9 Lagu Anak-Anak yang Bisa Merangsang Kecerdasan Si Kecil

(0)
08 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Lagu anak-anak bermanfaat bagi perkembangan Si KecilMenyanyikan lagu anak-anak dapat membuat Si Kecil bahagia
Musik dapat menjadi sarana optimalisasi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, di tengah masifnya lagu-lagu untuk orang dewasa, penting bagi orangtua untuk memilihkan lagu anak-anak yang sesuai dengan usianya.

Manfaat lagu anak-anak

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh buah hati Anda dari mendengarkan musik, misalnya kemampuan berbahasa, berhitung, konsentrasi dan skill sosial. Berikut manfaat lengkap lagu anak-anak untuk tumbuh kembang si kecil:
  • Mengembangkan otak: studi saraf otak memperlihatkan bahwa anak yang gemar mendengarkan musik akan memiliki fungsi otak yang lebih prima.
  • Kemampuan berbahasa: lagu anak-anak dapat merangsang anak untuk berbicara dan membaca dengan lebih cepat. Pasalnya, musik merangsang perkembangan otak kiri yang berfungsi sebagai pengatur kemampuan berbahasa dan logika.
  • Kemampuan matematika: mendengarkan lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berhitung karena adanya ketukan irama pada lagu tersebut.
  • Mempertajam ingatan, fokus, dan konsentrasi: anak yang gemar mendengarkan musik akan terlatih untuk memiliki ingatan yang lebih baik sehingga mereka tetap bisa fokus mengerjakan banyak hal (multitasking), meski hanya dalam periode tertentu.
  • Memperbaiki suasana hati anak: irama lagu anak-anak yang biasanya ceria juga akan membawa suasana hati mereka menjadi riang. Sementara irama yang lebih pelan akan membuat anak merasa rileks, tidak stres, dan lebih mudah beristirahat.
Anda juga bisa mengenalkan lagu anak-anak dengan bahasa negara lain untuk memperkaya kosakata anak. Awalnya, mereka mungkin salah dalam pengucapan, namun Anda bisa mengoreksinya atau membiarkan anak melatih pendengarannya sendiri sehingga lama-kelamaan ia akan mengetahui kata dan makna yang benar.Perdengarkan juga lagu anak-anak ketika ia tengah bermain bersama teman-temannya. Mendengarkan musik bersama-sama dapat meningkatkan kemampuan sosial anak.

Rekomendasi lagu anak-anak

Lagu anak-anak bukan sekedar lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak. Anda pun sebaiknya memperhatikan lirik maupun kisah yang ada dalam lagu tersebut karena anak akan sangat terpengaruh pada aspek ini.Ada banyak jenis lagu anak-anak yang bisa Anda pilih, berikut beberapa rekomendasi yang dapat Anda pertimbangkan.
  • Kepala, Pundak, Lutut, Kaki

Lagu anak-anak ini mengajarkan anak untuk mengenali anggota tubuhnya, yakni kepala, pundak, lutut, kaki, mata, telinga, mulut, dan hidung. Sambil bernyanyi, Anda bisa bersama-sama dengan anak bergerak aktif dengan menunjuk bagian tubuh yang dimaksud.Lagu ini juga terdapat dalam bahasa Inggris dengan judul ‘head, shoulders, knees, and toes’.
  • Lihat kebunku

Lagi anak-anak yang satu ini mengajarkan pada anak untuk menghargai keindahan alam. Lagu ini juga mengenalkan warna kepada anak, sama halnya dengan lagu ‘balonku’.
  • Abang Tukang Bakso

Lagu ini berkisah tentang seorang anak yang ingin membeli semangkuk bakso. Irama lagu ini ceria sehingga dapat membangkitkan mood anak.
  • Bangun tidur

Lagu anak-anak ini menceritakan kegiatan anak yang baik sehabis bangun tidur, yaitu mandi, menggosok gigi, dan membersihkan tempat tidur. Anda dapat menjadikan lagu tersebut sebagai contoh pada anak agar ia disiplin dan menjaga kebersihan.
  • Satu-satu aku sayang ibu

Seperti judulnya, lagu anak-anak ini mengajarkan kepada si kecil untuk menyayangi orangtua dan saudaranya. Sambil bernyanyi, Anda juga dapat menanamkan nilai keluarga yang baik kepada anak.
  • Baby shark

Lagu anak-anak ini sangat booming dalam beberapa tahun belakangan karena iramanya yang ceria dan sudah di-cover dalam berbagai bahasa. Anda juga bisa melakukan joget baby shark yang seru bersama si kecil lho.
  • If you’re happy

Lagu anak-anak ini juga bernada ceria dan mengajarkan anak untuk mengekspresikan perasaannya sendiri. Lagu ini juga ada dalam bahasa Indonesia dengan judul ‘Kalau Kau Suka Hati’.
  • ABC

Mengajarkan anak alfabet menjadi lebih menyenangkan dengan lagu anak-anak yang satu ini. Selain dalam bahasa Inggris, lagu ini juga tersedia dalam bahasa Indonesia.
  • Happy birthday song

Lagu Ini seperti lagu wajib yang bisa dihapal oleh anak-anak. Ketika temannya ulang tahun, ia pun bisa menyanyikannya dengan lantang.Suatu penelitian menyatakan bahwa menyanyikan anak sebuah lagu atau bahkan bernyanyi bersama memiliki manfaat seperti dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, membangun interaksi sosial anak, meningkatkan mood, belajar bekerja sama, dan dapat menjadikan lagu sebagai media untuk menyampaikan pesan positif pada anak.Bila anak sudah berusia lebih besar, Anda juga dapat mengajaknya menyanyikan lagu anak dengan menggunakan instrumen. Dengarkan juga lagu anak-anak setiap hari untuk merangsang perkembangan motorik anak (lewat berjoget), pola pikir, dan kreativitasnya.
perkembangan anakmusik
Learning Potential Australian Government. https://www.learningpotential.gov.au/musical-benefits
Diakses pada 7 Januari 2020
Playgroup NSW. https://www.playgroupnsw.org.au/ParentResources/EarlyChildhoodDevelopment/importance-of-music-toddler-development
Diakses pada 7 Januari 2020
The Early Years Count by Queensland Government. https://www.earlyyearscount.earlychildhood.qld.gov.au/age-spaces/many-benefits-music/
Diakses pada 7 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4114289/
Diakses pada 7 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait