10 Makanan agar Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan yang Perlu Ibu Tahu

(0)
02 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan adalah almondKacang almond adalah salah satu makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan.
Mendidik anak supaya tumbuh cerdas dapat dilakukan sejak ia masih berada di dalam perut ibunya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan, misalnya berbagai jenis ikan berlemak hingga sayur-mayur berdaun hijau.Perlu diingat, makanan yang Anda konsumsi saat hamil akan berdampak pada perkembangan kognitif janin. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi berbagai makanan yang dapat membantu perkembangan kognitif bayi sejak dalam kandungan.

Makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan

Beberapa makanan telah terbukti mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar bayi sejak dalam kandungan. Jika Anda ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak pintar, cobalah konsumsi berbagai makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan ini.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk perkembangan otak janin di dalam rahim. Nutrisi ini dibutuhkan jika Anda menginginkan Si Kecil untuk lahir dan tumbuh menjadi anak yang cerdas.Anda dapat mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon secara rutin. Cobalah konsumsi ikan ini setidaknya 2 porsi dalam seminggu.

2. Sayuran berdaun hijau

Bayam adalah salah satu makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan
Bayam, salah satu makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan
Sayuran berdaun hijau adalah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu perkembangan otak janin.Jenis sayuran ini mengandung asam folat yang mampu menjaga otak bayi dari kerusakan jaringan. Di sisi lain, nutrisi ini terbukti bisa mencegah cacat tabung saraf, bibir sumbing, dan kelainan jantung pada bayi.Selain mengandung asam folat, sayuran berdaun hijau juga mampu mencegah preeklampsia selama kehamilan.

3. Blueberry

Blueberry adalah buah yang mengandung antioksidan tinggi, Nutrisi ini dibutuhkan janin untuk membantu perkembangan kognitifnya. Di samping blueberry, Anda juga bisa mendapatkan antioksidan dari buah-buahan lainnya, seperti stroberi, raspberry, hingga tomat.

4. Telur

Telur adalah makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan
Telur, salah satu makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan
Telur termasuk makanan yang dapat menunjang kecerdasan janin sejak dalam kandungan. Telur mengandung asam amino bernama kolin (choline) yang terbukti bisa membantu perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat.

5. Kacang almond

Makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan selanjutnya adalah kacang almond. Kacang ini mengandung asam lemak omega-3, magnesium, vitamin E, dan protein, yang semuanya memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif janin.

6. Greek yogurt

Greek yogurt merupakan makanan yang kaya akan protein. Nutrisi ini dinilai penting untuk pembentukan sel saraf sehat di dalam rahim sehingga mendukung perkembangan kognitif janin.Tidak hanya itu, Greek yogurt mengandung kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang janin. Yogurt ini juga dilengkapi dengan iodine untuk menurunkan risiko terjadinya berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi.

7. Keju

Keju adalah makanan yang kaya akan vitamin D. Vitamin ini dianggap cukup penting untuk perkembangan kognitif bayi.Tahukah Anda bahwa ibu hamil yang kekurangan vitamin D berisiko melahirkan bayi dengan IQ rendah? Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi keju secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D selama kehamilan.

8. Biji labu

Biji labu termasuk makanan sehat yang dapat mendukung pembentukan struktur otak yang baik dan fungsi kognitif bayi.Manfaat ini didapatkan lewat kandungan mineral zinc yang dibutuhkan oleh janin di dalam rahim. Di samping itu, biji labu mengandung nutrisi dan antioksidan tinggi yang juga baik untuk janin.

9. Susu

Kekurangan zat besi saat hamil dapat menyebabkan buruknya perkembangan mental dan kognitif bayi secara keseluruhan. Minum susu selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi sehingga fungsi kognitif dan perkembangan otak janin tetap terjaga.

10. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik karena mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh perkembangan janin. Lemak ini dapat membantu pembentukan kulit, otak, dan jaringan tubuh Si Kecil.Kandungan folatnya juga mampu mencegah cacat tabung saraf dan perkembangan abnormal dari otak. Ditambah lagi, kalium yang dikandung alpukat terbukti bisa mencegah kram kaki yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil. Jumlah kalium alpukat bahkan lebih banyak dari pisang.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda menginginkan anak yang cerdas, tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan. Selain membantu menunjang perkembangan kognitif janin, berbagai makanan ini juga menyehatkan untuk Anda.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuimakanan sehatbuah dan sayuran
intelligent-baby/
Diakses pada 16 Februari 2021
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/feed-your-babys-brain-during-pregnancy/
Diakses pada 16 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#avocados
Diakses pada 16 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait