Lebih Kaya Nutrisi, Ini Kelebihan Susu Organik Dibandingkan Susu Biasa


Susu organik mempunyai sejumlah keunggulan dibanding susu non-organik. Salah satu keunggulan susu organik yaitu memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak.

(0)
Ini keunggulan susu organik dibandingkan susu non-organikSusu organik lebih kaya nutrisi dibandingkan susu non-organik
Produk organik kerap kali dijadikan pilihan untuk hidup lebih sehat. Tidak hanya sayuran, salah satu produk organik yang cukup mudah ditemukan di pasaran adalah susu. Dibanding susu biasa, susu organik dianggap lebih baik dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Apa itu susu organik?

Susu organik berasal dari sapi yang tidak menggunakan bantuan bahan-bahan seperti antibiotik, pestisida (pada pakan), dan hormon pertumbuhan sintetis untuk menunjang produksi susunya. Sapi penghasil susu ini umumnya dibesarkan secara alami dengan cara dilepaskan ke padang rumput.Kebanyakan produk susu organik diproses menggunakan cara pasteurisasi (pemanasan untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang ada di dalamnya). Hal tersebut membuat susu organik tidak bisa bertahan lama dan harus segera dihabiskan setelah kemasannya dibuka.Melihat dari sumber dan cara memprosesnya, susu organik cenderung mempunyai harga yang lebih mahal dibanding susu biasa. Di pasaran, jenis susu ini biasanya memiliki harga 2 kali lipat lebih mahal dari susu non-organik.

Kelebihan susu organik dibanding susu biasa

Meski punya harga yang lebih mahal, susu organik punya beberapa keunggulan dibandingkan susu biasa. Berikut beberapa poin keunggulan yang dimiliki oleh susu organik:

1. Tidak terkontaminasi bahan kimia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sapi yang penghasil susu organik digembalakan di padang rumput, bukan dengan diberi makan pakan ternak. Hal tersebut membuat susu mereka tidak terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya seperti antibiotik, pestisida, maupun hormon pertumbuhan sintetis.Umumnya, para peternak memberikan bahan pangan dengan senyawa kimia ke sapi mereka. Langkah itu sengaja dilakukan untuk meningkatkan produksi susu sapi ternak.

2. Lebih kaya akan asam linoleat terkonjugasi (ALT)

Sapi yang digembalakan di padang rumput mempunyai jumlah asam linoleat terkonjugasi lebih banyak 500 persen dibanding yang diberi makan pakan ternak. ALT sendiri memiliki beragam manfaat untuk tubuh Anda, di antaranya:
  • Meningkatkan laju metabolisme tubuh
  • Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit
  • Meningkatkan massa otot
  • Mengurangi lemak perut
  • Mengurang kadar kolesterol dalam tubuh
  • Mengurangi reaksi alergi
Penelitian terbaru mengatakan bahwa asam linoleat terkonjugasi mungkin bermanfaat dalam pengobatan kanker. Meskipun begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian ilmiah untuk mengetahui manfaat senyawa ini untuk mencegah kanker.

3. Punya kandungan omega-3 lebih banyak

Susu organik mempunyai kandungan omega-3 lebih banyak dibandingkan susu non-organik. Omega-3 sendiri merupakan asam lemak esensial yang baik untuk proses tumbuh kembang serta melindungi Anda dari serangan penyakit.Menurut penelitian, asupan asam lemak omega-3 yang diberikan secara teratur ke tubuh bisa membantu mengurangi risiko Anda terserang penyakit-penyakit seperti sakit jantung, kanker, dan artritis (radang sendi). Selain itu, studi yang dilakukan pada tahun 2014 menyebut bahwa senyawa ini juga turut menurunkan risiko terkena penyakit Lou Gehrig.Penelitian yang dilakukan oleh University of Aberdeen menunjukkan, kandungan asam lemak omega-3 dalam susu organik lebih banyak 71 persen dibandingkan susu non-organik. Selain itu, konsumsi organik dapat membantu mengontrol keseimbangan omega-3 dan omega-6 di dalam tubuh.

4. Memiliki antioksidan yang lebih banyak

Kandungan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam susu organik lebih banyak dua hingga tiga kali lipat dibanding susu non-organik. Lutein adalah antioksidan yang sangat penting untuk menunjang kesehatan mata, begitu pula zeaxanthin.Selain itu, penelitian yang dilakukan Danish Institute of Agricultural Science dan University of Newcastle menyebut, susu organik punya kandungan vitamin A dan vitamin E yang lebih kaya jika dibandingkan dengan susu biasa. Jumlah vitamin A dan vitamin E dalam susu organik lebih besar sekitar 50 persen dari susu non-organik.

Catatan dari SehatQ

Dibanding susu biasa, susu organik punya banyak kandungan penting yang bermanfaat untuk kesehatan. Kelebihan jenis susu ini antara lain tidak terkontaminasi bahan kimia, serta memiliki asam lemak omega-3, antioksidan, dan asam linoleat terkonjugasi yang lebih banyak.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait susu organik dan beragam manfaatnya untuk kesehatan Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
nutrisimakanan mengandung omega 3susuantioksidan
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/organic-milk-for-kids-2633870
Diakses pada 9 Februari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/diet/news/20160216/organic-milk-and-meat-have-higher-nutrient-levels-study
Diakses pada 9 Februari 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/organic-milk.html
Diakses pada 9 Februari 2021
Jama Network. https://jamanetwork.com/journals/jamaneurology/fullarticle/1886776
Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait