Makanan yang Dihindari Agar Miss V Tidak Bau


Makanan yang diawetkan biasanya memiliki kandungan gula serta garam dalam kadar tinggi. Oleh karena itu, makanan tersebut termasuk dalam daftar makanan yang dihindari agar Miss V tidak bau.

(0)
21 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Makanan yang dihindari agar Miss V tidak bau antara lain makanan dalam kemasan kalengMakanan yang dikalengkan merupakan makanan yang harus dihindari agar Miss V tidak bau
Makanan sangat memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan vagina alias Miss V. Beberapa jenis makanan terbukti baik bagi daerah kewanitaan ini. Namun ada pula jenis makanan yang dihindari agar Miss V tidak bau.Munculnya bau tak sedap pada Miss V bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya aktivitas terlalu berat yang mengakibatkan daerah sensitif ini berkeringat dan berbau. Makanan dan minuman juga memiliki andil, karena mengandung zat tertentu yang dapat mengubah keseimbangan bakteri baik dan jahat pada vagina.Miss V yang bau memang biasanya tidak membahayakan nyawa, tapi bisa mengurangi kepercayaan diri, terutama saat berhubungan seksual. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengontrol diet untuk menurunkan risiko Miss V berbau tidak sedap.

Apa saja makanan yang dihindari agar Miss V tidak bau?

Perhatikan daftar makanan ini agar Miss V tidak bau
Tidak banyak makanan yang harus dihindari agar miss V tidak bau. Jikapun Anda kesulitan menghindari makanan atau minuman berikut ini sepenuhnya, konsumsilah dalam porsi sedikit atau setidaknya jangan berlebihan.Makanan yang dimaksud ialah:

1. Makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan tidak baik untuk kesehatan karena biasanya mengandung gula atau garam yang tinggi sehingga dapat menurunkan sistem imun. Bagi vagina, makanan awetan juga bersifat merugikan karena bisa membuat miss V mengeluarkan bau tidak sedap, hingga mengalami kekeringan, infeksi ragi, infeksi saluran kemih, hingga rasa nyeri saat berhubungan seksual.Makanan dan minuman yang diawetkan bukan hanya jenis pangan komersial dengan tambahan zat pengawet kimia, melainkan juga yang ditambah garam, gula, atau lemak tambahan. Fungsinya ialah menambah masa simpan makanan maupun minuman sekaligus menjamin keamanan pangan saat Anda konsumsi.Makanan yang dikemas dengan cara dikalengkan, dibekukan, dikeringkan, dipanggang, hingga dipasteurisasi terlebih dahulu, itu adalah beberapa jenis makanan yang dihindari agar miss V tidak bau.

2. Makanan maupun minuman tinggi gula

Gula dapat membunuh bakteri baik di vagina sehingga tidak diragukan lagi bahwa ini adalah jenis makanan yang dihindari agar Miss V tidak bau. Bukan hanya itu, gula juga bisa meningkatkan risiko Anda mengalami iritasi, luka, hingga infeksi ragi di area sensitif tersebut.Oleh karena itu, pastikan konsumsi gula harian Anda tidak lebih dari 6 sendok teh atau 25 gram. Sebagai catatan, satu kaleng minuman bersoda (350 ml) biasanya mengandung 8 sendok teh gula (32 gram) alias sudah melebihi ambang batas normal konsumsi gula harian bagi seorang wanita dewasa yang sehat.

3. Susu dan daging yang mengandung hormon buatan

Menyuntikkan hormon estrogen dan testosteron sintetis adalah praktik yang cukup awam terjadi di peternakan. Hal ini dilakukan untuk membuat hewan ternak mengalami kenaikan berat badan yang cepat sehingga mereka bisa cepat dijual dengan harga tinggi.Bagi konsumen, penyuntikan hormon ini akan berdampak negatif bagi kesehatan. Sebab, hormon tersebut akan ada dalam daging dan susu serta produk olahannya. Hormon sintetis yang masuk ke tubuh manusia akan mengganggu produksi hormon estrogen alamiah sehingga cairan vagina mengering dan miss V lebih rentan berbau hingga infeksi.Sayangnya, konsumen sulit memastikan produk daging dan susu yang dikonsumsi bebas dari hormon sintetis ini. Anda tidak perlu sepenuhnya menolak makan daging atau minum susu, cukup konsumsi keduanya dalam porsi yang tidak berlebihan.

Makanan yang mendukung kesehatan Miss V

Bawang putih ternyata menyehatkan Miss V
Untuk mendukung kesehatan vagina secara keseluruhan, Anda bukan hanya harus mengetahui makanan yang dihindari agar Miss V tidak bau, namun juga makanan/minuman yang baik untuk area tersebut. Menurut penelitian, makanan yang baik itu ialah:
  • Probiotik:

    Bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di vagina sehingga Anda terhindar dari infeksi. Makanan dan minuman yang mengandung probiotik misalnya yogurt, tempe, acar, dan kimchi.
  • Edamame:

    Kaya akan asam lemak Omega-3 dan protein yang dapat mencegah vagina kering.
  • Bawang putih:

    Dikenal sebagai antibiotik alami yang manfaatnya bisa diperoleh saat Anda mengonsumsinya. Jangan menjadikan bawang putih sebagai obat oles vagina karena bisa menimbulkan iritasi dan memperparah keluhan Anda.
  • Lemak nabati:

    Misalnya lemak dari alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan yang dapat menyeimbangkan level hormon estrogen di dalam tubuh.

Catatan dari SehatQ

Atur pola makan Anda mulai dari sekarang demi Miss V yang sehat dan tidak berbau. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan vagina, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kanker vaginavagina gatalkandidiasis vaginakesehatan vagina
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/vaginal-odor/basics/causes/sym-20050664
Diakses pada 10 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327507
Diakses pada 10 Januari 2020
Biomed Journal. https://biomedj.org/nutrition/best-worst-foods-vaginal-health/
Diakses pada 10 Januari 2020
AHA. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/sugar/how-much-sugar-is-too-much
Diakses pada 10 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/safer-food-healthier-you
Diakses pada 10 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait