Manfaat Air Purifier untuk Penderita Asma dan Cara Memilihnya dengan Benar


Manfaat air purifier untuk asma adalah menyaring dan menjebak alergen maupun polutan yang dapat menjadi pemicunya. Ketika membeli air purifier, pastikan memilih produk yang memakai filter High-Efficiency Particulate Arresting (HEPA).

(0)
Manfaat air purifier untuk asma yaitu menyaring alergen dan polutan udara yang bisa menjadi pemicunyaAir purifier akan menyaring polutan kemudian melepaskan udara bersih
Penyakit asma seringkali kumat karena buruknya kualitas udara di sekitar. Salah satu cara yang kerap diterapkan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan menggunakan air purifier. Manfaat air purifier untuk asma yaitu menyaring alergen dan polutan di udara yang bisa menjadi pemicunya.

Apa itu air purifier?

Sebelum membahas mengenai manfaat air purifier, ada baiknya Anda mengenal fungsi alat ini terlebih dahulu. Air purifier adalah alat pembersih udara portabel yang dipakai untuk menyaring alergen dan polutan udara di dalam rumah.Alat ini biasanya digunakan untuk memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Umumnya, air purifier dipakai penderita alergi, asma, serta penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) untuk mengurangi risiko munculnya gejala. 

Manfaat air purifier untuk asma

Manfaat air purifier untuk asma yaitu menyaring alergen dan polutan udara yang bisa menjadi pemicunya. Alat ini bekerja dengan cara menyaring serta menjebak alergen penyebab asma menggunakan filter yang ada di dalamnya, sebelum kemudian melepaskan udara bersih yang lebih nyaman untuk dihirup.Beberapa alergen dalam rumah yang dapat menjadi pemicu gejala asma, di antaranya:
  • Debu
  • Bulu hewan peliharaan seperti kucing
  • Asap rokok maupun asap pembakaran dari luar
  • Serbuk sari bunga yang terbang masuk ke dalam rumah
Menurut sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2018, penggunaan air purifier bermanfaat untuk membantu meredakan gejala asma, khususnya pada anak-anak. Sementara itu, studi lainnya pada tahun 2016 menyebut, alat ini berguna untuk menyaring alergen seperti asap. Namun, manfaat air purifier dikatakan kurang efektif menyaring alergen seperti bulu kucing.

Bagaimana cara memilih air purifier untuk asma yang tepat?

Untuk mengurangi risiko munculnya gejala asma, Anda bisa menggunakan air purifier dengan filter High-Efficiency Particulate Arresting (HEPA).  HEPA merupakan filter yang paling efektif untuk menyaring alergen. Filter ini mempunyai kemampuan untuk menghilangkan setidaknya 99,95 persen alergen dan polutan di udara dalam ruangan Anda.Agar lebih optimal, Anda dapat mengombinasikannya dengan air purifier yang memiliki filter karbon aktif dan ozone. Manfaat air purifier dengan kedua filter tersebut adalah membantu menyaring polutan seperti asap dan bahan kimia di udara.Untuk menggunakannya, Anda tinggal meletakkan dan menyalakan alat ini pada ruangan yang hendak dibersihkan udaranya. Manfaat air purifier pun bisa segera langsung Anda rasakan saat dinyalakan. Apabila hendak membersihkan udara dalam ruangan yang cukup besar, diperlukan lebih dari satu air purifier untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.Perlu diketahui, beberapa produk air purifier menghasilkan gas ozon. Hindari produk-produk tersebut karena ozon yang dihasilkan dapat mengiritasi paru-paru dan memperburuk asma yang Anda alami.

Tips mengurangi alergen pemicu asma di rumah

Beberapa tindakan bisa Anda lakukan untuk mendukung manfaat air purifier dalam mengurangi alergen pemicu gejala asma. Sejumlah tindakan yang bisa dilakukan, antara lain:
  • Menggunakan air conditioner (AC)
  • Mencuci tempat tidur secara teratur
  • Menyingkirkan benda yang dapat memerangkap debu dan alergen seperti karpet bulu
  • Menggunakan sprei atau pembungkus anti-debu pada kasur, bantal, dan guling di kamar Anda
  • Membersihkan area lembap dalam ruangan secara rutin untuk mencegah pembentukan jamur
  • Merawat dan memandikan hewan peliharaan secara rutin untuk membantu mengurangi bulu yang rontok
  • Rutin membersihkan ruangan dari debu secara teratur, jangan lupa untuk menggunakan masker agar risiko munculnya gejala asma saat bersih-bersih bisa dikurangi
  • Menyedot debu dalam ruangan setidaknya satu minggu sekali, gunakan penyedot debu yang berkualitas tinggi untuk menghindari debu kembali terbang ke udara

Catatan dari SehatQ

Manfaat air purifier untuk asma adalah menyaring dan menjebak alergen maupun polutan yang dapat menjadi pemicunya. Ketika membeli air purifier, pastikan memilih produk yang memakai filter HEPA. Hindari air purifier yang menghasilkan gas ozon karena bisa mengiritasi paru-paru Anda.Dalam memilih produk air purifier yang tepat, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait manfaat air purifier, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
alergiasmapolusi udara
Healthline. https://www.healthline.com/health/air-purifier-for-asthma
Diakses pada 24 Februari 2021
Asthma Australia. https://asthma.org.au/blog/air-cleaners-purifiers/
Diakses pada 24 Februari 2021
Pedriatrics. https://pediatrics.aappublications.org/content/138/5/e20162589.full
Diakses pada 24 Februari 2021
European Respiratory Journal. https://erj.ersjournals.com/content/52/suppl_62/PA1691.abstract
Diakses pada 24 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait