16 Makanan yang Berpotensi Menjadi Obat Antikanker

(0)
27 Jan 2020|Anita Djie
Makanan sehat bisa menjadi obat kankerKacang-kacangan berpotensi menjadi obat kanker
Sampai saat ini kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang menjadi momok bagi setiap orang. Tidak hanya karena gejalanya yang sulit terdeteksi, pengobatan kanker membutuhkan waktu yang panjang dan sulit.Berbagai riset mulai bermunculan untuk meneliti kemungkinan obat antikanker yang berasal dari beragam bahan alami. Hal ini dapat menguntungkan mengingat efek samping dari kemoterapi yang juga berimbas pada sel sehat tubuh. Lantas, adakah bahan alami yang berpotensi menjadi obat antikanker?

Makanan yang berpeluang menjadi obat antikanker

Meski belum ada obat yang 100% manjur, banyak penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mengonsumsi beberapa makanan alami dapat mencegah timbulnya kanker. Berikut adalah beberapa makanan yang berpotensi menjadi obat antikanker.

1. Cokelat

Cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao sebesar 70 persen dipercaya dapat mencegah perkembangan sel kanker. Hal ini karena cokelat hitam memiliki antioksidan polifenol dan katekin yang dapat melindungi Anda dari kanker, stroke, dan penyakit jantung.

2. Teh hijau

Kabar baik untuk Anda pencinta teh hijau. Senyawa katekin dan epigallocatechin gallate dalam teh hijau dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru dan perut.

3. Bawang putih 

Bawang putih adalah rempah-rempah berbagai fungsi yang sangat sering digunakan dalam hidangan. Senyawa allicin dalam bawang putih ditemukan dapat membunuh sel kanker dalam tubuh.Anda dapat memasukkan kurang lebih satu siung bawang putih segar per harinya dalam makanan yang akan dikonsumsi.

4. Jahe

Selain bawang putih, jahe adalah bumbu dapur lain yang dilirik untuk melawan kanker. Jahe memiliki kandungan antiradang yang berpotensi menjadi obat antikanker.

5. Kayu manis

Kayu manis sudah dikenal sebagai salah satu bumbu yang meningkatkan cita rasa biskuit dan kue. Kayu manis diyakini dapat menjadi obat antikanker dengan menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker.

6. Kunyit

Bumbu dapur kunyit yang sering digunakan sebagai pewarna kuning alami mengandung senyawa curcumin yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, dan antikanker!Curcumin berkhasiat menjadi obat antikanker dengan menyerang enzim tertentu pada sel kanker. Akan tetapi, penelitian masih perlu dilakukan untuk memeriksa khasiat kunyit sebagai obat antikanker.

7. Apel

Keyakinan bahwa buah apel dapat menjaga kesehatan bukanlah hoaks belaka, karena apel mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah infeksi, peradangan, dan penyakit kardiovaskular.Selain itu, senyawa polifenol tersebut juga dapat menjadi obat antikanker untuk mengatasi tumor dengan menghambat protein yang berperan dalam perkembangan sel kanker tertentu.

8. Kacang-kacangan

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang-kacangan dapat melindungi Anda dari kanker kolorektal dan berpotensi mengurangi perkembangan sel kanker dalam tubuh.Sementara ini, masih diperlukan riset tambahan pada manusia untuk menguji potensi kacang-kacangan sebagai obat antikanker.

9. Brokoli

Brokoli tidak hanya memiliki tekstur yang renyah, tetapi juga mengandung senyawa sulforaphane yang dapat menjadi obat antikanker. Tidak hanya brokoli, kembang kol juga memiliki kandungan ini.Anda dapat mengonsumsi brokoli beberapa kali per minggunya untuk mengurangi peluan Anda mengalami kanker. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya sebagai obat antikanker.

10. Tomat

Siapa sangka, buah tomat yang biasanya hanya dijadikan lalapan memiliki kandungan lycopene yang berpotensi menjadi obat antikanker. Senyawa tersebut dipercaya mampu mengurangi peluang mengalami kanker prostat.

11. Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan yang mudah dijadikan berbagai hidangan dan dapat menurunkan risiko Anda mengalami beberapa jenis kanker. Wortel berpotensi menjadi obat antikanker untuk kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker prostat.

12. Buah citrus

Buah citrus yang memiliki cita rasa asam, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya berkhasiat menurunkan risiko Anda mengalami jenis kanker tertentu, seperti kanker di pernapasan dan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi beberapa porsi buah citrus selama beberapa minggu.

13. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti ikan salmon, dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker di pencernaan. Hal ini karena ikan berlemak tinggi asam omega-3 dan vitamin D yang dapat mencegah kanker.

14. Minyak zaitun

Tidak ada salahnya memasukkan minyak zaitun ke dalam hidangan Anda karena minyak zaitun dapat melindungi Anda dari kanker di pencernaan dan payudara.Sama seperti bahan-bahan alami lainnya, masih diperlukan studi lebih dalam mengenai khasiat minyak zaitun sebagai obat antikanker.

15. Buah beri

Di dalam buah beri, terdapat senyawa antioksidan anthocyanin yang berperan dalam mengecilkan peluang Anda terkena kanker. Anda dapat mengonsumsi satu sampai dua porsi buah beri tiap harinya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

16. Flaxseed

Selain kacang-kacangan, flaxseed adalah makanan lain yang tinggi serat dengan lemak sehat baik untuk kesehatan. Senyawa-senyawa dalam flaxseed dapat menghambat dan bahkan membunuh sel kanker.Flaxseed memiliki peluang untuk mengurangi peluang terkena kanker prostat, kanker payudara, dan kanker kolorektal.

Catatan dari SehatQ

Meskipun makanan di atas diyakini dapat menjadi obat antikanker, tetapi masih diperlukan berbagai studi untuk membuktikan khasiatnya dalam menanggulangi kanker.Oleh karenanya, Anda tetap harus mengikuti penanganan kanker yang dianjurkan dan berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengikuti pengobatan alternatif ataupun mengonsumsi makanan-makanan di atas untuk mengatasi kanker.
makanan sehatkankerhidup sehat
Healthline. healthline.com/nutrition/cancer-fighting-foods
Diakses pada 27 Januari 2020
Live Science. https://www.livescience.com/16336-top-10-cancer-fighting-foods.html
Diakses pada 27 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324193.php#supplements-and-medications
Diakses pada 27 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait