8 Langkah Pencegahan Narkoba agar Anak Tidak Menjadi Korbannya

(0)
17 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Langkah pencegahan narkoba pada anak harus dimulai dari Ayah dan Bundanya.Ayah dan Bunda harus aktif dalam melakukan langkah pencegahan narkoba, agar anak tidak menjadi korbannya.
dapat mengancam kesehatan dan masa depan anak muda. Sebagai orangtua, sudah sepatutnya Anda mengenal berbagai cara pencegahan narkoba agar anak tidak menjadi korbannya.

Mengenal langkah-langkah pencegahan narkoba di kalangan remaja

Terdapat beberapa faktor mengapa anak muda mengonsumsi narkoba, mulai dari gangguan mental, sifat impulsif, pernah menjadi korban kekerasan, hingga rasa percaya diri yang rendah.Peran Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu mereka terhindar dari narkoba. Oleh karena itu, kenali berbagai cara mencegah narkoba di kalangan anak muda berikut ini.

1. Diskusikan bahaya narkoba pada mereka

Cara pencegahan narkoba dapat dimulai dengan membekali anak-anak mengenai bahaya narkoba
Beri tahu anak mengenai bahaya narkoba
Menjalin komunikasi yang baik dapat memudahkan orangtua berdiskusi secara terbuka dengan anak. Sebagai salah satu cara menghindari narkoba dari kehidupan mereka, cobalah berdiskusi dengan anak-anak mengenai bahaya menggunakan narkoba.Beri tahu anak bahwa narkoba dapat berdampak buruk pada kesehatan dan hal-hal penting di kehidupannya, seperti hobi dan juga penampilan mereka. Dengan begitu, anak remaja dapat menyadari bahaya penggunaan narkoba.

2. Ajari mereka untuk mengatakan 'tidak'

Terkadang, anak remaja dapat tergiur untuk menggunakan obat-obatan terlarang akibat adanya tekanan dari teman sepermainan. Dengan mencoba barang haram itu, mereka merasa bisa berbaur dengan teman-temannya.Jika ini kasusnya, ada upaya pencegahan narkoba pada anak remaja yang bisa orangtua lakukan, yakni meminta si anak menjauhi teman-temannya yang suka mengonsumsi narkoba. Ajari anak untuk berani mengatakan 'tidak' saat ditawari hal-hal buruk oleh temannya.Mintalah anak untuk menjauh dan segera mencari teman yang membawa pengaruh baik untuk kehidupannya.

3. Bekali anak strategi untuk menghadapi tekanan hidup

Anak-anak yang merasa stres dan depresi akibat masalah hidup memiliki kemungkinan untuk mengonsumsi obat-obatan sebagai pelarian. Namun nyatanya, narkoba hanya akan membuat hidup mereka menjadi lebih suram untuk masa depan.Bekali anak dengan strategi menghadapi tekanan hidup lewat cara-cara yang lebih positif sebagai pencegahan narkoba. Misalnya, dukung dia untuk melakukan hal-hal positif, seperti berolahraga, membaca buku, hingga berkarya.

4. Atasi gangguan mental yang membuat anak mengonsumsi narkoba

Pencegahan narkoba dapat dimulai dengan mengatasi gangguan mental yang menyebabkan anak mengonsumsi narkoba
Gangguan mental dapat menjadi penyebab anak mengonsumsi narkoba
Salah satu cara efektif untuk stop narkoba pada anak remaja adalah mengatasi gangguan mental yang dideritanya. Sebab, gangguan mental adalah salah satu faktor penyebab seseorang mengonsumsi narkoba.Gangguan mental yang bisa membuat seseorang mengonsumsi narkoba cukup beragam, mulai dari gangguan cemas hinga depresi. Bantu anak untuk mengatasi keduanya sebagai langkah pencegahan narkoba. Jika perlu, ajak ia ke psikolog untuk mendapatkan bantuan langsung dari ahlinya.

5. Menciptakan peraturan yang ketat dan tegas

Bentuk pencegahan penyalahgunaan narkoba yang cukup efektif adalah menciptakan peraturan ketat dan tegas bagi anak.Misalnya, larang anak untuk pergi ke sebuah pesta di mana banyak pengguna narkoba. Selain itu, larang juga mereka untuk berkendara dengan seseorang yang sedang berada di bawah pengaruh obat-obatan terlarang. Jika mereka melanggarnya, buatlah hukuman yang membuat mereka jera.

6. Berkenalan dengan teman-teman si anak

Cobalah untuk berkenalan dengan teman-teman anak Anda. Seperti yang sudah diketahui, anak Anda bisa tergiur menggunakan narkoba akibat dorongan dari teman-temannya.Cara mengatasi narkoba pada remaja ini dapat membantu Anda mengetahui apakah teman-teman anak Anda membawa pengaruh buruk atau tidak.

7. Dukung anak untuk melakukan hal-hal positif

Cara menanggulangi narkoba di kalangan remaja selanjutnya adalah mendukung anak untuk melakukan hal positif, baik di dalam maupun di luar rumah.Di luar rumah, Anda bisa meminta anak untuk ikut serta dalam ekstrakurikuler, seperti sepak bola, futsal, atau basket. Kegiatan ini cenderung bisa membangun karakter anak dan mengundang pertemanan yang positif.Di dalam rumah, carilah kegiatan yang bisa dilakukan oleh orangtua dan anak. Hal ini dilakukan guna mempererat hubungan antara Anda dan anak.

8. Berikan anak pujian dan dukungan

Saat anak sudah berhasil menjauhi teman-teman pengguna narkobanya, berikanlah ia pujian. Dengan begitu, anak bisa merasa dihargai akan usahanya.Pujian dan dukungan dari orangtua akan memperkuat hubungan, hal ini dapat membantu anak terhindar dari penyalahgunaan narkoba di luar rumah.

Catatan dari SehatQ

Sebelum terlambat, segeralah lakukan berbagai cara pencegahan narkoba di atas. Jangan sampai anak Anda menjadi korban dari obat-obatan terlarang. Bantu mereka untuk menciptakan masa depan yang cerah.Jika Anda khawatir dengan kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingparenting stressnarkoba
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/tween-and-teen-health/in-depth/teen-drug-abuse/art-20045921
Diakses pada 3 Februari 2021
Treatment Solutions. https://treatmentsolutions.com/blog/top-5-ways-to-prevent-substance-abuse/
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/teen/substance-abuse/Pages/Drug-Abuse-Prevention-Starts-with-Parents.aspx
Diakses pada 3 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait