produksi sel darah merah dan sperma.Daun seledri dianggap memiliki kandungan androsteron yang tinggi sehingga dipercaya bisa meningkatkan hormon testosteron dan gairah seksual pada pria. Meski demikian, khasiat daun seledri untuk pria ini belum memiliki bukti yang konkret dan memerlukan penelitian lanjutan.

5. Diklaim sebagai afrodisiak

Afrodisiak adalah berbagai makanan atau obat-obatan yang dapat menstimulasi gairah seksual. Seledri diklaim sebagai afrodisiak karena mengandung komponen feromon yang bisa ditemukan saat dikonsumsi.Feromon adalah hormon kimia yang berfungsi di luar tubuh dan memainkan peran dalam ketertarikan secara seksual. Androsteron digolongkan sebagai salah satu feromon karena bisa ditemukan dalam keringat manusia.Meski demikian, penelitian lanjutan dibutuhkan untuk memastikan potensi khasiat daun seledri untuk pria ini.Berbagai khasiat daun seledri untuk pria di atas memiliki satu kesamaan, yakni belum benar-benar terbukti secara ilmiah. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mencobanya. Anda tetap bisa mengonsumsi daun seledri asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatseledrireproduksi pria
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/celery-benefits-for-men#myths-vs-science
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/health-benefits-of-celery
Diakses pada 23 Desember 2020
NIH. https://www.nih.gov/news-events/nih-research-matters/understanding-how-testosterone-affects-men#:~:text=Testosterone%20is%20a%20sex%20hormone,estradiol%2C%20a%20form%20of%20estrogen.
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait