8 Manfaat Batang Seledri yang Tidak Kalah dengan Daunnya

(0)
20 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat batang seledri umumnya tidak jauh berbeda dengan daunnyaBatang seledri mengandung banyak manfaat bagi kesehatan
Seledri merupakan jenis sayur-mayur yang banyak digunakan untuk menambah rasa atau pelengkap masakan. Baik batang dan daun seledri sama-sama bisa dikonsumsi. Keduanya juga memiliki kandungan nutrisi yang kurang lebih sama.Akan tetapi, daun seledri memiliki aroma yang lebih tajam dan lebih padat nutrisi jika dibandingkan dengan batangnya. Meski demikian, bukan berarti Anda harus membuang batangnya begitu saja. Batang seledri juga mengandung sejumlah manfaat yang tidak boleh Anda remehkan.

Kandungan batang seledri

Seledri memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan rendah kalori. Selain itu, sayuran ini juga memiliki kandungan senyawa bioaktif berupa luteolin, coumarins, asetilenik, dan phthalides.Batang seledri memiliki sejumlah nutrisi penting lainnya, seperti folat, kalium, dan serat. Sayuran ini merupakan sumber vitamin K dan memiliki sejumlah kecil vitamin C, vitamin A, serta beberapa vitamin B. Sejumlah mineral dalam bentuk kalium, kalsium, dan magnesium juga bisa Anda temui pada batang seledri.

Manfaat batang seledri

Berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, ada sejumlah manfaat batang seledri yang bisa Anda yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:

1. Mencegah kanker

Kandungan senyawa antioksidan pada seledri, seperti flavonoid dan vitamin C, mampu membantu mencegah stres oksidatif yang dapat meningkatkan risiko kanker.

2. Menjaga kadar kolesterol

Batang seledri dapat menyerap kelebihan kolesterol yang terdapat pada usus dan membantu mendorongnya keluar untuk dibuang. Kadar phthalides dalam seledri juga terbukti secara ilmiah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 7 persen.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Batang seledri memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat yang ada di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit sehingga Anda bisa buang air besar secara teratur.Selain itu, antioksidan yang dikandungnya mampu menyehatkan dinding lambung dan membantu mengatasi tukak lambung. Batang seledri juga berkontribusi dalam mencegah terjadinya maag dengan mengurangi jumlah bakteri jahat pada sistem pencernaan Anda.

4. Mengatur tekanan darah

Salah satu manfaat fitokimia phthalides yang dimiliki batang seledri adalah kemampuannya dalam merelaksasi jaringan dinding arteri. Hasilnya, sayuran ini dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Menurunkan berat badan

Batang seledri mempunyai kadar air yang tinggi dan rendah kalori. Dalam satu batang seledri bahkan hanya mengandung 10 kalori.  Selain itu, sayuran ini juga mengandung serat yang bermanfaat bagi sistem pencernaan.Konsumsi seledri, termasuk batangnya, dianggap dapat membantu penyerapan air yang lebih baik dalam tubuh berkat kandungan serat makanannya sehingga perut lebih lama merasa kenyang. Kondisi ini dapat membantu upaya penurunan berat badan Anda.

6. Bersifat antiradang

Senyawa antioksidan fitonutrien yang dimiliki batang seledri dapat berfungsi sebagai antiradang. Manfaat ini dapat membantu penderita gangguan kesehatan yang berkaitan dengan peradangan, seperti lupus, rematik, asma, radang usus besar, penyakit Crohn, hingga penyakit kardiovaskuler.

7. Menghidrasi tubuh

Sebagai sayuran dengan kadar air tinggi (hampir 95 persen), batang seledri tentunya bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Seledri termasuk sayuran yang baik dalam mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan kulit, gigi, serta mulut.

8. Meringankan heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar di dada dan tenggorokan yang biasanya dirasakan oleh penderita gangguan asam lambung. Seledri direkomendasikan bagi penderita gejala heartburn karena telah terbukti secara ilmiah merupakan makanan dengan kadar asam rendah.Untuk mendapatkan manfaat batang seledri, Anda dapat menambahkannya ke dalam berbagai masakan, misalnya soto, mie bakso, hingga sup. Selain itu, sayuran ini juga dapat dijadikan bumbu salad atau isian makanan.Karena seledri termasuk jenis sayuran yang memiliki kadar sodium tinggi, sebaiknya sayuran ini dikonsumsi sewajarnya saja. Selain itu, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak mengandalkan seledri saat diet. Rendahnya kandungan kalori dapat menyebabkan kekurangan nutrisi jika Anda hanya mengonsumsi seledri saja.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
buah dan sayuranseledri
Exerience Life. https://experiencelife.com/article/stalk-options/
Diakses 7 Februari 2021
Live Science. https://www.livescience.com/50640-celery-nutrition.html
Diakses 7 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-celery#1
Diakses 7 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/health-benefits-of-celery
Diakses 7 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait