Konsumsi Makanan Pembersih Usus untuk Pencernaan yang Bahagia

(0)
29 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan pembersih usus cukup banyak, termasuk buah-buahan karena kaya dengan seratBuah-buahan kaya dengan serat sehingga mampu membersihkan usus dan melancarkan pencernaan
Usus yang sehat tentu menjadi kunci pencernaan yang lancar. Agar sehat, beberapa kelompok pangan dipercaya menjadi makanan pembersih usus dan berpotensi menguntungkan untuk saluran pencernaan. Bahkan, beberapa makanan juga dilaporkan berpeluang untuk menurunkan risiko kanker usus besar.

6 Makanan pembersih usus yang lancarkan pencernaan

Bisa dicoba di rumah, ini beberapa makanan pembersih usus untuk melancarkan pencernaan Anda:

1. Makanan tinggi serat

Serat pangan merupakan nutrisi makro yang seringkali kita abaikan. Zat gizi penting ini membantu menyerap zat-zat berlebih yang ada di usus. Selain itu, serat juga mengendalikan sembelit atau konstipasi, meningkatkan aktivitas bakteri baik, serta mengatur usus yang terlalu aktif.Ada banyak sumber serat yang bisa rutin Anda konsumsi. Makanan tersebut termasuk:
  • Biji-bijian utuh
  • Sayur-mayur
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan

2. Air putih

Meminum air putih dengan cukup menjadi cara mudah untuk membersihkan usus dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Anda bisa mencukupkan kebutuhan cairan dengan minum air putih 6-8 gelas per hari.
Makanan pembersih usus termasuk air putih
Menjaga asupan air putih penting untuk menjaga sistem pencernaan
Selain air putih, asupan cairan juga bisa didapatkan dari makanan dengan kandungan air yang tinggi. Beberapa makanan tersebut, yaitu:

3. Makanan yang mengandung pati resisten

Pati, amilum, atau starch adalah tipe karbohidrat yang paling sering dikonsumsi dan dikategorikan sebagai karbohidrat kompleks. Saat mengonsumsinya, tak semua pati dapat dicerna oleh tubuh. Jenis pati yang tak bisa dicerna ini disebut dengan pati resisten.Berbagai studi telah menemukan pati resisten menawarkan manfaat untuk kesehatan. Pangan yang mengandung pati resisten pun dapat menjadi makanan pembersih usus karena meningkatkan bakteri baik di saluran pencernaan. Sebuah studi yang dimuat di jurnal Advances in Nutrition pun menemukan pati resisten menurunkan risiko kanker usus besar.Pati resisten ada yang terkandung dalam makanan olahan maupun makanan utuh. Karena makanan olahan tak terlalu menyehatkan, pilihlah sumber pati resisten yang sedikit lebih sehat, misalnya:
  • Kentang
  • Pisang hijau
  • Biji-bijian

4. Air garam

Apabila Anda mengalami sembelit atau konstipasi, Anda bisa mencoba meminum air garam. Untuk membuatnya, campurkan 2 sendok teh garam ke segelas air hangat. Garam yang direkomendasikan adalah garam laut dan garam Himalaya.Anda bisa meminum air garam ini saat perut masih kosong, seperti sebelum sarapan di pagi hari. Setelah beberapa menit, Anda akan segera merasa kebelet untuk buang air besar.

5. Makanan probiotik

Menambahkan makanan yang kaya dengan probiotik atau bakteri baik juga menjadi cara mudah untuk membersihkan usus. Bahkan, konsumsi makanan ini juga meningkatkan kesehatan secara umum.
Makanan pembersih usus termasuk kefir
Kefir merupakan salah satu makanan probiotik untuk melancarkan pencernaan
Ada banyak makanan yang menjadi sumber probiotik, seperti yogurt, kimchi, kefir, tempe, miso, dan kombucha. Suplemen probiotik pun tersedia untuk dikonsumsi. Walau begitu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

6. Jus dan smoothie buah

Jus buah telah menjadi minuman pembersih usus yang populer. Meminumnya dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan diyakini dapat menyehatkan saluran pencernaan karena menahan air agar tubuh senantiasa terhidrasi.Jika ingin mendapatkan pilihan yang lebih sehat, Anda lebih direkomendasikan untuk mengolah buah menjadi smoothie, alih-alih jus. Sebab, smoothies cenderung lebih tinggi dengan serat.

Hal yang harus diperhatikan terkait konsumsi makanan pembersih usus

Mengonsumsi makanan pembersih usus tergolong aman jika dilakukan sesekali dan tak berlebihan. Apabila dilakukan tak bijak dan diiringi dengan puasa berlebihan, ada beberapa efek samping yang berisiko terjadi.Selain itu, apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi, meminum air garam tidak disarankan.Beberapa efek samping dari pembersihan usus yang terlalu intens, yaitu:
  • Mual dan muntah
  • Pusing
  • Dehidrasi
  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Kram
Anda disarankan untuk segera menemui dokter apabila merasakan gejala di atas. Sebab, apabila pembersihan usus terus dilakukan, risiko terjadinya kerusakan saluran pencernaan dan gagal jantung pun akan meningkat.Jika menderita penyakit kronis tertentu, Anda juga disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin melakukan usaha-usaha pembersihan usus, termasuk cara-cara alami di atas. Bagaimanapun, membersihkan usus tidak bisa dilakukan semua orang.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi makanan pembersih usus di atas dapat dilakukan dengan batas yang wajar. Jika Anda menderita penyakit tertentu, pastikan Anda mendiskusikannya dengan dokter
pencernaanusussaluran pencernaan
Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-colon-cleanse
Diakses pada 29 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods
Diakses pada 29 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/high-starch-foods
Diakses pada 29 Januari 2020
https://www.healthline.com/nutrition/resistant-starch-101
Diakses pada 29 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait