Makan Setelah Olahraga Beserta Manfaat dan Aturannya


Anda mungkin sampai sekarang masih ragu jika ingin makan setelah olahraga. Padahal jika mengikuti anjuran dengan tepat, langkah tersebut akan bermanfaat bagi tubuh.

(0)
25 Apr 2021
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Roti gandum bisa menjadi pilihan menu makan setelah olahragaMakan setelah olahraga dapat mengembalikan cadangan energi tubuh
Apakah boleh makan setelah olahraga? Pertanyaan ini mungkin kerap menghantui Anda. Setelah berolahraga, tubuh akan merasa lelah akibat penggunaan energi dan pengeluaran cairan ketika berolahraga.

Selain minum yang cukup, makan setelah olahraga ternyata baik untuk memulihkan kondisi tubuh, lho. Apa saja manfaatnya dan bagaimana aturan yang tepat? Simak penjelasan berikut ini!

Makan setelah olahraga dan manfaatnya

Sebelumnya, tahukah apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika olahraga? Pada dasarnya, tubuh membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk olahraga.Ketika berolahraga, otot menggunakan glikogen sebagai bahan bakar penghasil energi. Apa itu glikogen? Glikogen adalah bentuk simpanan glukosa dalam tubuh sebagai energi cadangan. Penggunaan glikogen ini mengakibatkan sebagian besar otot kehilangan glikogen. Proses ini juga mengakibatkan beberapa protein dalam otot rusak.Setelah berolahraga, tubuh mencoba membangun kembali cadangan glikogen dan memulihkan protein dalam otot yang rusak. Itulah sebabnya, makan setelah olahraga penting untuk membantu pemulihan tubuh.Konsumsi makanan yang bernutrisi dapat membantu tubuh untuk mengurangi kerusakan protein, meningkatkan sintesis protein otot, membangun cadangan glikogen, meningkatkan pemulihan, dan mencapai kebugaran tubuh.

Makanan yang dianjurkan setelah olahraga

Untuk mencapai manfaat tersebut, Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

1. Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk mengganti energi yang keluar ketika berolahraga. Sebab, karbohidrat memiliki kandungan glukosa sebagai bahan bakar bagi otot. Selain itu, karbohidrat juga mengganti cadangan glikogen yang digunakan ketika berolahraga.

2. Protein

Tubuh memerlukan protein untuk memperbaiki dan mengganti jaringan otot yang rusak selama berolahraga. Protein pun membentuk sel darah serta membawa nutrisi dan oksigen ke otot.

3. Lemak

Lemak juga memiliki manfaat bagi tubuh setelah berolahraga. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan lemak pada makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga dapat membantu pertumbuhan jaringan otot. Namun, makanan mengandung lemak perlu dibatasi karena lemak cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh sehingga dapat mengganggu pencernaan.

Rekomendasi menu setelah olahraga

Nasi merah dan dada ayam bisa menjadi pilihan
Rekomendasi menu ini bisa Anda pilih setelah olahraga untuk diet yang mudah dan murah.

1. Roti gandum panggang dan telur

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang dapat mengembalikan energi lebih lama setelah berolahraga, serta memiliki serat yang dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah. Sementara itu, telur mengandung protein untuk membangun jaringan otot.

2. Susu cokelat

Jangan salah kaprah, susu cokelat justru baik dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan karbohidrat dan protein pada susu cokelat baik untuk memulihkan energi dan membangun jaringan otot setelah berolahraga. Ditambah lagi, 90% kandungan air pada susu cokelat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berolahraga.

3. Nasi merah, dada ayam, dan sayuran

Nasi merah, dada ayam, dan sayuran dengan porsi cukup menjadi kombinasi yang pas dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan karbohidrat kompleks dari nasi merah, protein dan vitamin D dada ayam, serta kandungan vitamin dan mineral sayuran sangat cocok untuk memulihkan energi dan cocok untuk diet.

4. Yogurt dan buah

Tahukah Anda bahwa satu cangkir yogurt mengandung 20 gram protein? Kandungan ini bagus untuk membangun jaringan otot setelah berolahraga. Rasanya yang segar juga dapat meningkatkan mood setelah lelah berolahraga. Anda bisa menambahkan buah yang kaya akan zat gizi lain seperti buah pisang, berry, atau alpukat untuk membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan antioksidan.

Bagaimana aturan makan setelah olahraga yang tepat?

Setelah berolahraga, istirahatkan tubuh selama satu jam atau minimal 45 menit sebelum menerima asupan makanan. Selanjutnya, tubuh akan siap menerima “bahan bakar” dan membangun kembali jaringan otot melalui makanan.Hal ini berbeda dari minum air yang dapat dilakukan sebelum, saat, dan setelah olahraga untuk menghidrasi tubuh Anda.Makan setelah olahraga boleh dilakukan dan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Asalkan, Anda melakukannya dengan aturan makan dan jenis makanan yang tepat. Hal ini penting untuk mengembalikan energi yang keluar ketika berolahraga dan menciptakan kebugaran tubuh, serta mencegah gangguan pencernaan.Jika masih ada pertanyaan terkait makan setelah olahraga atau masalah kesehatan lainnya, silakan bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragatips olahragahidup sehat
Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/eat-after-workout#:~:text=Consuming%20a%20proper%20amount%20of,hours%20before%20eating%20a%20meal
Diakses pada 14 April 2021
WebMD.
https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-foods-for-workout
Diakses pada 14 April 2021
WebMD.
https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/7-post-workout-moves#:~:text=A%20healthy%20snack%20at%20the,sandwich%20on%20whole%2Dgrain%20bread.
Diakses pada 14 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait