5 Manfaat Agar-agar dan Resep Sehat Mengolahnya

(0)
Manfaat agar-agar untuk kesehatan tidak hanya untuk mengatasi sulit buang air besarAgar-agar adalah camilan padat dan lunak yang digemari banyak orang, terutama anak-anak
Agar-agar adalah makanan yang terbuat dari hasil pengolahan rumput laut (algae) atau ganggang laut merah yang sering digunakan sebagai obat atau suplemen.Umumnya, agar-agar ditemukan dalam bentuk bubuk, yang kemudian dilarutkan dengan air panas sehingga menjadi camilan padat dan lunak yang digemari banyak orang, terutama anak-anak.Jika dikonsumsi secara teratur, camilan segar ini dapat memberikan berbagai manfaat. Apa saja manfaat agar-agar untuk kesehatan tubuh?

Kandungan nutrisi dalam agar-agar yang bermanfaat

Berbagai manfaat agar-agar untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, berasal dari kandungan nutrisi dan mineralnya yang tergolong cukup tinggi. Agar-agar mengandung berbagai macam nutrisi, seperti:
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Zat besi
  • Asam lemak omega 3 dan omega 6
  • Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B dan kolin, vitamin C, vitamin E, dan asam folat
  • Macam-macam mineral, seperti magnesium, mangan, yodium, sodium, kalsium, kalium, fosfor, dan tembaga

Dapatkan manfaat agar-agar untuk kesehatan ini

Manfaat agar-agar untuk kesehatan rupanya sangat beragam. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, berikut ini manfaat agar-agar yang bisa Anda dapatkan.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Agar-agar mengandung zat menyerupai gel yang dapat menyebabkan penumpukan pada usus. Inilah yang dapat merangsang usus agar bergerak lebih aktif sehingga melancarkan pencernaan.Selain itu, agar-agar juga memiliki kandungan serat cukup tinggi yang dapat mengatasi kesulitan buang air besar.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, manfaat agar-agar satu ini mungkin bisa Anda coba. Ya, mengonsumsi agar-agar diyakini dapat menjadi salah satu solusi untuk menurunkan berat badan.Agar-agar dapat mengembang di dalam usus dan cenderung membuat orang merasa cepat kenyang sehingga Anda akan makan lebih sedikit dari biasanya. Beberapa orang pun berpendapat bahwa reaksi tersebut akan menyebabkan penurunan berat badan.Di Jepang, agar-agar cukup populer digunakan untuk menurunkan berat badan. Agar-agar Jepang tersebut dikenal dengan nama “kanten”. Maka dari itu, diet yang bertujuan menurunkan berat badan dengan cara mengonsumsi agar-agar disebut dengan “diet kanten”.Akan tetapi, perlu diketahui bahwa belum ada bukti ilmiah yang dapat mendukung manfaat agar-agar untuk menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Agar-agar dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat melindungi Anda dari infeksi penyakit tertentu. Ini karena agar-agar mengandung antioksidan, antialergi, dan zat pelindung penyakit di dalamnya.Suatu hasil penelitian menyebutkan bahwa agar-agar memiliki kemampuan untuk melawan virus herpes dan HIV dengan cara menutup jalan masuk menuju sel-sel tubuh.Sayangnya, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mendukung manfaat agar-agar satu ini.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat agar-agar berikutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan serat yang baik dan asam lemak omega 3 di dalam agar-agar inilah yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.Dengan demikian, mengonsumsi agar-agar secara rutin dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal hingga mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh.

5. Menjaga fungsi tiroid

Tiroid berperan penting dalam mengatur proses metabolisme dalam tubuh. Nah, agar dapat berfungsi dengan baik, tiroid membutuhkan asupan yodium yang cukup sehingga proses metabolisme dan kinerja organ tubuh dapat berjalan dengan baik.Untuk mendapatkan asupan yodium yang cukup, konsumsi agar-agar secara rutin dapat menjadi pilihan.

Resep mengolah agar-agar sebagai camilan sehat di rumah

Mengolah agar-agar sebenarnya tidak sulit. Bahkan, kini sudah banyak inovasi dalam mengolah agar-agar menjadi camilan yang menarik sekaligus menyehatkan. Berikut kami rekomendasikan camilan sehat sekaligus hidangan penutup mulut berupa puding mangga kelapa.
Rasakan manfaat agar-agar dengan puding mangga kelapa ini
Puding mangga kelapa (sumber: Yummly.com)
Bahan untuk agar-agar mangga:
  • 250 gram atau sekitar 1 ½- 2 buah mangga yang sudah dipotong-potong kecil
  • 2 cangkir air (sekitar 400 ml)
  • 2 sendok makan bubuk agar-agar
  • ½ cangkir gula
  • Air jeruk nipis sesuai selera
Bahan untuk agar-agar kelapa:
  • ? cangkir air (sekitar 150 ml)
  • 1 sendok makan bubuk agar-agar
  • 4 sendok makan gula
  • ? cangkir santan kelapa (sekitar 150 ml)
  • Sejumput garam dapur
Cara membuat agar-agar mangga:
  1. Hancurkan potongan buah mangga hingga lunak menggunakan blender.
  2. Dalam sebuah panci kecil, masukkan air dengan agar-agar bubuk dan gula.
  3. Supaya agar-agar tidak menggumpal, sebelum direbus, aduk-aduk terlebih dahulu bahan yang sudah dicampur sampai merata.
  4. Rebus agar-agar menggunakan api berukuran sedang sampai mendidih. Pastikan untuk mengaduknya agar puding menjadi lembut.
  5. Setelah agar-agar dan gula merata, tambahkan jus mangga dan air jeruk nipis sambil terus diaduk.
  6. Jika sudah mendidih, angkat dan tuang dalam wadah tahan panas hingga ketinggiannya mencapai setengah wadah tersebut.
  7. Diamkan sampai dingin hingga tekstur agar-agar menjadi padat. Namun, Anda tak perlu memasukkannya ke dalam lemari es.
Cara membuat agar-agar kelapa:
  1. Dalam sebuah panci kecil, panaskan air dengan agar-agar dan gula menggunakan api berukuran sedang.
  2. Setelah agar-agar dan gula larut, tambahkan santan kelapa. Aduk merata hingga menimbulkan aroma harum.
  3. Angkat dan langsung tuang agar-agar kelapa di atas lapisan puding mangga yang sudah cukup mengeras.
  4. Diamkan sampai dingin hingga tekstur agar-agar menjadi padat.
  5. Masukkan ke dalam kulkas lalu potong-potong dan sajikan selagi dingin supaya lebih nikmat.
Menikmati manfaat agar-agar sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan agar-agar dengan mudah. Akan tetapi, guna menjaga khasiatnya, usahakan untuk tidak banyak menambahkan gula pasir saat mengolah agar-agar.Jika memiliki kondisi tertentu atau sedang menjalani diet, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui seberapa banyak porsi agar-agar yang dikonsumsi guna mendapatkan manfaat agar-agar yang optimal.
makanan sehathidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/seaweed-healthy-nutritious#section6Diakses pada 24 Januari 2020Web Md. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-80/agarDiakses pada 24 Januari 2020Medicine Net. https://www.medicinenet.com/agar/supplements-vitamins.htmDiakses pada 24 Januari 2020NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4140698/Diakses pada 24 Januari 2020Yummly. https://www.yummly.com/recipe/Asian-Mango-and-Coconut-_Jelly_-1572046#directionsDiakses pada 24 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait