8 Manfaat Air Dingin untuk Wajah yang Lebih Sehat dan Cerah

(0)
15 Jan 2020|Azelia Trifiana
Manfaat air dingin untuk wajah salah satunya adalah mengurangi rasa gatalMencuci muka dengan air dingin dapat membantu mencegah munculnya keriput
Mencuci wajah dengan air hangat bisa jadi merupakan salah satu fase perawatan kulit yang menyenangkan. Meskipun air hangat bisa mengangkat kotoran setelah beraktivitas seharian, jangan sepelekan manfaat air dingin untuk wajah. Bagi mereka yang kerap terbangun dengan wajah membengkak, cuci muka dengan air dingin bisa jadi pilihan.Terlepas dari kebiasaan membasuh wajah dengan air dingin atau air hangat, penting untuk memastikan kulit wajah tetap terhidrasi. Tak hanya dengan rangkaian skincare, tapi juga dengan banyak minum air putih.

Manfaat air dingin untuk wajah

Ketimbang menggunakan air panas yang bisa menyebabkan kulit wajah semakin sensitif, ada baiknya mencari tahu manfaat air dingin untuk wajah. Siapa tahu, jadi mengubah kebiasaan membasuh wajah Anda.Apa saja manfaat air dingin untuk wajah saat mencuci muka?

1. Meredakan wajah membengkak

Saat terbangun di pagi hari, tentu Anda pernah merasakan wajah sedikit membengkak karena tekanan dan proses regenerasi yang dialami selama tidur sepanjang malam. Manfaat air dingin untuk wajah yang paling utama adalah meredakan wajah membengkak ini dengan cepat. Hal ini bermanfaat terutama bagi yang butuh segera beraktivitas di pagi hari.
manfaat air dingin untuk menyegarkan wajah
Mencuci muka dengan air dingin dapat membuat wajah segar

2. Menyegarkan wajah

Ketimbang mencuci muka dengan air hangat yang membuat rileks, manfaat air dingin untuk wajah berikutnya adalah memberi sensasi menyegarkan. Anda bisa melakukannya saat terbangun di pagi hari atau saat membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian.

3. Memperkecil pori-pori

Memang benar bahwa manfaat air dingin untuk wajah bisa memperkecil pori-pori, namun hanya sementara. Bukan berarti orang yang setiap hari mencuci muka dengan air dingin akan memiliki pori-pori singset. Untuk mendapatkan pori-pori lebih kecil, perlu perawatan lain seperti masker madu dan lemon.

4. Menunda penuaan

Manfaat air dingin untuk wajah berikutnya adalah bisa menunda proses penuaan, terutama munculnya keriput di wajah. Secara berkala, cuci muka dengan air dingin untuk membantu menunda penuaan. Tentu, iringi juga dengan perawatan kulit lainnya.

5. Makeup lebih tahan lama

Menggunakan air dingin untuk mencuci muka atau menyemprotkan spray berisi air dingin juga kerap dilakukan untuk menjaga makeup agar lebih tahan lama. Biasanya, hal ini dilakukan jika butuh berdandan untuk beraktivitas seharian.

6. Mengurangi minyak di wajah

Manfaat air dingin untuk wajah yang bisa memperkecil pori-pori sementara juga membantu mengurangi produksi sebum atau minyak di wajah. Tentunya, pori-pori yang lebih kecil membuat produksi minyak semakin minim.

7. Mengurangi rasa gatal pada wajah

Menurut seorang ahli, jika Anda mengalami gatal-gatal pada kulit atau kondisi yang menyebabkan kulit gatal, mandi dengan air dingin diketahui dapat mengatasi keinginan untuk menggaruk tersebut.

8. Mampu membuat wajah menjadi lebih glowing

Air dingin diketahui dapat mengencangkan dan membatasi aliran darah yang akhirnya membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan sehat. Tidak seperti air panas, air dingin tidak mengeringkan lapisan sebum pada kulit yang bekerja sebagai pelindung berpelumas alami pada kulit. Hal inilah yang mampu membuatnya menjadikan wajah glowing.

Cara mencuci muka yang benar

Baik menggunakan air dingin maupun air hangat, yang terpenting dalam mencuci muka adalah dilakukan dengan konsisten. Sepanjang hari saat beraktivitas, ada akumulasi minyak dan keringat di permukaan kulit.Belum lagi paparan polusi udara dari lingkungan yang berarti ada banyak kotoran yang menempel di lapisan wajah terluar. Tidak mencuci muka setelah selesai beraktivitas hanya akan menyebabkan iritasi, peradangan, dan munculnya jerawat.Selain setiap kali usai beraktivitas, jangan lupakan pentingnya mencuci muka di pagi hari saat bangun tidur. Perlu diingat bahwa selama terlelap, bakteri dari air liur dan minyak dari rambut bisa dengan mudah berpindah ke wajah dan mata. Belum lagi jika Anda menggunakan perawatan kulit di malam harinya.Terlebih bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari mencuci muka dengan air yang terlalu panas. Air panas hanya akan membuat pembuluh darah dan merusak jaringan-jaringan di wajah. Tak kalah penting, jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, bahkan membuat kulit memproduksi terlalu banyak minyak. Sebisa mungkin, cuci muka saat benar-benar diperlukan dan tidak terlalu sering.
kulit sehatperawatan kulitpenuaanperawatan wajah
Self. https://www.self.com/story/how-to-wash-your-face
Diakses 7 Januari 2020
Well and Good. https://www.wellandgood.com/good-looks/wash-face-with-cold-water/
Diakses 7 Januari 2020
Bustle. https://www.bustle.com/articles/157964-i-tried-the-ice-water-facial-this-is-what-happened-photos
Diakses 7 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower#Whats-so-great-about-cold-showers?
Diakses 11 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait