Komedo di Pipi Mengganggu? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya


Komedo di pipi dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara menghilangkan komedo di pipi agar tak muncul lagi.

(0)
02 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Komedo di pipi dapat ditangani secara maksimal oleh dokter kulitAnda tidak disarankan untuk memecahkan komedo di pipi karena bisa memperparah infeksi
Kemunculan komedo di pipi sangatlah menjengkelkan. Selain menurunkan rasa percaya diri, komedo di pipi dapat mengganggu penampilan. Untuk mencegah kedatangannya, kenali penyebab dan cara menghilangkan komedo di pipi agar tak datang lagi di kemudian hari.

Penyebab komedo di pipi bisa terjadi

Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang muncul saat penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih menyumbat pori-pori. Sederhananya, komedo di pipi adalah jenis jerawat yang belum meradang. Ada dua jenis komedo yang paling sering dialami, yakni komedo putih atau whiteheads dan komedo hitam atau blackheadsSelain itu, masih ada berbagai faktor risiko lain yang dapat menyebabkan kemunculan komedo di pipi, yaitu:

1. Faktor genetik

Salah satu penyebab komedo di pipi muncul bisa jadi karena faktor genetik atau keturunan. Jika orangtua atau anggota keluarga memiliki jenis kulit berminyak, maka Anda kemungkinan besar memiliki kulit yang berminyak. Keberadaan minyak berlebih di kulit wajah inilah yang kemudian dapat berisiko menyumbat pori-pori. Akibatnya, kemunculan komedo tidak dapat terhindarkan. Apalagi jika Anda mempunyai pori-pori besar di area pipi, maka komedo akan lebih mudah timbul.

2. Mengeluarkan komedo sendiri

Komedo di pipi sebaiknya tidak dipecahkan
Jangan mengeluarkan komedo di pipi dengan tangan sendiri
Penyebab komedo di pipi berikutnya adalah kebiasaan buruk untuk mengeluarkan komedo sendiri. Faktanya, mengeluarkan komedo sendiri justru dapat membuat pori-pori menjadi rusak dan komedo akan kembali muncul. Mengeluarkan komedo sendiri tanpa bantuan dokter kulit dapat menginfeksi area kulit di sekitarnya. Akibatnya, infeksi yang terjadi bisa semakin parah. Selain menimbulkan luka yang sulit dihilangkan di kemudian hari, kebiasaan buruk ini malah akan memicu datangnya komedo lagi.

3. Menggunakan produk kecantikan yang menyumbat pori-pori

Komedo di pipi juga bisa muncul saat Anda terlalu sering menggunakan produk kecantikan yang menyumbat pori-pori, seperti masker wajah atau krim pelembap.  Maka dari itu, gunakanlah produk kecantikan yang tak mengandung minyak dan nonkomedogenik (yang tak menyumbat pori-pori), guna mencegah datangnya komedo di pipi.

4. Penggunaan produk perawatan kulit yang membuat kulit kering

Komedo di pipi bisa juga karena penggunaan produk skincare yang membuat kulit kering
Penggunaan obat jerawat bisa membuat kulit kering
Memang benar bahwa komedo di pipi disebabkan oleh produksi minyak berlebih di wajah yang menyumbat pori-pori bersama dengan penumpukan sel kulit mati. Namun, bukan berarti Anda boleh menggunakan produk perawatan kulit atau skincare yang bersifat mengeringkan kulit wajah secara berlebihan.Sebut saja, produk perawatan kulit atau skincare untuk mengobati jerawat yang mengandung benzoil peroksidaBenzoil peroksida dipercaya dapat menyebabkan kulit wajah kering sehingga membuat kelenjar minyak kewalahan dan memproduksi lebih banyak minyak.Bukannya menghilangkan, kondisi ini malah menyebabkan munculnya lebih banyak komedo di pipi Anda. Itulah mengapa Anda lebih disarankan untuk menjaga kelembapan di wajah, daripada membuatnya benar-benar kering.

5. Tidur dengan makeup

Tak sedikit wanita yang malas atau sering lupa membersihkan make up sebelum tidur. Hasilnya, mereka tidur dengan make up yang masih menempel pada wajah. Kebiasaan buruk ini dapat menjadi penyebab munculnya komedo di pipi.Untuk menghindarinya, jangan malas memberishkan make up di wajah sampai bersih sebelum tidur di malam hari. Hal ini dapat mencegah kemunculan komedo di pipi yang mengganggu.

Cara menghilangkan komedo di pipi yang ampuh

Selain membersihkannya, fokus utama dari cara menghilangkan komedo di pipi adalah mencegah kemunculannya agar tidak datang kembali. Adapun berbagai cara menghilangkan komedo di pipi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan wajah dengan rutin

komedo di pipi bisa diatasi dengan rutin membersihkan wajah
Cuci muka dua kali sehari dapat membersihkan pori-pori wajah
Salah satu cara menghilangkan komedo di pipi adalah membersihkan wajah. Anda dapat membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.Cara menghilangkan komedo hitam di pipi ini penting untuk mengangkat debu, minyak, dan kotoran lain yang rentan dapat menyumbat pori-pori. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan dan mencegah komedo di pipi.Gunakan sabun cuci muka yang tepat sesuai jenis kulit agar tidak menyebabkan kulit memerah atau iritasi. 

2. Gunakan produk mengandung asam salisilat

Cara menghilangkan komedo di pipi bisa menggunakan produk skincare mengandung asam salisilat. Asam salisilat bekerja dengan mengangkat produksi minyak alami atau sebum di kulit dan penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan bahan aktif ini tak hanya membersihkan penyumbatan pori-pori sekaligus mencegah kemunculan komedo hitam. Anda bisa menemukan kandungan asam salisilat dalam produk skincare, seperti sabun cuci muka, toner wajah, astringent, pelembap, hingga serum. Gunakan salah satu produk skincare yang mengandung asam salisilat tersebut. Terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit mengandung asam salisilat dapat membuat kulit wajah kering sehingga pori-pori jadi tidak terlihat. 

3. Lakukan eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah merupakan pilihan cara menghilangkan komedo di pipi. Eksfoliasi atau pengelupasan adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Proses pengelupasan sel kulit mati disarankan bagi Anda yang memiliki jerawat tidak meradang, seperti komedo putih atau komedo hitam. Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah setiap seminggu sekali menggunakan produk eksfoliasi wajah, seperti asam salisilat (BHA), atau AHA, seperti glycolic acid, lactic acid, atau asam sitrat. Gunakan produk eksfoliasi wajah yang mengandung AHA atau BHA dengan cara memijat kulit wajah secara lembut. Hindari menggosok kulit saat melakukan eksfoliasi wajah karena dapat menyebabkan kulit iritasi. 

4. Gunakan masker lumpur

Masker lumpur bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan komedo di pipi
Gunakan masker lumpur setelah melakukan eksfoliasi wajah
Setelah melakukan eksfoliasi wajah, alangkah baiknya Anda melengkapi ritual cara menghilangkan komedo di pipi menggunakan masker wajah. Anda bisa menggunakan masker lumpur yang baik untuk jenis kulit berminyak. Gunakan masker lumpur setiap 1-3 kali dalam seminggu untuk membersihkan pori-pori wajah. Masker lumpur bekerja dengan mengangkat kelebihan minyak dan kotoran yang menumpuk. Dengan demikian, tampilan wajah Anda pun menjadi matte atau tidak terlalu berminyak. Pori-pori kulit wajah pun akan terlihat lebih kecil. 

5. Pakai masker wajah alami

Selain masker lumpur, berbagai masker wajah alami dipercaya dapat mengangkat penumpukan sel kulit mati sehingga komedo dapat diatasi. Menurut sebuah riset dari Journal of Drugs in Dermatology, masker wajah oatmeal bersifat anti peradangan dan bisa digunakan untuk mengatasi komedo.Untuk menggunakannya, campurkan 2 sendok teh oatmeal, 3 sendok teh yogurt, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Aduk sampai seluruh bahan tercampur merata. Setelah itu, oleskan masker alami tersebut pada area pipi yang sudah dibersihkan. Lalu, diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas wajah sampai bersih.

6. Oleskan krim mengandung vitamin A

Cara menghilangkan komedo di pipi lainnya adalah mengoleskan krim mengandung vitamin A, seperti retinol atau retinoid. Baik retinol atau retinoid adalah senyawa turunan vitamin A yang dipercaya dapat mengangkat komedo di pipi dengan cara membersihkan folikel rambut dan memperbaiki tekstur kulit. Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Ampuh

7. Lakukan metode uap

Anda bisa melakukan metode uap sebagai cara menghilangkan komedo putih di hidung dan pipi.Metode uap dapat membantu membuka pori-pori untuk mengeluarkan penumpukan kotoran sel kulit mati. Selain itu, metode uap juga dapat melonggarkan pori-pori yang tersumbat, terutama yang terdapat komedo putih di pipi. Anda hanya perlu merebus air sampai mendidih. Jika sudah siap, pindahkan air mendidih ke dalam mangkuk atau wadah berukuran besar seara perlahan. Kemudian, dekatkan wajah Anda pada uap air panas tersebut selama 5-10 menit. Pastikan Anda menutup bagian kepala dengan handuk agar uap air panas hanya terpapar di bagian wajah Anda. 

8. Gunakan tea tree oil

Tea tree oil bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di pipi. Manfaat tea tree oil berasal dari efek antiradang dan antimikroba yang dimilikinya. Tak ayal bila tea tree oil dapat membantu membersihkan komedo putih di pipi. Anda bisa mengoleskan tea tree oil secara langsung pada permukaan wajah.Di samping itu, ada beberapa produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil, seperti sabun cuci muka, masker wajah, dan obat jerawat.  

9. Jaga hidrasi kulit dengan baik

Jangan biarkan kulit Anda kering dan tidak terhidrasi dengan baik. Kulit yang terjaga hidrasinya dapat menurunkan risiko penumpukan sel kulit mati yang jadi penyebab komedo muncul. Jadi, jaga hidrasi kulit dengan cara minum banyak air putih serta menggunakan pelembap berbasis air serta berlabel oil-free dan noncomedogenic

10. Berkonsultasi ke dokter kulit

komedo di pipi dapat diatasi oleh dokter kulit
Komedo di pipi dapat ditangani dokter kulit
Ketimbang memecahkan komedo secara paksa dengan tangan sendiri sebagai cara untuk menghilangkannya, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk meminta bantuan yang tepat. Pasalnya, memencet komedo sendiri malah dapat berisiko merusak pori-pori. Nah, dengan bantuan dari dokter kulit, komedo di pipi dapat diangkat dengan perawatan medis yang melibatkan teknologi canggih dan aman. Misalnya, mikrodermabrasi, chemical peeling, atau ekstraksi manual. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Dokter kulit dapat menentukan tindakan medis atau pengobatan sebagai cara menghilangkan komedo di pipi. Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi dengan Tepat

Catatan dari SehatQ

Komedo di pipi memang dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Maka dari itu, Anda disarankan untuk lebih rutin lagi menjaga kesehatan kulit agar komedo tidak datang lagi, atau justru berakhir dengan jerawat meradang. Jika perlu, datanglah ke dokter kulit untuk berkonsultasi mengenai cara menghilangkan komedo di pipi yang ampuh. Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar komedo di pipi. Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikankomedomasalah kulit
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads#1
Diakses pada 19 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/blackheads-on-cheeks#causes
Diakses pada 19 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-blackheads#face-blackhead-removal
Diakses pada 19 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-whiteheads#natural-remedies
Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait