Macam-Macam Obat Serak secara Alami dan Medis

(0)
04 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat serak alami dapat digunakan untuk mengatasi suara serakSuara serak dapat mengganggu aktivitas sehari-hari
Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan suara serak. Salah satu penyebab utamanya adalah radang tenggorokan karena infeksi saluran pernapasan atas. Penyebab lainnya yang juga sering terjadi adalah penggunaan suara berlebihan, seperti berteriak atau bernyanyi tanpa henti.Ada beragam obat serak yang bisa Anda pilih berdasarkan penyebabnya. Mulai dari air putih hingga pemberian obat-obatan antibiotik. Operasi juga mungkin diperlukan untuk kondisi tertentu yang tidak bisa ditangani obat-obatan.

Obat serak secara alami

Beragam perawatan rumahan dapat dijadikan sebagai obat serak secara alami. Perawatan-perawatan ini meliputi:

1. Mengistirahatkan suara

Cara terbaik untuk menangani suara serak karena pita suara yang teriritasi adalah mengistirahatkannya. Jika Anda harus bicara, lakukan dengan suara pelan. Tindakan ini sering kali dapat meredakan suara yang serak karena radang atau iritasi.

2. Asupan cairan

Perawatan rumahan lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat serak adalah minum banyak cairan. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas setiap harinya. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membantu penyembuhan suara serak.

3. Cairan hangat

Sejumlah cairan hangat, seperti teh, kaldu, atau sup, dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan yang sering menyebabkan suara serak.Minum teh hijau bahkan dapat membantu mempercepat penyembuhan dengan kandungan antioksidannya. Minumlah cairan hangat setidaknya 4-5 kali sehari.

4. Air garam

Berkumur dengan air garam juga bisa menjadi obat serak. Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur dua atau tiga kali sehari. Air garam dapat membantu menyembuhkan jaringan di tenggorokan yang teriritasi.

5. Permen pelega tenggorokan

Bahan lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat serak adalah permen pelega tenggorokan. Selain dapat menenangkan radang, mengisap sesuatu juga dapat meningkatkan produksi air liur sehingga kelembapan tenggorokannya terjaga.Permen pelega tenggorokan yang mengandung madu bahkan memiliki aktivitas antibakteri dan antiradang yang alami.

6. Uap air panas

Uap air panas dapat melegakan tenggorokan sehingga membantu melembapkan pita suara dan meredakan sakit tenggorokan. Uap ini bisa didapatkan dengan:
  • Mandi menggunakan pancuran air panas
  • Memberikan uap ke hidung dengan meletakkan kepala di atas panci berisi air panas.
Untuk menjaga kondisi hidung dan tenggorokan tetap lembap, Anda juga dapat menyalakan humidifier saat tidur.

7. Permen karet

Obat serak lainnya yang bisa Anda gunakan adalah permen karet. Mengunyah permen ini dapat membantu meningkatkan produksi air liur sehingga tenggorokan tetap lembap dan mengurangi radang karena iritasi tenggorokan.Pilihlah varian permen karet yang lebih sehat, misalnya yang bebas gula atau permen karet khusus untuk mengobati mulut kering.

Obat serak secara medis

Pemberian obat-obatan medis harus disesuaikan dengan penyebab serak. Sebaiknya utamakan pengobatan rumahan sebelum mulai menggunakan obat medis.
  • Jika merasa tenggorokan sakit dan tidak nyaman, Anda dapat membeli obat antiradang nonsteroid, seperti ibuprofen dan naproxen. Obat-obatan ini dijual bebas dan dapat membantu mengurangi pembengkakan pita suara.
  • Berbeda dengan suara serak karena flu, sebaiknya suara serak karena radang tenggorokan atau penggunaan pita suara berlebihan jangan diatasi dengan obat dekongestan. Dekongestan berfungsi mengeringkan tenggorokan dan saluran hidung sehingga berpotensi membuat peradangan semakin parah.
  • Serak yang diakibatkan infeksi bakteri atau radang tenggorokan harus diberikan obat serak berupa antibiotik. Obat ini hanya bisa diresepkan oleh dokter.
  • Suara serak yang merupakan gejala penyakit lain, seperti alergi atau GERD, dapat diatasi dengan obat untuk mengatasi penyakit penyebabnya.
  • Obat serak mungkin tidak dapat menangani kondisi khusus, seperti nodul atau polip jinak, trauma pada laring/pita suara, dan kanker laring. Kondisi tersebut akan memerlukan pembedahan untuk mengatasinya.
  • Jika pengobatan rumahan dan pemberian obat pereda nyeri tidak membantu, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara mencegah suara serak

Ada beberapa cara untuk mencegah suara serak supaya tidak terjadi, yakni:
  • Jangan memforsir pita suara secara berlebihan.
  • Penuhi kebutuhan cairan agar kelembapan tenggorokan terjaga. Tenggorokan kering dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan rawan mengalami peradangan.
  • Jangan merokok. Selain mengiritasi tenggorokan, nikotin dalam rokok juga dapat menghambat penyembuhan radang tenggorokan.
  • Hindari konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan tenggorokan kering dan dehidrasi. Kondisi ini membuat tenggorokan rawan iritasi dan bisa merusak suara.
  • Hindari konsumsi kafein berlebihan karena dapat menyebabkan dehidrasi. Imbangi konsumsi kafein dengan air putih atau minuman herbal lainnya.
Jika Anda punya pertanyaan lainnya seputar suara serak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
sakit tenggorokansuara serak
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/hoarseness/article.htm
Diakses 22 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-your-voice-back
Diakses 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait