L-Theanine, Rahasia di Balik Efek Menenangkan dalam Secangkir Teh


L-theanine adalah asam amino yang terkandung dalam teh. L-theanine tersedia dalam bentuk suplemen dan dikenal ampuh untuk meredakan stres

0,0
30 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
L-theanine adalah asam amino yang umum ditemukan dalam daun tehKandungan l-theanine dalam teh dilaporkan dapat mengurangi stres dan kecemasan
L-theanine adalah asam amino yang umum ditemukan dalam daun teh. L-theanine juga terkandung dalam kadar yang sedikit pada jenis jamur yang disebut Bay Bolete. Teh yang mengandung l-theanine termasuk teh hijau maupun teh hitam. 
L-theanine dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan, terutama untuk pengendalian stres. Karena memiliki potensi manfaat, l-theanine pun tersedia dalam bentuk suplemen. Suplemen l-theanine biasanya bisa dikonsumsi dalam bentuk pil atau tablet. Ketahui apa saja manfaat l-theanine.

Ragam manfaat l-theanine untuk kesehatan

Berikut ini ragam manfaat l-theanine yang amat menakjubkan:

1. Meredakan stres dan kecemasan

Menyesap secangkir teh di sore dan pagi hari menjadi favorit banyak orang karena dapat merilekskan pikiran. Efek tersebut memang diyakini berasal dari kandungan l-theanine dalam teh. L-theanine dilaporkan dapat mengurangi stres dan kecemasan pada orang yang mengalami situasi yang menguras pikiran.L-theanine disebutkan dapat memengaruhi kadar senyawa kebahagiaan di dalam otak. Senyawa tersebut termasuk serotonin dan dopamin – sehingga berpengaruh pula terhadap suasana hati, kualitas tidur, emosi, serta hormon stres yang disebut kortisol.L-theanine juga membantu meredakan kecemasan. Efek ini dilaporkan dalam sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Clinical Psychiatry, yang melibatkan responden penderita skizofrenia atau gangguan skizoafektif. 

2. Membantu pikiran lebih fokus

Alasan lain banyak orang menyukai teh adalah membantu diri dan pikiran lebih fokus. Kombinasi l-theanine dengan kafein memang dilaporkan dapat membantu meningkatkan rentang fokus dan perhatian.Sebuah studi menemukan bahwa kadar sedang L-theanine dan kafein (sekitar 97 mg dan 40 mg) membantu responden untuk lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Responden penelitian juga merasa lebih terjaga serta tidak terlalu lelah. Namun, menurut riset  lain, efek di atas dapat dirasakan hanya dalam 30 menit.

3. Memperbaiki kualitas tidur

L-theanine berpotensi bermanfaat untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Secara spesifik, l-theanine dengan dosis 250 mg dan 400 mg L-theanine membantu meningkatkan kualitas tidur pada hewan dan manusia, menurut sebuah riset. L-theanine dengan dosis 200 mg juga disebutkan dapat mengurangi detak jantung saat istirahat. Efek ini mengindikasikan kemampuan l-theanine untuk meningkatkan relaksasi.

4. Berpotensi memiliki sifat antikanker

Potensi manfaat lain dari l-theanine adalah dapat menguatkan efektivitas obat kemoterapi untuk kanker, seperti pada obat doxorubicin. Menurut sebuah penelitian pada hewan, l-theanine dapat membuat kerja obat doxorubicin lebih efektif terutama dalam meningkatkan jumlah obat dalam sel kanker.Mengonsumsi teh dengan rutin berpotensi memberikan efek yang sama, walau belum ada bukti yang definitif terkait hal ini. Hanya saja, disebutkan bahwa orang-orang yang rutin minum teh memiliki angka risiko kanker yang lebih rendah. Tak sampai di situ, minum teh juga dikaitkan dengan umur panjang. 

5. Mengendalikan tekanan darah

Potensi manfaat lain dari l-theanine adalah mengendalikan tekanan darah. Secara spesifik, asam amino ini dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami peningkatan tekanan darah saat menghadapi situasi stres.

6. Menguatkan daya tahan tubuh

Beberapa studi juga melaporkan potensi l-theanine untuk meningkatkan aktivitas sistem imun. Menurut sebuah studi dalam jurnal Beverages, l-theanine dapat menurunkan insidensi infeksi saluran pernapasan bagian atas. L-theanine juga turut dilaporkan dapat mengendalikan peradangan di usus. Namun, riset untuk premis manfaat ini masih diperlukan lebih lanjut.

7. Meredakan sinusitis

L-theanine disebutkan dapat meningkatkan gerakan silia di hidung. Silia adalah helai rambut di hidung yang membantu membersihkan lendir. Saat seseorang mengalami infeksi di sinusnya, fungsi silia tersebut dapat terganggu. Sinusitis membuat silia sulit mengeluarkan lendir sehingga menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak.Minum teh sebagai sumber l-theanine berpotensi dapat meningkatkan gerakan silia, sehingga pembersihan lendir atau mukus dapat mempercepat pemulihan.

Adakah efek samping l-theanine?

Belum ada efek samping yang dikonfimasikan dari penggunaan suplemen L-theanine. Secara umum, suplemen dan minuman teh yang mengandung L-theanine cenderung aman dikonsumsi.Hanya saja, walau l-theanine berpotensi bermanfaat dalam pemulihan kanker, teh juga mengandung zat lain yang dapat berbahaya bagi penderita penyakit ini. Misalnya, menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, polifenol EGCG dalam teh hijau dapat mengurangi efektivitas beberapa obat kemoterapi, seperti bortezomib.Oleh karena itu, penderita kanker yang menjalani kemoterapi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum teh hijau dalam jumlah besar atau jika ingin menjadikan teh hijau sebagai bagian dari pemulihan. Efek samping l-theanine juga bisa berasal dari efek samping minum teh secara umum. Mengonsumsi minuman berkafein seperti teh secara berlebihan dapat memicu efek negatif seperti mual, sakit perut, dan lekas marah.Wanita yang sedang hamil atau menyusui juga harus membatasi jumlah teh yang diminum untuk menghindari asupan kafein yang berlebihan. Anda bisa bertanya pada dokter terkait jenis makanan dan minuman yang aman untuk Anda. Anak-anak juga tidak boleh mengonsumsi teh secara berlebihan.

Catatan dari SehatQ

L-theanine adalah asam amino yang terkandung dalam teh dan menawarkan beragam khasiat kesehatan. Jika masih memiliki pertanyaan terkait manfaat l-theanine, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi terkait nutrisi yang terpercaya.
suplemenstreshormon kortisolteh
Healthline. https://www.healthline.com/health/l-theanine
Diakses pada 16 desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324120
Diakses pada 16 desember 2020
The Journal of Clinical Psychiatry. https://www.psychiatrist.com/JCP/article/Pages/l-theanine-relieves-positive-activation-anxiety-symptoms.aspx
Diakses pada 16 desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait