11 Makanan Peninggi Badan Anak yang Perlu Dipenuhi


Makanan peninggi badan anak perlu Anda ketahui. Bukanlah mitos, makanan sehat seperti telur, daging ayam, kacang almond, yogurt, hingga ubi jalar bisa jadi salah satu pilihan Anda.

(0)
09 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan peninggi badan anak adalah telurMakanan peninggi badan anak juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting.
Makanan peninggi badan anak bukanlah mitos belaka. Sebab, berbagai penelitian telah membuktikan kebenarannya. Para ahli juga percaya, berbagai makanan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak sehingga perkembangan tubuhnya akan maksimal.Namun, Anda juga perlu memahami bahwa faktor genetik juga memainkan peranan penting dalam menentukan tinggi badan seseorang.Meski begitu, tak ada salahnya bagi Ayah dan Ibu untuk memberikan berbagai makanan peninggi badan anak ini. Selain lezat, berbagai makanan ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil sekaligus menjaga kesehatan mereka.

Kandungan penting dalam makanan peninggi badan

Sebelum memilih makanan peninggi badan yang efektif, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi apa yang harus Anda penuhi. Berikut adalah kandungan penting dalam makanan peninggi badan yang perlu Anda ketahui.

1. Protein

Menurut Donald K. Layman di laman The American Journal of Clinical Nutrition, berbagai sumber protein mungkin dapat menunjukkan efek yang berbeda pada metabolisme tulang manusia.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daging (termasuk ikan dan unggas) merupakan sumber protein yang memiliki tingkat serum lebih tinggi dari IGF-1 (Faktor Pertumbuhan seperti Insulin-1), yang berhubungan dengan peningkatan mineralisasi tulang dan meminimalisir terjadinya patah tulang. Sebaliknya, protein yang berasal dari kacang-kacangan justru memiliki tingkat yang lebih rendah dari IGF-1.

2. Vitamin D

Vitamin D perlu Anda penuhi untuk penyerapan serta penggunaan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Tak hanya itu, vitamin D juga berperan penting untuk pembentukan dan kesehatan tulang, gigi, dan tulang rawan.

3. Vitamin K

Vitamin K adalah nutrisi yang paling penting dalam proses pembekuan darah normal tubuh dan kesehatan tulang. Sebagian besar dari vitamin K akan diproduksi oleh mikroorganisme dalam usus dan disimpan dalam hati.

4. Kalsium

Kalsium merupakan kandungan yang sangat penting untuk Anda penuhi agar pembentukan tulang bisa terjadi lebih baik. Bukan hanya itu saja, kalsium juga diperlukan untuk pengendapan mineral tulang sepanjang hidup Anda.

Sebanyak 99% kalsium dalam tubuh disimpan pada tulang dan gigi.

5. Zinc

Zinc adalah mineral mikro yang dibutuhkan dalam diet sehari-hari dengan jumlah sebanyak 50 miligram atau kurang. Zinc berperan untuk mediasi hormonal dengan tergabung dalam sekresi dan sintesis hormon pertumbuhan, produksi hormon pertumbuhan pada hati somatomedin-C, dan aktivasi somatomedin-C di tulang rawan.

Tak hanya itu, zinc juga berinteraksi dengan hormon lain yang mempengaruhi pertumbuhan tulang, seperti testosteron, hormon tiroid, insulin, dan vitamin D.

6. Karbohidrat dan lemak

Menurut penelitian, asam lemak omega-3 dan karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan dan sayuran, efektif meningkatkan kepadatan massa tulang dan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Makanan peninggi badan untuk anak

Saat anak sudah mencapai tinggi maksimalnya, tak ada lagi cara yang dapat dilakukan untuk meninggikan badannya. Namun tenang saja, berbagai makanan sehat ini dapat memperkuat tulang dan sendi agar tetap kokoh sehingga tinggi badan anak akan terjaga hingga dewasa.Berikut ini adalah makanan peninggi badan anak yang patut dicoba.

1. Telur

Telur adalah makanan peninggi badan anak yang tidak boleh diremehkan. Dalam sebuah riset, dibuktikan bahwa anak-anak yang lebih rutin mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur mengalami peningkatan tinggi badan, dibandingkan dengan anak-anak lain yang asupan proteinnya sedikit.  

2. Daging ayam

Daging ayam kaya akan vitamin B12, yakni nutrisi yang dibutuhkan anak-anak untuk bisa tumbuh tinggi. Ditambah lagi, daging ayam mengandung asam amino taurine yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.Apalagi, daging ayam juga mengandung banyak protein. Dalam seporsi (sekitar 85 gram) daging ayam, mengandung 20 gram protein. Maka dari itu, ajaklah anak Anda untuk mengonsumsi makanan peninggi badan ini.

3. Kacang almond

Selain rasanya lezat, kandungan nutrisinya kacang almond juga menyehatkan. Namun siapa sangka, kacang ini juga tergolong dalam makanan peninggi badan anak.Kacang almond mengandung vitamin E yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Dalam sebuah penelitian, dibuktikan bahwa kekurangan vitamin E dapat menghambat pertumbuhan anak. Itu artinya, tinggi anak bisa tidak maksimal. Ditambah lagi, kacang almond dapat menjaga kesehatan tulang.

4. Sayuran berdaun hijau

Makanan peninggi badan
Bayam juga dianggap sebagai makanan peninggi badan
Jika ada kompetisi sayuran dengan vitamin K terbanyak, mungkin sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale hingga kubis, akan menjadi juaranya.Vitamin K adalah nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak. Sebab, vitamin ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mendukung pertumbuhan tinggi anak.

5. Yogurt

Yogurt adalah minuman sehat yang cukup populer di kalangan anak-anak. Namun jarang yang tahu kalau yogurt dapat membantu pertumbuhan anak, termasuk meningkatkan tinggi badannya.Selain mampu menjaga sistem imun tubuh dan mencegah peradangan, beberapa penelitian membuktikan bahwa probiotik yang dikandung yogurt dapat meningkatkan pertumbuhan anak.

6. Ubi jalar

Sebuah penelitian membuktikan, ubi jalar mengandung vitamin A yang dapat membantu anak berkembang dengan maksimal, termasuk meningkatkan tinggi badannya.Perlu dipahami juga, ubi jalar juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan anak, contohnya serat yang bisa menyehatkan sistem pencernaan Si Kecil.

7. Kacang kedelai

Makanan peninggi badan
Makanan peninggi badan, si kacang kedelai yang lezat
Sering dikonsumsi dalam bentuk susu, ternyata kacang kedelai juga menyandang predikat makanan peninggi badan anak. Sebab, kacang kedelai mengandung protein tinggi dan dapat mendukung pertumbuhan badan anak.Namun sayangnya, para ahli belum menemukan hubungan atau korelasi antara kacang kedelai dan meningkatnya tinggi badan anak. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan keampuhan kacang kedelai sebagai makanan peninggi badan.

8. Buah-buahan

Banyak sekali jenis buah yang memiliki rasa manis sehingga mudah diterima oleh lidah anak. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk membiasakan Si Kecil mengonsumsi buah-buahan. Sebab, buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang anak.Setidaknya sisipkan satu atau dua buah ke dalam kotak bekal anak dalam sehari. Usahakan untuk memberikan jenis buah yang beragam agar Si Kecil tidak bosan.

9. Quinoa

Quinoa termasuk dalam golongan protein lengkap. Itu artinya, makanan ini memiliki sembilan jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi, quinoa memiliki kandungan magnesium yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

10. Ikan salmon

Salmon adalah jenis ikan yang dilengkapi dengan asam lemak omega-3 tinggi. Nutrisi ini sangat baik untuk jantung dan bisa mendukung tumbuh kembang anak.Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa asam lemak omega-3 juga berperan dalam kesehatan tulang dan membantu meninggikan badan anak.Ditambah lagi, penelitian lain membuktikan, anak-anak yang kekurangan asam lemak omega-3 akan mengalami gangguan tidur. Hasilnya, pertumbuhan badannya pun akan terganggu.

11. Susu

Susu adalah minuman yang akrab dengan kehidupan anak-anak. Minuman ini memiliki banyak nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan tubuh Si Kecil. Selain itu, susu juga tinggi akan protein. Dalam satu cangkir (244 mililiter) susu, terdapat 8 gram protein di dalamnya.Namun ingat, hindari memberikan SI Kecil susu jika ia memiliki alergi terhadap minuman ini. Segera berkonsultasi pada dokter untuk berkonsultasi mengenai cara mengatasinya.

Kebiasaan yang dapat meninggikan badan anak

Selain mengonsumsi berbagai makanan peninggi badan di atas, masih ada kebiasaan sehat yang dapat dilakukan untuk meninggikan badan anak, meliputi:

1. Berenang

Berenang adalah aktivitas fisik yang menyenangkan, apalagi bagi anak-anak. Saat berenang, setiap anggota tubuh mengalami dampak baiknya. Itu artinya, berenang adalah full body exercise. Berenang dipercaya dapat menjaga postur tubuh dan meninggikan badan anak.

2. Lompat tali

Lompat tali atau skipping adalah jenis olahraga kardio yang dapat meninggikan badan anak. Sebab, seluruh bagian tubuh terkena dampak baiknya saat melakukan gerakan lompat tali. Olahraga ini dipercaya dapat membantu tubuh anak tumbuh tinggi.

3. Jalan kaki (jogging)

Jalan kaki merupakan olahraga yang mudah dan seru untuk dilakukan, apalagi dilakukan bersama keluarga dan teman-teman. Ajaklah Si Kecil untuk jogging atau jalan kaki di sekitar perumahan atau di taman.Olahraga sederhana ini dipercaya dapat memperkuat tulang dan meningkatkan kualitas hormon pertumbuhan.

Catatan dari SehatQ:

Jadikanlah segala aktivitas di atas sebagai kebiasaan sehari-hari supaya memaksimalkan pertumbuhan Si Kecil. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi berbagai makanan peninggi badan yang penuh dengan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil.
makanan sehatkesehatan anakhidup sehatbuah dan sayurantinggi badan
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/best-foods-for-kids-to-grow-taller/
Diakses pada 26 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-make-you-taller#2.-Chicken
Diakses pada 26 Agustus 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
Diakses pada 26 Agustus 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11684396/
Diakses pada 16 Desember 2020

PLOS ONE. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0019918
Diakses pada 16 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait